5 Bukit Indah yang jadi Spot Foto Instagramable Beberapa bukit indah di Nusantara jadi spot foto Instagramable. (foto: Instagram @titinwidyaningsih)

ALAM Indonesia memang terkenal indah. Apa pun bentang alam di Nusantara ini bisa jadi destinasi wisata. Pantai jadi andalan dan jagoan destinasi wisata Tanah Air. Garis pantai yang panjang dan indah jadi incaran wisatawan dalam dan luar negeri.

Gunung dan bukit juga indah untuk jadi tujuan wisata. Saking cantiknya, beberapa bukit indah di Tanah Air bisa jadi spot foto yang Instagramable banget. Yuk, simak lima bukit yang indah di Nusantara ini.

1. Bukit Asah

bukit asah
Bukit Asah, Karangasem. (foto: Instagram @aku.bagus)

Terletak di ujung Timur Pulau Bali, sebagaian besar wilayah Kabupaten Karangasem bersentuhan langsung dengan laut. Hasilnya, terciptalah pesisir-pesisir indah yang kini jadi objek wisata andalan di Bali. Salah satu objek wisata indah di kabupaten tersebut ialah Bukit Asah.

Objek wisata Instagramable ini Bali ini menyajikan pemandangan indah perbukitan dengan paduan alam laut dan tebing-tebing curam bukit. Seperti namanya, Bukit Asah merupakan sebuah bukit yang memiliki dataran (asah). Objek wisata ini terletak di Besa Bugbug. Dari atas bukit, kamu akan disuguhi pemandangan matahari terbit. Sunrise ini spot ini ini terlihat indah dan begitu sempurna, karena pengunjung menikmatinya dari atas bukit yang berwarna hijau. Rasanya akan beda dengan menyaksikan sunrise dari Pantai Sanur.


2. Bukit Karang Kepulauan Wayag

bukit karang
Bukit Karang ikon wisata Raja Ampat. (foto: Instagram @adhitz_narotama)

Ini nih ikon wisata di Raja Ampat. Kepulauan Wayag berlokasi di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Perjalanan menuju ke Kepulauan Wayag dimulai dari Sorong, yang memakan waktu sampai 6 jam dengan menggunakan perahu cepat. Kepulauan ini terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil.

Pulau-pulau kecil tersebut merupakan pulau-pulau karang yang ditumbuhi pepohonan yang rindang. Dengan berkunjung ke Kepulauan Wayag, wisatawan dapat menikmati pemandangan birunya laut, jernihnya air laut, terumbu karang dan aneka jenis ikan yang terlihat jelas di bawah air, pemandangan yang indah dari lautan yang cantik membentang, serta sebaran pulau-pulau kecil yang tampak menawan.

Dari sebuah bukit karang di kepulauan itu, semua mata bisa memandang hamparan laut yang bersih dengan dominasi air jernih. Pemandangan itulah yang disebut banyak orang sebagai surga kecil di Raja Ampat. Ada banyak gugusan karang tersebar membentuk formasi paling cantik. Sekali melihat dijamin terpesona dan kehabisan kata-kata.

3. Bukit Candi Abang

bukit candi abang
Candi Abang kini terlihat seperti bukit tertutup rumput. (foto: Instagram @_puguh)


Perbukitan ini merupakan lokasi candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong, yaitu di Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Pada waktu pertama kali ditemukan, dalam candi ini ada arca dan alas yoni lambang Dewa Siwa berbentuk segi delapan dengan sisi berukuran 15 cm.

Nama candi berbentuk piramid ini diambil dari warna batu bata yang berwarna merah (abang, dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini berupa segi empat dengan ukuran 36 m x 34 meter, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh tampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil.

Bagi kamu yang ingin menikmati desa dengan nuansa perbukitan dan bisa menikmati keindahan alam pertanian dan perkebunan, Desa Wisata Candi Abang memang pilihan tepat. Di desa wisata ini juga terdapat lokasi bersejarah lain, seperti Candi Abang yang merupakan peninggalan Hindu, Goa Sentana/Sentono, Goa Jepang, dan Gunung Suru yang menurut mitos merupakan istana tuyul.

4. Bukit Teletubbies

bukit teletubbies bromo
Bukit Teletubbies sajikan sunrise cantik. (foto: Instagram @kamalmst)


Bromo tak hanya tentang mendaki gunung. Nuansa di sekitar bukit menjadi begitu eksotis dengan pendaran warna matahari yang baru terbit dari ufuk timur. Kesempatan itu cukup menarik karena gradasi warna hijau yang bertemu dengan warna kuning keemasan dari sinar matahari menghasilkan perpaduan warna menakjubkan.

Berburu sunrise di Bukit Teletubbies tak akan mengecewakan. Padang luas, perbukitan, dengan latar belakang Gunung Bromo dan dataran tinggi menjadi perpaduan sempurna.


5. Oro-oro Ombo

oro-oro ombo
Hamparan lavender nan cantik di Oro-Oro Ombo. (foto: Instagram @kopmapalauny)

Padang sabana nan indah ini terletak antara Ranukumbolo dan Cemoro Kandang. Hamparan padang sabana ini akan menyambutmu dengan pemandangan indah bunga Verbena brasiliensis, bunga berwarna ungu mirip lavender. Jika kamu melakukan pendakian ke Semeru setelah musim hujan, bunga ungun cantik itu biasanya sedang mekar. Semburat ungu pun membuat sabana ini jadi amat Instagramable.(*)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH