5 Bandara Terluas di Dunia, Awas Terlambat! Bandara-bandara terluas di dunia biasanya memiliki jadwal penerbangan yang padat. (Foto: Unsplash/Skyler Smith)

JUMLAH penumpang yang menggunakan moda transportasi udara makin meningkat setiap harinya. Bandara yang menjadi sarana pendukung bagi para penumpang untuk berpergian, memiliki fungsi vital. Banyak negara berlomba-lomba membangun bandara megah kaya dengan teknologi untuk mengimbangi kebutuhan para penumpang. Kenyamanan para penumpangnya menjadi prioritas utama pemerintah dalam melayani tuntutan.

Saat ini banyak bandara juga memperbaiki pelayanan yang mereka miliki. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat keberangkatan dan kepulangan para penumpang pesawat, bandara juga sebagai tempat yang menawarkan pertujukan seru, hiburan-hiburan menarik. Fasilitas yang dimiliki bertujuan untuk membuat para penumpang betah, nyaman dan terhibur.

Baca Juga:

KA Bandara YIA Mulai Beroperasi, Ini Jadwal dan Tarifnya


Didominasi oleh Amerika Serikat, berikut adalah bandara-bandara terluas di dunia, lengkap dengan fasilitas-fasilitas penunjangnya untuk memanjakan para penumpang.


King Fahd International Airport

bandara
King Fahd International Airport adalah yang terluas di dunia (Foto: cbnme)

Bandara ini terletak di Dammam, Arab Saudi. Dikenal sebagai bandara terluas di dunia karena memiliki luas wilayah 77.600 hektar. Bandara dengan kode KFIA ini memiliki 6 terminal penumpang serta terminal khusus untuk keluarga kerajaan, pejabat pemerintah dan pejabat asing lainnya dengan luas mencapai 1,6 hektar. Penumpang yang ingin berpergian melalui bandara ini dianjurkan datang lebih awal sebagai antisipasi agar tidak tertinggal pesawat karena luasnya bandara.


Denver International Airport

bandara
Denver International Airport memiliki landasan pacu terpanjang di Amerika Serikat (Foto: uncovercolorado)

Negara adi daya Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki beberapa bandara dengan luas wilayah yang luar biasa. Denver International Airport memiliki luas mencapai 13.571 Hektar, Bandara berkode DIA ini memiliki landasan pacu terpanjang di Amerika Serikat. Kemudian memiliki koneksi domestik terbesar ketiga di Amerika Serikat. Selain itu, bandara ini juga memiliki penerbangan non-stop ke seluruh negara Eropa, Asia, Amerika Utara dan Amerika Latin. Denver International Airport juga melayani 187 destinasi. Bandara ini juga banyak meraih penghargaan, salah satunya sebagai bandara terbaik di Amerika Utara selama enam tahun berturut-turut dari 2005 hingga 2010.


Dallas/Fort Worth International Airport

bandara
Terdapat aktifitas 24 jam non-stop (Foto: airportix)


Dallas/Fort Worth International Airport terletak di negara bagian Texas, Amerika Serikat. Memiliki luas wilayah 6.963 hektar. Berkode DFW juga dianggap sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia. Memiliki banyak aktivitas 24 jam non-stop, bandara ini melayani kurang lebih 200 tujuan ke seluruh dunia. Destinasi paling banyak di bandara ini ialah ke Los Angeles, California, Chicago dan Illinois. Bandara ini memiliki luas wilayah cukup memukau, karena harus melayani penerbangan cukup banyak serta dengan waktu yang berdekatan.

Baca Juga:

Ini Dia Bandara Paling Mahal di Dunia

Orlando International Airport

bandara
Orlando International Airport dulu pernah dipakai untuk keperluan militer. (Foto: news965)

Orlando International memiliki luas wilayah sekitar 5.383 Hektar. Selain terluas, bandara ini juga merupakan 10 bandara paling sibuk di dunia. Memiliki kode MCO, bandara ini bisa melayani sekitar 47,696,627 penumpang per tahunnya. Dapat melayani sekitar 850 penerbangan setiap harinya. Pertama kali dibangun sebagai bandara komersial pada tahun 1981, bandara ini juga pernah berfungsi untuk keperluan militer pada tahun 1960an. Jika ingin berpergian melalui bandara ini, jangan lupa untuk datang lebih awal agar tida tertinggal pesawat.


Washington Dulles International Airport

bandara
Washington Dulles International Airport memiliki bentuk arsitektur memukau. (Foto: archdaily)


Yang terakhir dari Amerika Serikat, yaitu Washington Dulles Aiprot. Memiliki luas wilayah sampai 4.856 hektar. Tidak aneh jika bandara ini layak menjadi bandara terluas di dunia. Pertama kali dibangun pada tahun 1952 dan mulai beroperasi pada tahun 1962. Bandara ini kurang lebih melayani kurang lebih 60.000 penumpang dengan 125 destinasi di seluruh dunia.

Selain memiliki luas wilayahnya yang cukup memukau, bandara ini juga dibangun dengan bentuk arsitekturya keren. (lgi)


Baca Juga:

4 Bandara Paling Ngeri di Dunia, Nomor 3 Bisa Bikin Jantung Penumpang Copot!

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH