5 Cara Efektif Turunkan Tekanan Darah Menjaga stabilitas tekanan darah dengan olahraga ringan. (Foto: Pixabay Gadini)

PENGIDAP tekanan darah tinggi atau hipertensi wajib untuk menjaga pola makan secara ketat. Selain itu olahraga setiap hari selama kurang lebih 30 menit juga akan membantu metabolisme tubuh. Olahraga dinilai sebagai salah satu cara menyembuhkan tekanan darah tinggi secara efektif karena berbagai racun serta lemak berlebih akan dikeluarkan melalui keringat.

Melansir dari Express, penyakit hipertensi mampu memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah dan berbagai organ vital. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang mematikan seperti penyakit stroke dan serangan jantung.

Baca juga:

Bahaya Hipertensi Bagi Pasien COVID-19

Menjaga kesehatan dan stabilitas detak jantung dengan cara olahraga ringan adalah kunci untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Berikut olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah stabil:

1. Dansa

Dansa termasuk olahraga yang bisa menurunkan tekanan darah. (Foto: Pixabay/romanen)

Pada dasarnya setiap jenis olahraga akan membantu kerja jantung dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Namun, pengidap tekanan darah tinggi tidak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Olahraga seperti dansa dinilai cukup aman dilakukan karena ringan dan tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak. Gerakan dansa menimbulkan efek beta blocker sebagai penenang sistem saraf simpatikus dan memperlambat denyut jantung.

2. Berenang

Berenang menjaga suhu tubuh tetap stabil sekaligus menjaga denyut jantung. (Foto: Pixabay/Survivor)

Olahraga berenang sangat cocok dilakukan oleh para penderita tekanan darah tinggi karena gerak geriknya tidak membebani sendi dan tidak meningkatkan suhu tubuh seperti olahraga pada umumnya. Gerakan-gerakan dalam berenang yang mengombinasikan teknik pernapasan mampu menahan laju tekanan darah.

3. Jogging

Jogging sambil melihat pemandangan sekitar. (Foto: Pixabay StockSnap)

Jogging sambil melihat pemandangan sekitar komplek tempat tinggal merupakan salah satu cara sederhana yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Bayangkan pagi-pagi menghirup udara yang masih bersih sambil menyapa para tetangga. Dijamin mood akan meningkat pesat. Jogging merupakan Olahraga aerobik yang mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Baca juga:

Mengatasi Encok hingga Hipertensi, Ini Manfaat Kesehatan Daun Kumis Kucing

4. Berkebun

Berkebun termasuk olahraga ringan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jika kamu bukan termasuk orang yang workoutholic, berkebun bisa dijadikan salah satu alternatif olahraga ringan yang aman untuk penderita hipertensi. Gerakan-gerakan seperti memacul, menyiram, atau menggunting tanaman liar sudah cukup untuk menjaga stabilitas tekanan darah. Lakukan di pagi hari untuk mendapatkan asupan vitamin D secara optimal.

5. Naik turun tangga

Coba memulai olahraga dengan naik turun tangga. (Foto: Pixabay Free-Photos)

Tidak suka olahraga dan tidak suka keluar rumah? Kamu tetap bisa olahraga kok. Naik turun tangga atau sekadar berjalan-jalan di dalam rumah termasuk aktivitas bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tunggu apalagi? Yuk mulai olahraga sobat Merah Putih. (mar)

Baca juga:

Hati-Hati, Sering Buang Air di Malam Hari Pertanda Hipertensi


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH