5 Anime yang Mengajarkan Semangat Pantang Menyerah Captain Tsubasa, anime olahraga yang paling populer. ((Foto: panditfootball)

ANIME Jepang tak terbantahkan banyak dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak genre yang disukai oleh banyak orang, seperti romance, action, adventure, sci-fi, bahkan olahraga. Anime bergenre olahraga tidak kalah serunya dengan genre-genre lain. Bahkan ditambah dengan persahabatan dan kerjasama. Selain itu, yang spesial dari anime olahraga adalah adanya efek-efek atau jurus-jurus yang membuat atlet tersebut menjadi lebih kuat.


Captain Tsubasa (1983)

Siapa sih yang gak pernah nonton anime yang legend ini? Walaupun hanya sekali lihat, tetap saja kamu sudah pernah menonton. Anime tayang di Indonesia ini dirilis pada tahun 1983.

Menceritakan tentang seorang anak SD bernama Ozora Tsubasa yang baru pindah dari kota lain ke Nankatsu. Dia memiliki keinginan untuk bermain sepak bola dan menjadi pemain terbaik. Ketika masuk ke sekolah barunya, dia langsung masuk ke klub sepak bola di sekolah itu.

Anime ini juga ada versi remake-nya pada tahun 2018 dan masih tayang sampai sekarang. Dilansir dari kaorinusantara.or.id, stasiun televisi RCTI memutar anime Captain Tsubasa 2018, mulai pada tanggal 3 Februari 2019 setiap hari Minggu, pukul 10.30 WIB.


Free! (2013)

Anime ini cocok banget buat kamu yang perempuan. Tapi buat kamu yang laki-laki tidak usah khawatir, dan masih bisa menontonnya!

Dimulai dengan kilas balik dari empat anak laki-laki, yaitu Nanase Haruka, Tachibana Makoto, Hazuki Nagisa, dan Matsuoka Rin, sebelum mereka lulus dari sekolah dasar. Mereka semua berpartisipasi dalam turnamen renang dan memenangkannya, pada akhirnya setelah lulus SD mereka berpisah. Bertahun-tahun kemudian, Haruka dan Makoto bergabung kembali dengan Nagisa saat Nagisa mendaftar ke SMA setahun setelah Haruka dan Makoto. Tidak lama setelah itu, Rin, yang diduga berada di Australia, muncul dan menantang Haruka bertanding dan Rin memenangkannya. Setelah itu, Nagisa memiliki ide untuk membuat sebuah klub renang dan menggunakan kolam renang yang rusak. Haruka, Makoto, dan Nagisa, dan kemudian Ryugazaki Rei, membuat Klub Renang SMA Iwatobi dan bekerja sama untuk membuat klubnya sukses.

Anime ini memiliki 3 season, dan baru selesai tahun kemarin. Konon kabarnya akan hadir kembali tahun 2020 mendatang.

Hanebado! (2018)


Anime Free! bisa jadi untuk perempuan, tapi bukan berarti laki-laki tidak boleh menontonnya. Anime olahraga yang tokohnya perempuan ini, jago main badminton. Sangat jarang anime yang bertemakan tentang olahraga badminton.

Anime yang rilis tahun 2018 ini bercerita tentang seorang pria yang bernama Kentarou Tachibana, pelatih ekskul olahraga badminton di sebuah sekolah. Klub ekskul tersebut tengah dalam ambang kehancuran, karena ketuanya yang bernama Aragaki Nagisa, seorang egois.

Tugas Tachibana adalah untuk menyatukan tim ekskul agar kembali mendapat motivasi. Untuk itulah ia mengajak Ayano Hanesaki untuk ikut bergabung dalam tim badminton yang ia latih. Alasan Tachibana mengajak Ayano sendiri bukan tanpa alasan. Ayano merupakan pebulu tangkis tangan kidal yang dan pernah bermain di turnamen bulu tangkis. Namun ajakan Tachibana di tolak oleh Ayano. Alasannya karena Ayano seperti membenci olahraga itu. Ayano terlihat seperti menutup-nutupi dirinya, apa yang membuat ia benci dengan badminton tidak ada yang tahu!


Kuroko no Basuke (2012)


Anime yang mengalahkan rating dari anime pendahulunya yaitu Slam Dunk. Anime tentang basket ini memiliki jalan cerita dan visual yang menarik. Kekurangan dari anime ini menggunakan jurus-jurus yang di luar nalar, bahkan pemain profesional bingung.

Diceritakan Kuroko Tetsuya pemain yang tidak memiliki bakat apapun masuk ke dalam tim basket SMP Teiko untuk menepati janjinya dengan teman masa kecilnya yaitu saling berhadapan dikejuaraan basket nasional.

Seiring berjalannya waktu, mereka berenam bersekolah di SMA yang berbeda dan akan melawan satu sama lain. Kuroko masuk ke SMA Seirin yang memiliki tim basket yang baru satu tahun. Di sana dia bertemu dengan Kagami Taiga, pemain dari Amerika. Mereka berjuang sebagai cahaya dan bayangan serta tim basket SMA Seirin untuk mengalahkan Kiseki no Sedai dan memberitahu bagaimana rasanya kalah. Mereka juga berkomitmen untuk membawa tim basket SMA Seirin menjadi yang terbaik di Jepang.

Haikyuu!! (2014)


Anime yang paling disuka oleh fans Jepang. Rating anime ini seperti yang ditulis dalam laman myanimelist.net, mencapai 8,97 hampir mendekati angka 9.

Awal kisah yang menceritakan seorang siswa SMP bernama Hinata Shoyo menyukai bola voli, meskipun memiliki tubuh yang pendek. Dia menjadi bersemangat untuk mengikuti jejak pemain bintang di kejuaraan voli, yang dijuluki "Raksasa Kecil". Dia membuat tim bola voli dan berlatih sendirian. Tiga anggota lain bergabung pada tahun terakhirnya di SMP, membuat Hinata membujuk 2 temannya dari tim olahraga lain untuk bergabung agar dapat mengikuti turnamen. Mereka dikalahkan pada pertandingan pertama oleh tim favorit juara, dihuni oleh pemain yang dijuluki "Raja Lapangan" Tobio Kageyama. Walaupun menderita kekalahan yang menyedihkan, Hinata bersumpah akan melampaui dan mengalahkan Kageyama.

Dilansir dari website resmi Haikyuu, j-haikyuu.com akan tayang sekitar musim gugur tahun 2019. (sel)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo