Kecantikan

5 Alasan Foundation Tampak 'Cakey'

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 29 November 2022
5 Alasan Foundation Tampak 'Cakey'
Foundation yang cakey akan membuat tampilan menjadi buruk. (Foto: Freepik/valuavitaly)

MENGAPLIKASIKAN foundation tidak boleh sembarangan. Foundation yang seharusnya menjadi penutup segala permasalahan pada kulit wajah, bisa menjadi bumerang untukmu.

Jika salah memakainya, foundation akan membuat penampilanmu menjadi semakin buruk karena tidak bisa menyatu dengan kulit. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Baca Juga:

Tips Memilih Foundation Sesuai dengan Warna Kulit

Dilansir dari byrdie, ada lima alasan foundation tampak cakey, misalnya:

Sangatlah penting untuk merawat kulit dengan baik. (Foto: freepik/lifestyleememory)


1. Lupa untuk mempersiapkan kulit

Para penata rias sering menyarankan untuk menjalankan perawatan kulit yang tepat sebelum menerapkan produk rias wajah apapun. Minimal gunakan tabir surya, pelembap, dan primer sebelum mengaplikasikan foundation. Kulit yang mengalami dehidrasi dan bertekstur membuat riasan tidak menempel sempurna di kulit dan terlihat seperti adonan kue yang tidak merata.

2. Tidak membiarkan perawatan kulit menyerap sempurna

Selain menggunakan perawatan kulit yang tepat, kamu juga harus menggunakannya dengan benar. Urutkan skincare dari formulasi yang paling cair ke paling kental. Selain itu, tunggu selama 3 menit per setiap produk yang digunakan agar skincare dapat menyerap secara sempurna.

3. Perlu eksfoliasi

Penumpukan sel kulit mati dan tidak melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membuat foundation cakey. Oleh sebab itu, lakukan eksfoliasi secara rutin dengan menggunakan produk yang menawarkan eksfoliasi wajah sambil melakukan gerakan memutar. Lakukan eksfoliasi satu atau dua kali dalam seminggu agar kulit tidak iritasi.

Baca Juga:

Dewy vs Matte Foundation, Pilih yang Pas untuk Kulitmu

Pilih foundation yang sesuai jenis kulitmu. (Foto: freepik)


4. Menggunakan formula tidak sesuai jenis kulit

Selain warna kulit, mengetahui jenis kulit yang kamu miliki juga sangat penting. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu dapat menggunakan foundation yang hasil akhirnya matte. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit kering, dapat menggunakan foundation yang dewy finish atau coverage light dan memiliki kandungan untuk memberikan kelembapan pada kulit.

5. Menggunakan terlalu banyak produk foundation

Kemungkinan lain penyebab dari foundation cakey adalah kamu terlalu banyak menggunakan produk tata rias. Terlalu banyak produk digunakan, terutama yang bubuk akan membuat foundation sulit rata di wajah. Alhasil, kulit akan terlihat bertekstur atau kering dan produk lainnya juga tidak akan menyatu dengan sempurna. (nbl)

Baca Juga:

Trik Atasi Salah Pilih Shade Foundation

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan