5 Alasan Liverpool Bakal Jadi Pesaing Serius di Premier League Musim Depan

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 19 Januari 2018
5 Alasan Liverpool Bakal Jadi Pesaing Serius di Premier League Musim Depan
Liverpool. Foto: This Anfield

MerahPutih.com - Liverpool tengah membangun kekuatan dengan mendatangkan sejumlah pemain muda. Mereka mencoba untuk bersaingan dengan empat klub Premier League yakni Manchester United, Manchester City, Arsenal, dan Chelsea.

Performa The Reds musim ini bisa dibilang cukup bagus. Kedatangan pemain baru semacam Mohamed Salah membuat serangan Liverpool semakin hidup. Ditambah dengan penampilam konsisten Roberto Firmino di lini tengah.

Liverpool menjadi tim pertama yang bisa mengalahkan City musim ini. Hal ini membuktikan bahwa anak asuh pelatih Jurgen Klopp bisa menjadi pesaing serius untuk memperbutkan gelar juara musim depan.

Selain itu, The Kop juga diyakini akan menjadi kuda hitam bagi duo Manchester dalam perebutan trofi juara. Sampai pekan ke-23, Liverpool mengoleksi 47 poin, jauh lebih baik ketimbang pada musim 2013/14 ketika mereka mengakhiri kompetisi hanya terpaut dua poin di bawah City yang menjadi juara.

Pada musim ini, Liverpool hanya dua kali kalah yakni melawan City dan Tottenham Hotspur dan memenangkan 14 kali pertandingan secara beruntun yang menempatkan mereka ke posisi ketiga klasemen sementara.

Melihat penampilan Liverpool musim ini, klub asal Merseyside diprediksi bakal menjadi pesaing serius musim depan. Berikut lima alasannya seperti dilansir Four Four Two:

1. Jurgen Klopp

Klopp sudah hampir dua setengah tahun melatih Liverpool. Pria asal Jerman ini memberikan warna dalam permainan timnya dibandingkan dengan manajer sebelumnya.

Pendekatan personal yang baik dengan para pemain menjadi nilai tambah mantan arsitek Borussia Dortmund itu. Hasilnya, dua pemain muda didatangkan Liverpool yakni bek Virgil van Dijk dan Naby Keita yang akan gabung musim depan.

Klopp
Jurgen Klopp

Klopp mengatakan pada saat kedatangannya pada bulan Oktober 2015 bahwa dia akan mempersembahkan setidaknya satu gelar dalam kurun waktu empat tahun, dan musim 2018/19 menjadi targetnya. Secara perlahan, ia akan meningkatkan kualitas timnya musim depan demi mewujudkan impiannya

2. Stabilitas di Dalam dan Luar Lapangan

Di era ini, visi jangka panjang jarang terjadi di sepakbola. Kebanyakan manajer bertahan dua atau tiga tahun di sebuah klub, namun Klopp dan pemilik klub sadar bahwa itu bukan bagian dari perencanaan yang baik bagi klub.

Kepergian Philippe Coutinho memang membuat fans khawatir dengan performa tim. Namun, Klopp memiliki pandangan sendiri dan tidak mau terlalu terburu-buru untuk mencari pengganti pemain asal Brasil itu.

Firmino dan Klopp
Firmino dan Klopp

Stabilitas di luar lapangan juga masih aman buat Klopp. Bahkan, jika Liverpool gagal menjadi juara ataupun finis di urutan kelima, posisi pelatih 50 tahun itu tidak akan goyah.

3. Naby Keita

Keita akan datang pada musim depan. Pemain yang dibanderol senilai 48 juta poundsterling disebut menjadi pemain yang ideal untuk lini tengah The Reds.

Pemain berusia 22 tahun itu bukan tipe gelandang bertahan. Keita bermain box-to-box untuk menyuplai penyerang dan berperan untuk memutuskan serangan lawan.

Naby Keita
Naby Keita

Lini belakang Liverpool bakal lebih baik dengan adanya Van Dijk. Keita dan Firmino akan menopang di lini tengah. Yang paling menarik adalah siapa yang akan bermain bersama Keita di lini tengah Liverpool?

4. Strategi transfer

Hanya empat pemain dari skuad Liverpool yang nyaris meraih gelar juara pada musim 2013/14 yang bertahan di Anfield, dan ada kemungkinan mereka akan tetap dipertahankan musim depan.

Simon Mignolet hampir pasti akan pergi dan bahkan bisa melakukannya bulan ini setelah kalah bersaing dengan Loris Karius. Daniel Sturridge ingin pergi bulan ini, sementara posisi Jordan Henderson bisa tersingkir dengan kedatangan keita.

Salah

Namun, Liverpool memiliki skuad yang jauh lebih kuat sekarang dari empat tahun yang lalu berkat strategi transfer mereka dalam beberapa tahun terakhir. Ini adalah salah satu perubahan yang tampak sejak penunjukan Klopp.

Salah, Andy Robertson, dan Alex Oxlade-Chamberlain merupakan pemain yang sukses diboyong dengan harga relatif terjangkau.

Musim depan, Liverpool akan mendatangkan pemain di posisi kiper, bek, gelandang.

5. Berani mainkan pemain muda

Para pemain Liverpool rata-rata berusia muda seperti Firmino dan Van Dijk yang berusia 26 tahun, Sadio Mane dan Salah berusia 25, sementara Keita baru mencapai 22 tahun. Mereka bakal menjadi andalan Liverpool musim depan.

Joe Gomez (20), Trent Alexander-Arnold (19) dan Ben Woodburn (18) adalah pemain yang berpotensi berkembang berkat Klopp. Ketiganya sempat diturunkan di Premier League atau kompetisi lain.

Ben Woodburn

Klopp memang manajer yang gemar menelurkan pemain muda. Mereka merasa nyaman dengan keberadaan Kloop karena tidak diabaikan.

Tidak heran, Liverpool bakal memiliki skuat yang menjanjikan musim depan. (*)

#Liverpool
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan