Musik
5 Album Fenomenal Sepanjang 2021, Masih Hafal Lagunya? Adele comeback dengan album 30. (Foto: MusicTech)

SEBELUM 2021 berakhir, tidak komplet rasanya jika penggemar musik tidak mengingat lagu-lagu apa saja yang populer sepanjang tahun ini. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi anthem sehari-hari yang diputar oleh banyak orang di mana pun. Lalu, apa saja album-album fenomenal di 2021?

Mengutip laman ANTARA, Senin (27/12), deretan album ini berhasil menarik perhatian para pendengar pada saat hari-hari pertama perilisan.

Baca juga:

Curhatan NCT Dream Soal Album Baru ‘Hot Sauce’

1. Hot Sauce – NCT Dream

Pada 10 Mei, grup K-pop NCT Dream merilis album studio pertamanya yang bertajuk Hot Sauce. Album ini dirilis setelah SM Entertainment memutuskan untuk mengembalikan anggota personel Mark ke NCT Dream dan menghentikan konsep kelulusan berdasarkan usia.

Album Hot Sauce sendiri terdiri dari 10 lagu dengan single utama berjudul Hot Sauce. Deretan lagu lainnya termasuk Dive into you, Be There For You, ANL, Rainbow, dan Irreplaceable.

Sebelum resmi dirilis, pre-order album ini bahkan menembus 1,7 juta kopi dan hingga akhir Mei 2021, album Hot Sauce terjual sebanyak dua juta kopi.

2. Butter – BTS

Smooth like butter, like a criminal undercover. Begitu kira-kira lirik awal lagu Butter yang sampai saat ini masih ramai didengar. Album yang dirilis pada 21 Mei ini berhasil menguasai Gaon Digital Chart di Korea Selatan sejak debutnya. Hingga Juli 2021, album fisiknya terjual sekitar 2,5 juta kopi dan menjadikannya salah satu album terlaris di Korea Selatan.

Di AS, Butter meraih posisi nomor satu di Billboard Hot 100 pada Juni dan bertahan di daftar Hot 100 hingga September 2021. Lagu ini mengumpulkan setidaknya 32,2 juta streaming dan terjual 242.800 unduhan pada minggu pertama debutnya.

Guinness World Record bahkan mengakui pencapaian Butter yang telah memecahkan rekor 11.042 juta streaming di Spotify pada hari pertama debutnya, mengalahkan lagu I Don’t Care dari Ed Sheeran dan Justin Bieber.

3. Happier Than Ever – Billie Eilish

Album kedua Billie Eilish ini rilis pada 30 Juli 2021 dan berhasil menempati puncak Billboard 200 selama tiga pekan berturut-turut. Selain itu, album Happier Than Ever juga berhasil menembus 238 ribu unit di AS. Sementara di Inggris, album ini menduduki peringkat satu UK Albums Chart dengan 39 ribu unit.

Album Happier Than Ever terdiri dari tujuh lagu, termasuk tiga di antaranya berhasil masuk di 10 besar Billboard Hot 100. Lagu Therefore I Am menempati peringkat kedua di tangga lagu tersebut, diikuti oleh My Future di nomor enam dan Your Power di nomor 10.

Dalam ajang Grammy Awards, album dan lagu Happier Than Ever mendapatkan tujuh nominasi, di antaranya termasuk kategori Album Terbaik, Album Vokal Pop Terbaik, Lagu Terbaik, dan Rekaman Terbaik.

Baca juga:

Album ‘30’ Adele Jadi Surat untuk Sang Anak

4. 30 – Adele

Setelah enam tahun vakum merilis album, Adele comeback dengan merilis album keempatnya bertajuk 30 pada 19 November 2021. Album ini merupakan salah satu album yang paling dinantikan pada 2021 dan berhasil mencapai kesuksesan secara komersial.

Di Inggris, album 30 menempati peringkat nomor satu di UK Albums Chart dan berhasil terjual sebanyak 261 ribu kopi. Pencapaian tersebut menjadikannya album dengan penjualan tercepat pada pekan pertama debut selama 2021. Sementara di AS, debut 30 juga menduduki nomor satu Billboard 200 dengan penjualan sebanyak 839 ribu unit.

5. Sticker – NCT 127

Album yang debut pada 17 September 2021 ini berhasil menemnbus Billboard 200 dengan menempati nomor tiga dan telah menjual 58 ribu eksemplar pada pekan pertama. Meski tidak menguasai peringkat pertama, album ini menjadi album K-Pop pertama yang masuk di tangga lagu itu selama 12 minggu berturut-turut.

Di Korea Selatan, pre-order album Sticker menembus angkat lebih dari satu juta pemesanan dan meningkat dua kali lipat pada hari debutnya yang terjual sekitar 2,15 juta eksemplar dalam sepekan. NCT 127 juga merilis versi repackage yang diberi judul Favorite dengan menambahkan tiga lagu baru, termasuk single utama Favorite (Vampire). (and)

Baca juga:

Adele Ungkap Tanggal Rilis Album '30'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Mengolah Daging Agar Tidak Terpapar Virus PMK
Fun
Cara Mengolah Daging Agar Tidak Terpapar Virus PMK

Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 menjelaskan ciri hewan yang sah dijadikan sebagai hewan kurban.

#NextLevelPocky Hadrikan Formula Baru dan Pecahkan MURI
Fun
#NextLevelPocky Hadrikan Formula Baru dan Pecahkan MURI

Pocky pecahkan MURI dan beri formula baru untuk produknya.

Sambutan Tuk-Tuk untuk Kim Seon-ho
ShowBiz
Sambutan Tuk-Tuk untuk Kim Seon-ho

My Kim Seon Ho Thailand memasang foto wajah sang idola di belakang tuk-tuk, transportasi khas Thailand.

Begini Cara agar Anak Remaja Mau Terbuka pada Orangtua
Fun
Begini Cara agar Anak Remaja Mau Terbuka pada Orangtua

Orangtua harus lebih aktif dekatkan diri pada anak.

Tukar Mobil dengan Sepeda Listrik, Warga Perancis Dapat Rp 59 Juta
Fun
Tukar Mobil dengan Sepeda Listrik, Warga Perancis Dapat Rp 59 Juta

Perancis ingin saingi Belanda dan Jerman dalam penggunaan sepeda oleh masyarakatnya.

Selebrasi Satu Dekade, NOAH Siapkan Konser Spesial
ShowBiz
Selebrasi Satu Dekade, NOAH Siapkan Konser Spesial

Konser 'NOAH - Dekade Experience' akan menghadirkan dua konsep berbeda.

Downtown Circle, Rancangan Kota Layang Mengelilingi Gedung Tertinggi di Dunia
Fun
Downtown Circle, Rancangan Kota Layang Mengelilingi Gedung Tertinggi di Dunia

Downtown Circle adalah kota futuristik dalam desain yang sangat ambisius.

Tim Suzuki Ecstar Siap Hadapi Musim Balap 2022
Fun
Tim Suzuki Ecstar Siap Hadapi Musim Balap 2022

Tim Suzuki Ecstar akan melakukan persiapan untuk menghadapi musim 2022.

Unik, Toko di Thailand Sediakan 70 Jenis Mi Instan dari Seluruh Asia
Fun
Unik, Toko di Thailand Sediakan 70 Jenis Mi Instan dari Seluruh Asia

Mi instan juga bisa langsung dimasak dan dimakan.

Kenali Tanda Bahwa Kamu Sehat
Fun
Kenali Tanda Bahwa Kamu Sehat

Rambut, kuku, dan gigi bisa jadi tanda sehat atau tidaknya tubuhmu.