5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D-3 Tak perlu khawatir mencari pekerjaan setelah lulus D-3 (Foto: Pixabay/Stocksnap)

SETELAH lulus sekolah, beberapa orang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak dari kamu tentu memilih jurusan pendidikan S-1 ke universitas yang kamu minati. Namun, tak sedikit pula yang mengambil jurusan D-3.

Setelah mengerjakan tugas akhir sebagai syarat kelulusan, kamu akan mendapatkan gelar diploma. Jurusan kuliah D-3 mengharuskan mahasiswanya untuk menempuh bangku perkuliahan selama tiga tahun. Kamu akan banyak melakukan banyak praktik sesuai keahlian dan keterampilan.

Baca juga:

Pekerjaan yang Membawa Kamu Keliling Dunia

Walaupun lulusan D-3, bukan jadi alasan kamu malas mencari pekerjaan. Banyak pekerjaan yang bisa kamu cari dan mampu bersaing dengan mahasiswa lain yang memiliki gelar sarjana (S1). Berikut beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba.

1. Broadcasting

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D3
Broadcasting sangat cocok bagi kamu yang suka berbicara di depan umum (Foto: Pixabay/Freephotos)

Broadcasting atau penyiaran juga menyediakan program untuk mahasiswa lulusan D-3. Jurusan ini tentunya cocok bagi kamu yang suka dengan media massa. Di sini, kamu akan memahami bagaimana sebenarnya aktivitas dibalik layar program televisi atau radio.

Selain bisa menjadi crew, kamu juga bisa menjadi salah satu penyiarnya. Namun, kamu juga harus memiliki pemikiran yang kreatif, inovatif, dan belajar menjadi seorang yang produktif. Kamu juga ditantang untuk berbicara di depan banyak orang. Jangan khawatir, banyak sekali pengalaman nantinya yang kamu dapat.

2. Pariwisata

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D3
Pariwisata mengajarkan kamu menjadi pribadi yang lebih baik (Foto: etoncollege)

Di bidang ini, kamu akan mempelajari banyak hal terutama tentang tata krama. Kamu juga akan mempelajari tentang dunia perhotelan. Seperti manajemen, dunia kuliner, bahasa, cara berkomunikasi yang baik dan benar, kerapihan, bahkan kamu juga bisa kerja di bawah naungan Kementerian Pariwisata.

Seiring berjalannya waktu, bidang pariwisata memiliki perkembangan yang baik. Kamu bisa menjadi pribadi dengan karakter yang lebih baik jika berada di dunia pariwisata.

Baca juga:

'Introvert' Mengungguli 'Ekstrovert' di Dunia Pekerjaan, Bisa!

3. Sekretaris

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D3
Menjadi sekretaris merupakan pekerjaan yang bayak dicari perusahaan (Foto: Pixabay/ClaudioScott)

Sekretaris merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh setiap perusahaan. Tentunya setiap perusahaan yang besar membutuhkan seseorang yang bisa mengatur kegiatan perusahaan dengan baik.

Kamu harus memiliki kemampuan ketelitian, kerapihan, dan rajin tentunya. Di sini, kamu nantinya akan sering bertatap muka dengan client bahkan sampai para pemegang tinggi perusahaan. Walaupun identik dengan perempuan, pria juga bisa daftar menjadi seorang sekretaris.

4. Perpustakaan

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D3
Jurusan perpustakaan juga memiliki prospek yang sangat luas (Foto: Pixabay/klimkin)

Jurusan ‘langka’ ini juga memiliki prospek pekerjaan yang sangat luas, terlebih bagi masyarakat yang minim budaya membaca. Jurusan ini mempelajari tentang pendidikan yang berhubungan dengan sesuatu yang berurusan dengan perpustakaan.

Bagi kamu yang mengambil jurusan ini, nantinya kamu bisa mencari pekerjaan menjadi pustakawan, staf administrasi, pegawai BUMN, sekretaris, pegawai negeri sipil yang bekerja di instansi pemerintah, bahkan bekerja di Dinas Pendidikan.

5. Pajak

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D3
Pajak sangat cocok bagi kamu yang pintar dalam hal keuangan (Foto: Pixabay/stevepb)

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang pintar dalam mengatur keuangan, sebab, kamu juga akan mempelajari akuntansi untuk menyusun laporan keuangan pajak sesuai hukum.

Tentunya, kamu juga akan bermain dengan angka dan pembukuan. Kamu bisa menjadi PNS di Direktorat Jenderal Pajak atau di perusahaan konsultan pajak. (and)

Baca juga:

Perempuan Karier, Perhatikan 3 Hal Penting ini agar Hidup Kamu Seimbang



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH