Teknologi

5 Cara Apple Membuat MacBook Air Kembali Menarik pada 2022

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 19 Desember 2021
5 Cara Apple Membuat MacBook Air Kembali Menarik pada 2022
MacBook Air memiliki banyak perubahan. (Foto: Macworld)

LEBIH dari setahun MacBook Air M1 membuat debutnya yang mengesankan dan merupakan salah satu laptop yang hebat demikian menurut laman Macworld.

Apple kabarnya memiliki rencana besar untuk memproduksi laptop yang bisa membuat MacBook Air lebih baik dari sebelumnya. Berikut ini merupakan cara hebat Apple dalam mengubah MacBook Air dan membawa banyak kesenangan ke notebook entry-levelnya.

Baca Juga:

5 Tren Teknologi Otomotif di Tiongkok Pada 2022

Chip M2

laptop
Chip M2 dapat meningkatkan kinerja sekitar 10%. (Foto: Macworld)

Saat MacBook Air menggunakan prosesor Intel, Apple harus mengorbankan beberapa kinerjanya. Itu membuat laptopnya mengutamakan portabilitas. Kemudian ketika M1 datang, chip tersebut membawa peningkatan kinerja yang signifikan.

Ketika chip Apple generasi berikutnya, M2 dirilis, sudah dipastikan ada di MacBook Air. Menurut Bloomberg, M2 masih sama seperti chip M1 yang memiliki delapan core CPU, empat core kinerja dan empat core efisiensi. Chip M2 kemungkinan besar didasarkan pada arsitektur yang sama dengan SoC A15 Apple di iPhone 13.

Konon chip M2 dapat meningkatkan kinerja sekitar 10 persen dibandingkan M1. Termasuk peningkatan kinerja pada CPU multi-core sebesar 20 persen. Ini merupakan peningkatan yang lebih baik, dibandingkan saat menggunakan prosesor Intel yang digunakan oleh Apple.

Desain baru

macair
Memiliki desain yang lebih tipis dan lebih ringan. (Foto: Macworld)

Desain meruncing dari MacBook Air akan segera tercatat dalam sejarah. Menurut berbagai media, model berikutnya akan memiliki desain yang seragam seperti MacBook Pro. Namun jika membicarakan MacBook Air, sudah pasti akan memiliki desain yang tipis dan ringan.

MacBook Air dikabarkan akan menggunakan desain tampilan seperti MacBook Pro dengan bezel tipis di seluruh bagiannya dan mungkin tidak memiliki opsi berwarna hitam. Rumor yang beredar bahwa Apple terinspirasi dari iMac 24 inci yang menghadirkan bezel putih dan kibor untuk pertama kalinya sejak iBook.

Mini LED

laptop
Memiliki kecerahan seribu nits. (Foto: The Verge)

Saat ini MacBook Air memiliki layar LED standar, yang dapat diganti dengan LED Mini di model selanjutnya. Apple pertama kali menggunakan Mini LED di iPad Pro dan kemudian beralih ke MacBook Pro baru. Layar LED sudah digunakan di MacBook Apple sejak lama, yang memiliki layar lebih cerah dan lebih jernih.

Layar mini LED pada MacBook Pro menawarkan kecerahan seribu nits (maksimal 1600) dan rasio kontras 1.000.000: 1. Ini merupakan lompatan besar dari kecerahan 400 nits dan rasio kontras yang jauh lebih rendah sekitar 900:1, dan kemungkinan memiliki ukuran yang sama pada 13,3 inci.

Namun tampilan Mini LED MacBook Air akan kehilangan satu fitur yang ada di MacBook Pro yaitu ProMotion. Fitur tersebut memungkinkan Mac untuk menyesuaikan kecepatan refresh rate berdasarkan apa yang ditampilkan di layar. Pada MacBook Pro memiliki kecepatan refresh rate mencapai 120Hz yang menghasilkan scrolling, animasi dan pemutaran video yang sangat mulus.

Baca Juga:

Menguak Detail Ponsel Pintar Samsung Galaxy A53 5G

Kamera 1080p

laptop
Memiliki kamera FaceTime dengan kualitas 1080p. (Foto: Macworld)

Apple telah menggunakan kamera FaceTime 720p dalam waktu yang lama. Apple kemudian memperbarui kamera FaceTime dengan kualitas 1080p yang lebih baik dari iMac dan MacBook Pro 24 inci yang baru. Dalam hal ini, MacBook Air akan tampil jauh lebih baik dalam situasi pencahayaan rendah dan menghasilkan gambar yang jauh lebih baik.

Kembalinya MagSafe

laptop
Membawa kembali MagSafe yang absen sejak tahun 2016. (Foto: Macworld)

Apple dilaporkan akan menambahkan MagSafe ke MacBook Air berikutnya. MagSafe adalah konektor magnetik yang dapat terlepas dengan mudah jika kabelnya ditarik. Apple memperkenalkan fitur tersebut ke MacBook, sayang mereka memutuskan untuk menghentikannya pada tahun 2016.

Penggemar Apple berasumsi bahwa masa pakai baterai pada MacBook Air akan bertahan 18 jam yang sama dengan model saat ini. Pengguna juga dapat mengisi daya dengan cepat melalui MagSafe dan pengisian regular menggunakan port Thunderbolt. (frs)

Baca Juga:

Monitor Gaming Serbacanggih dari BenQ

#Lipsus Tren Desember #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan