5 Bahaya Kesehatan Untuk Orang yang Suka Begadang di Bulan Ramadan Begadang di bulan Ramadan sangat berbahaya untuk kesehatan (Foto: pixabay/tookapic)

PADA bulan Ramadan tiba, setiap umat muslim diseluruh dunia diharuskan untuk bangun sahur.

Karena harus bangun sahur pada dini hari tentu kamu harus istrihat yang cukup atau lebih cepat dari jam tidur biasanya.

Namun, disaat orang-orang ingin tidur lebih cepat, sebagian lainnya memutuskan untuk terus terjaga, dengan asumsi 'takut sahur kesiangan' atau bahkan terlewat.

Selain itu, di akhir pekan atau hari libur. Beberapa orang mungkin memanfaatkan waktu untuk bersantai dan begadang di malam sebelumnya.

Biasanya dengan alasan teleponan dengan pacar, main game, nonton film, menonton pertandingan sepak bola dan sebagainya.

Namun tahukah kamu jika begadang di bulan Ramadan bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan kamu?. Seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat begadang di bulan Ramadan.

1. Akan Sering Terasa Lapar di Siang Hari

Begadang bisa membuat kamu lebih sering lapar saat berpuasa (foto: pixabay/mohamed_Hassan)

Bahaya yang pertama jika kamu begadang di bulan Ramadan, yaitu bisa memicu rasa lapar. Menurut penelitian, jika kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon ghrelin yang merupakan hormon peningkat nafsu makan. Karena itu, jangan heran jika usai begadang semalaman, perut kamu akan kerap terasa keroncongan.

2. Imunitas Tubuh Menurun

Sistem imunitas kamu akan menurun jika begadang di bulan Ramadan (Foto: pixabay/4330009)

Bahaya dari begadang di bulan Ramadan selanjutnya yaitu menurunnya sistem imunitas tubuh kamu. Karena disaat begadang, tubuh kamu dipaksa untuk bekerja secara terus menerus. Alhasil tubuh kamu merasakan kelelahan hingga rentan terkena infeksi virus dan bakteri, yang menjadi pemicu berbagai penyakit.


3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Begadang bisa tingkatkan risiko terkena diabetes (foto: pixabay/isucc)

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Orfeu Buxton dari Boston's Brigham and Women's Hospital. Waktu tidur yang kurang bisa meningkatkan kadar kortisol pada tubuh. Hal itulah yang membuat kamu lebih berisiko terkena diabetes, lantara peningkatkan kortisol erat kaitannya dengan resistensi tubuh kamu terhadap insulin.

4. Memicu Sakit Kepala

Begadang bisa memicu terjadinya sakit kepala (Foto: pixabay/robin_higgins)

Waktu dan ritme tidur yang kurang teratur bisa bermasalah bagi kesehatan tubuh kamu. salah satunya yakni memicu sakit kepala.

KArena kurangnya waktu bagi otak untuk beristirahat, bisa memicu kerusakan sel-sel otak. Hal itulah yang kerap membuat kepala kamu lebih rentan terasa sakit dan berdenyut-denyut.

5. Berisiko Terkena Kanker

Begadang bisa meningkatkan risiko penyakit kanker (Foto: pixabay/qimono)

Bahaya yang cukup mengejutkan ialah begadang ternyata bisa meningkatkan risiko kamu terkena kanker. Penyebabnya yakni, jika kamu mengurangi waktu tidur, produksi hormon melatonin pada tubuh kamu akan ikut menurun.

Padahal hormon melatonin sangat berguna untuk memerangi pertumbuhan sel kanker pada tubuh kamu loh guys.

Baca juga: Puasa Tapi Tidak Sahur? Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai Kamu

Nah itu dia beberapa bahayanya. Yakin masih mau begadang di bulan Ramadan ini? (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH