5 Calon Kuda Hitam di Piala Eropa 2020 Pemain timnas Austria. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Piala Eropa kerap memunculkan kuda hitam yang membuat kejutan sepanjang turnamen. Empat tahun lalu, Islandia menjadi tim non unggulan yang bisa melangkah hingga perempat final.

Tim Eropa utara itu sukses menyingkirkan Inggris pada babak 16 besar. Namun, Islandia harus angkat kaki dari Piala Eropa usai disingkirkan Prancis di babak delapan besar.

Baca Juga

Skuad Lengkap Grup B Piala Eropa 2020

Tentunya, pada Piala Eropa 2020 pun terdapat sejumlah tim yang layak dilabeli sebagai kuda hitam. Meski materi pemain tidak terlalu berkilau dibanding para raksasa, tetapi siap bertarung sejauh mungkin

Berikut ini adalah lima calon kuda hitam pada Piala Eropa 2020:

Polandia

Timnas Polandia

Kuda hitam pertama dalam Piala Eropa 2020 kali ini adalah Polandia. Bialo-czerwoni bergabung di Grup E bersama Swedia, Slovakia, dan Spanyol.

Polandia melakoni babak kualifikasi dengan cukup menjanjikan. Dari delapan laga, Polandia meraih enam menang, satu imbang, dan hanya satu kali kalah.

Materi pemain Polandia pun menjanjikan. Pada lini serang, Robert Lewandowski dan Arkadiusz Milik siap menebar ancaman. Sementara itu, pada sektor tengah, Piotr Zielinski siap mengambil peran sebagai motor permainan.

Austria

Timnas Austria

Selanjutnya adalah Austria. Jangan menganggap remeh David Alaba dan kawan-kawan. Austria memendam potensi membuat kejutan meski bergabung di grup yang cukup berat yakni bersama Belanda, Makedonia Utara, dan Ukraina.

Das Team dipimpin oleh pelatih yang mengenal dengan baik sepak bola Austria, Franco Foda. Juru taktik 55 tahun itu sudah memimpin tim nasional Austria sejak 2017.

Selain Alaba, Austria juga punya pemain berbahaya lainnya seperti Sasa Kalajdzic, Christoph Baumgartner, Konrad Laimer, Xaver Schlager, dan Martin Hinteregger.

Swiss

Striker Swiss, Mario Gavranovic dan Christian Fassnacht. Foto: Istimewa
Striker Swiss, Mario Gavranovic dan Christian Fassnacht

Swiss kerap memberikan kejutan di Piala Eropa. Di edisi terakhir, La Nati sukses mencapai babak 16 besar. Tentu saja, di Euro 2020, Swiss ingin berbuat lebih banyak karena didukung para pemain yang bermain di klub elite Eropa.

Skuad Swiss terlihat seimbang pada setiap lininya. Dari sektor pertahanan, Bek Borussia Dortmund, Manuel Akanji, siap gotong royong dengan penggawa Borussia Monchengladbach, Nico Elvedi.

Swiss juga punya gelandang-gelandang petarung seperti Granit Xhaka, Denis Zakaria, dan Remo Freuler. Pada sisi sayap, Xherdan Shaqiri yang punya banyak pengalaman siap beraksi.

Urusan membobol gawang lawan, Swiss diperkuat Breel Embolo yang memiliki musim cukup apik bersama Monchengladbach. Selain itu, ada juga penyerang senior, Haris Seferovic.

Para pemain tersebut akan diramu oleh taktik Vladimir Petkovic. Pelatih yang membawa Lazio juara Coppa Italia itu sudah memimpin sejak 2014.

Swedia

Pemain timnas Swedia

Swedia menerima kabar buruk jelang bergulirnya Piala Eropa 2020. Sang legenda, Zlatan Ibrahimovic, tidak bisa tampil karena masih dalam masa penyembuhan. Meski demikian, Swedia tetaplah tim yang punya modal cukup untuk membuat kejutan.

Janne Andersson sebagai pelatih memboyong pemain yang merupakan campuran senior dan junior. Pada sisi pemain muda, Swedia memiliki Jordan Larsson, Alexander Isak, Dejan Kulusevski, Mattias Svanberg, dan Jens Cajuste.

Sementara itu, Sebastian Larsson, Marcus Berg, Andreas Granqvist, dan Victor Lindelof siap memimpin para pemain lainnya bermodal segudang pengalaman. Tentunya, Swedia tak ingin mengulangi catatan pahit pada 2016 yang hanya menjadi juru kunci.

Denmark

Pemain timnas Denmark. Foto: BBC

Denmark mengusung misi mengulangi kesuksesan pada Piala Eropa 1992. Tim Dinamit siap kembali meledak.

Meski hanya menempati posisi kedua pada babak kualifikasi, tetapi Denmark tidak pernah menelan kekalahan. Dari delapan laga, Christian Eriksen dan kawan-kawan mengoleksi 16 poin.

Materi pemain yang dibawa pun cukup mumpuni. Pada posisi kiper, penjaga gawang syarat pengalaman, Kasper Schmeichel bisa diandalkan. Sementara itu, bek Chelsea, Andreas Christensen menjadi palang pintu.

Untuk mencetak gol, Denmark memiliki pemain-pemain impresif seperti Yussuf Poulsen dan Kasper Dolberg. Selain itu, jangan lupakan striker Barcelona, Martin Braithwaite. (Bolaskor)

Baca Juga

7 Pemain Kinclong yang Tidak Masuk Skuad Inggris di Piala Eropa 2020

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tak Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2022, PSSI Segera Evaluasi Timnas
Olahraga
Tak Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2022, PSSI Segera Evaluasi Timnas

Timnas Indonesia dijadwalkan berangkat ke Indonesia dari Dubai pada Sabtu (12/6) pagi. Begitu tiba di Jakarta, seluruh pemain, pelatih dan personel pendukung akan menjalani karantina mandiri selama lima hari.

Kaesang dan Erick Thohir Resmi Beli Saham Persis Solo, Promosi Liga 1 Harga Mati
Olahraga
LaLiga 2020 Dimulai 13 September, El Clasico Tersaji di Pekan Ketujuh
Olahraga
LaLiga 2020 Dimulai 13 September, El Clasico Tersaji di Pekan Ketujuh

Kompetisi LaLiga musim 2020-2012 akan dimulai pada 13 September hingga 23 Mei 2021.

Kemenpora Kucurkan Rp50,6 Miliar untuk Bantu Timnas Indonesia U-19
Olahraga
Kemenpora Kucurkan Rp50,6 Miliar untuk Bantu Timnas Indonesia U-19

PSSI yang mengajukan anggaran Rp 69.144.333.292 akhirnya disetujui senilai Rp.50.619.561.500.

6 Klub Liga 1 Lolos AFC Club Licensing 2020
Olahraga
6 Klub Liga 1 Lolos AFC Club Licensing 2020

enam klub dinyatakan Granted yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Pelatih Persija Tebar Ancaman kepada Persib
Olahraga
Pelatih Persija Tebar Ancaman kepada Persib

"Insya Allah di akhir pertandingan, mereka kalah dari kami," tambahnya.

Hasil Liga-liga Eropa: Barcelona Tempel Ketat Real Madrid, Juventus Diimbangi Atalanta
Olahraga
Hasil Liga-liga Eropa: Barcelona Tempel Ketat Real Madrid, Juventus Diimbangi Atalanta

Barcelona dan Juventus yang terus berjuang meraih titel meraih hasil berbeda.

Hasil Liga Champions: Real Madrid di Ujung Tanduk, Inter Milan Jaga Asa
Olahraga
Ini Besaran Hadiah dan Match Fee Piala Wali Kota Solo
Olahraga
Ini Besaran Hadiah dan Match Fee Piala Wali Kota Solo

Piala Wali Kota Solo 2021 bakal digelar pada 20 Juni hingga 26 Juni 2021 di Stadion Manahan Solo. Delapan klub dipastikan ikut berpartisipasi pada turnamen pra musim ini.

Resmikan Lapangan Latih JIS, Anies: Ini Akan Jadi Percontohan
Olahraga
Resmikan Lapangan Latih JIS, Anies: Ini Akan Jadi Percontohan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan stadion Jakarta International Stadium Jakarta Utara.