Musik
5 Album Fenomenal Sepanjang 2021, Masih Hafal Lagunya? Adele comeback dengan album 30. (Foto: MusicTech)

SEBELUM 2021 berakhir, tidak komplet rasanya jika penggemar musik tidak mengingat lagu-lagu apa saja yang populer sepanjang tahun ini. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi anthem sehari-hari yang diputar oleh banyak orang di mana pun. Lalu, apa saja album-album fenomenal di 2021?

Mengutip laman ANTARA, Senin (27/12), deretan album ini berhasil menarik perhatian para pendengar pada saat hari-hari pertama perilisan.

Baca juga:

Curhatan NCT Dream Soal Album Baru ‘Hot Sauce’

1. Hot Sauce – NCT Dream

Pada 10 Mei, grup K-pop NCT Dream merilis album studio pertamanya yang bertajuk Hot Sauce. Album ini dirilis setelah SM Entertainment memutuskan untuk mengembalikan anggota personel Mark ke NCT Dream dan menghentikan konsep kelulusan berdasarkan usia.

Album Hot Sauce sendiri terdiri dari 10 lagu dengan single utama berjudul Hot Sauce. Deretan lagu lainnya termasuk Dive into you, Be There For You, ANL, Rainbow, dan Irreplaceable.

Sebelum resmi dirilis, pre-order album ini bahkan menembus 1,7 juta kopi dan hingga akhir Mei 2021, album Hot Sauce terjual sebanyak dua juta kopi.

2. Butter – BTS

Smooth like butter, like a criminal undercover. Begitu kira-kira lirik awal lagu Butter yang sampai saat ini masih ramai didengar. Album yang dirilis pada 21 Mei ini berhasil menguasai Gaon Digital Chart di Korea Selatan sejak debutnya. Hingga Juli 2021, album fisiknya terjual sekitar 2,5 juta kopi dan menjadikannya salah satu album terlaris di Korea Selatan.

Di AS, Butter meraih posisi nomor satu di Billboard Hot 100 pada Juni dan bertahan di daftar Hot 100 hingga September 2021. Lagu ini mengumpulkan setidaknya 32,2 juta streaming dan terjual 242.800 unduhan pada minggu pertama debutnya.

Guinness World Record bahkan mengakui pencapaian Butter yang telah memecahkan rekor 11.042 juta streaming di Spotify pada hari pertama debutnya, mengalahkan lagu I Don’t Care dari Ed Sheeran dan Justin Bieber.

3. Happier Than Ever – Billie Eilish

Album kedua Billie Eilish ini rilis pada 30 Juli 2021 dan berhasil menempati puncak Billboard 200 selama tiga pekan berturut-turut. Selain itu, album Happier Than Ever juga berhasil menembus 238 ribu unit di AS. Sementara di Inggris, album ini menduduki peringkat satu UK Albums Chart dengan 39 ribu unit.

Album Happier Than Ever terdiri dari tujuh lagu, termasuk tiga di antaranya berhasil masuk di 10 besar Billboard Hot 100. Lagu Therefore I Am menempati peringkat kedua di tangga lagu tersebut, diikuti oleh My Future di nomor enam dan Your Power di nomor 10.

Dalam ajang Grammy Awards, album dan lagu Happier Than Ever mendapatkan tujuh nominasi, di antaranya termasuk kategori Album Terbaik, Album Vokal Pop Terbaik, Lagu Terbaik, dan Rekaman Terbaik.

Baca juga:

Album ‘30’ Adele Jadi Surat untuk Sang Anak

4. 30 – Adele

Setelah enam tahun vakum merilis album, Adele comeback dengan merilis album keempatnya bertajuk 30 pada 19 November 2021. Album ini merupakan salah satu album yang paling dinantikan pada 2021 dan berhasil mencapai kesuksesan secara komersial.

Di Inggris, album 30 menempati peringkat nomor satu di UK Albums Chart dan berhasil terjual sebanyak 261 ribu kopi. Pencapaian tersebut menjadikannya album dengan penjualan tercepat pada pekan pertama debut selama 2021. Sementara di AS, debut 30 juga menduduki nomor satu Billboard 200 dengan penjualan sebanyak 839 ribu unit.

5. Sticker – NCT 127

Album yang debut pada 17 September 2021 ini berhasil menemnbus Billboard 200 dengan menempati nomor tiga dan telah menjual 58 ribu eksemplar pada pekan pertama. Meski tidak menguasai peringkat pertama, album ini menjadi album K-Pop pertama yang masuk di tangga lagu itu selama 12 minggu berturut-turut.

Di Korea Selatan, pre-order album Sticker menembus angkat lebih dari satu juta pemesanan dan meningkat dua kali lipat pada hari debutnya yang terjual sekitar 2,15 juta eksemplar dalam sepekan. NCT 127 juga merilis versi repackage yang diberi judul Favorite dengan menambahkan tiga lagu baru, termasuk single utama Favorite (Vampire). (and)

Baca juga:

Adele Ungkap Tanggal Rilis Album '30'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Figur 'The Mandalorian' ala Era Sengoku dari Tamashii Nations
Fun
Figur 'The Mandalorian' ala Era Sengoku dari Tamashii Nations

Akan mendapatkan baju Karuta dan Hakama ala prajurit Samurai.

'Only Murders in The Building' Season 2, Kisah Misterius yang Dibalut Komedi
ShowBiz
Baru Rilis, ‘Wildest Dreams’ Versi Baru Raih 2Juta Penayangan
ShowBiz
Baru Rilis, ‘Wildest Dreams’ Versi Baru Raih 2Juta Penayangan

Wildest Dreams versi baru ramai digunakan di TikTok.

Empat Kitab Sakti Wajib Dimiliki Zaman Masih Ngilmu di Negeri Aing
Hiburan & Gaya Hidup
Michelle Yeoh Bintangi Serial Disney Plus 'American Born Chineese'
ShowBiz
Michelle Yeoh Bintangi Serial Disney Plus 'American Born Chineese'

Serial American Born Chinese diadaptasi dari novel karya Gene Luen Yang.

Citroën Skate Konsep Berkendara Masa Depan
Fun
Citroën Skate Konsep Berkendara Masa Depan

Konsep Citroën Skate adalah EV modular yang terdiri dari platform skateboard dasar yang dilengkapi dengan pod.

Cara Efektif Mengontrol Emosi Berlebihan
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Efektif Mengontrol Emosi Berlebihan

Cenderung dapat membuat kita lepas kendali.

Tas Anti Mainstream Unik nan Lucu
Fashion
Tas Anti Mainstream Unik nan Lucu

Fesyen menjadi semacam pelarian bagi kita untuk mengekspresikan kreativitas.

Amplify, Perayaan 90 Tahun Abbey Road Studios
ShowBiz
Amplify, Perayaan 90 Tahun Abbey Road Studios

Festival yang dinamakan "Amplify" itu berlangsung secara panel delama dua hari.