Kecantikan

5 Cara Efektif untuk Memudarkan Bekas Jerawat

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 03 Februari 2023
5 Cara Efektif untuk Memudarkan Bekas Jerawat
Jerawat memang jadi salah satu masalah utama yang ingin diatasi banyak perempuan. (Foto: Unsplash/Shahin Khalaji)

JERAWAT memang jadi salah satu masalah utama yang ingin diatasi banyak perempuan. Namun setelah jerawat-jerawat itu menghilang, bukan berarti masalah kita sampai disitu ya, girls. Terkadang kita harus berusaha lebih ekstra untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Bekas jerawat ini muncul karena adanya efek dari peradangan yang menyebabkan lebarnya pembuluh darah. Hal tersebut sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan kondisi kulit yang membaik akibat reaksi peradangan.

Baca Juga:

Teknologi Menganalisis Jerawat dengan 3 Langkah

Meski demikian, kondisi kulit kita kemungkinan besar tidak akan kembali seperti semula. Selain itu, bekas jerawat juga terkadang susah untuk hilang dan menjadi kemerahan di sekitar area jerawat.

Bekas jerawat ini muncul karena adanya efek dari peradangan yang menyebabkan lebarnya pembuluh darah. (Foto: Unsplash/JC Gellidon)

Di samping itu, produksi melanin yang berlebih juga dapat memicu adanya hiperpigmentasi dan menyebabkan kehitaman di area jerawat. Nah, Healthline mengatakan bahwa ada lima cara yang dijamin ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Apa saja?

1. Rajin eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan langkah penting yang harus rutin dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran menumpuk di wajah. Dengan melakukan eksfoliasi, kulit akan beregenerasi, sehingga bekas jerawat akan teratasi karena tergantikan dengan kulit baru yang sehat.

Kamu bisa menggunakan produk chemical exfoliant yang mengandung AHA/BHA, ataupun physical exfoliant seperti scrub. Yang perlu diingat adalah jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering karena dapat merusak skin barrier.

2. Vitamin C

Cara lain untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat membantu mengurangi bekas jerawat, serta peradangan dan hiperpigmentasi akibat jerawat.

Peran vitamin C sebagai brightening agent dapat mengurangi munculnya bintik hitam tanpa mengubah warna alami kulit. Untuk memberikan hasil yang terbaik, kamu masih harus menggabungkannya dengan rangkaian perawatan lain.

3. Memakai serum dark spot

Bekas jerawat dan noda hitam pada dasarnya adalah reaksi hiperpigmentasi akibat produksi melanin yang berlebihan. Kini, sudah banyak produk skincare dengan kandungan aktif untuk memudarkan bekas jerawat yang menghitam atau dark spot. Dengan sifatnya yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit, kamu bisa menggunakan serum yang diformulasikan dengan bahan aktif untuk mengatasi bekas jerawat.

Dalam serum dark spot, kandungan aktif yang efektif untuk meratakan warna kulit seperti glycolic acid (AHA), salicylic acid (BHA), dan niacinamide akan sangat membantu untuk mengatasi bekas jerawat dan flek hitam.

Baca Juga:

Hentikan deh, Kebiasaan Sehari-Hari yang Sebabkan Jerawat

Kondisi kulit kita kemungkinan besar tidak akan kembali seperti semula. (Foto: Unsplash/Alexander Aguero)

4. Menggunakan sunscreen

Seperti yang kita ketahui, sunscreen merupakan salah satu produk yang tidak boleh dilewatkan dalam rutinitas skincare di pagi hari. Dengan fungsinya untuk melindungi pigmen alami kulit atau melanin, penggunaan sunscreen akan melindungi kulit kamu dari photoaging dan bisa membantu untuk mengurangi potensi hiperpigmentasi.

Jika kamu melewatkan sunscreen, bisa-bisa bekas jerawat di wajah akan makin menghitam dan sulit untuk dihilangkan. Jadi jangan lupa untuk selalu pakai sunscreen ya.

5. Scar laser treatment

Jika kamu ingin menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, laser treatment di klinik kecantikan bisa jadi pilihan. Prosedur laser ini akan ditargetkan untuk menghilangkan lapisan kulit di area bekas jerawat, sehingga noda hitam yang ada akan memudar. Laser juga akan mendorong terbentuknya sel-sel kulit baru yang sehat.

Karena bisa menimbulkan reaksi pada jenis kulit tertentu, maka jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum melakukan treatment ini.

Itulah lima cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Apapun cara yang kamu lakukan, jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan mencukupi kebutuhan air putih harian. (dkr)

Baca Juga:

Kebiasaan Tidak Terduga Merusak Gigi

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan