5 Air Terjun Indah di Lima Puluh Kota Destinasi Wisata Lembah Harau (Foto: Instagram/adhebat)

Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat memang memiliki geografis yang berbukit-bukit. Jadi sangat wajar kalau di daerah yang berbatasan dengan Provinsi Riau itu memiliki destinasi wisata alam pegunungan.

Salah satu yang banyak diincar oleh para pelancong saat ke Lima Puluh Kota adalah air terjun. Di sana ada banyak air terjun yang amat sangat untuk dilewatkan. Berikut ini berbagai air terjun di Kabupaten Lima Puluh Kota yang dirangkum oleh merahputih.com.

1. Air Terjun Lubuk Batang

Air Terjun Lubuk Batang (Foto: instagram@bangtitt)
Air Terjun Lubuk Batang (Foto: instagram@bangtitt)

Berada di pelosok Koto Bangung Jorong, air terjun ini sangat layah disebut dengan hidden destination-nya Kabupaten Lima Puluh Kota. Aksesnya yang cukup sulit membuat Air Terjun Lubuk Batang hanya dikunjungi oleh orang-orang bertekad bulat.

Namun setelah sampai ke tujuan, dijamin rasa lelah selama perjalanan berjam-jam akan tergantikan. Kamu bisa melihat air yang terjun bebas di antara dua tebing besar. Selain ini terdapat pula pasir putih pak pantai di sekitarnya.

Pemandangan di sekitar Air Terjun Lubuk Batang sangat hijau. Kamu juga diperbolehkan membangun tenda. Namun ingit, jangan sampai kedatanganmu membuat rusak alam di sekitar Air Terjun Lubuk Batang.

2. Air Terjun Lubuak Bulan

Air terjun yang menghilang ke dalam tanah. (Foto: instagram@sudutpayakumbuh)
Air terjun yang menghilang ke dalam tanah. (Foto: instagram@sudutpayakumbuh)

Air Terjun Lubuak Bulan memiliki satu hal yang unik. Berbeda dengan air terjun lain yang mendarat ke aliran sungai, di sana kita hanya akan melihat sebuah kolam bulat tanpa sungai sesudahnya. Hal itu seakan menjadikan air hilang ditelan bumi.

Keindahan air terjun ini sangat mempesona, sayangnya kamu dilarang keras untuk berenang karena dikhawatirkan bisa tersedot ke perut bumi. Warga sekitar mengatakan kalau terdapat goa yang cukup panjang tempat air itu mengalir.

Kamu bisa mngunjungi tempat ini dengan menggunakan motor trail atau berjalan kaki melewati jalan setapak di hutan serta ladang. Dari Kota Payakumbuh kamu harus menghabiskan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Namun dijamin keindahan di sana membuat kamu lupa dengan perjalanan tersebut.

3. Air Terjun Sarasah Donat

Air Terjun Sasarah Donat sangat unik (Foto: Instagram/evannanta)
Air Terjun Sasarah Donat sangat unik (Foto: Instagram/evannanta)

Di Desa Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota ada sebuah air terjun yang cukup unik. Air terjun tersebut mengalir melewati sebuah lubang besar. Karena itu pula air terjun ini terdapat kata 'donat' di dalam namanya.

Kamu bisa berdiri di bawah air terjun tersebut sambil berfoto gaya siluet. Cahaya yang masuk dari lubang serta jatuhnya air membuat efek foto kamu tampak cantik. Namun kamu harus hati-hati karena jalan masuk ke goa itu cukup licin dengan dinding langit rendah.

Berbeda dengan dua air terjun sebelumnya, Air Terjun Sarasah Donat masih cukup mudah dijangkau. Kamu hanya harus berjalan sekitar 25 menit dari parkiran untuk sampai ke lokasi. Nantinya kamu akan melewati ladang serta menaiki anak tangga. Sayangnya air ini sudah dirusak oleh tangan-tangan jahil yang mencoret-coret dinding goa.

4. Air Terjun Sarasah Tanggo

Air Terjun Sasarah Tanggo cukup mudah diakses (Foto: Instagram/kiddrock85)
Air Terjun Sasarah Tanggo cukup mudah diakses (Foto: Instagram/kiddrock85)

Hanya berjarak 300 meter dari parkir membuat air terjun ini sangat mudah dikunjungi. Air Terjun Sarasah Tanggo berjarak sekitar 3 kilometer dari Kota Payakumbuh. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau emat untuk sampai ke lokasi.

Air terjun ini memiliki tinggi hingga 100 meter lebih. Menariknya, meski debit airnya tidak terlalu deras, air terjun ini tak pernah kering meskipun musim kemarau. Panorama semakin indah dengan suasana hijau di sekitarnya.

Jika beruntung kamu bisa bertemu dengan berbagai jenis burung dan hewan lainnya. Selain itu sepanjang jalan kamu dapat melihat aktivitas warga seperti bertani atau beternak ikan.

5. Air Terjun Lembah Harau

Salah satu air terjun Lembah Harau (Foto: Instagram/rahmatoktafiano
Salah satu air terjun Lembah Harau (Foto: Instagram/rahmatoktafiano)

Sebenarnya Lembah Harau bukanlah nama air terjun. Ia adalah sebuah lembah yang memiliki beberapa air terjun dengan nama berbeda-beda. Air terjun di Lembah Harau sangat populer bahkan sudah menjadi ikon Kecamatan Harau.

Jika kamu ke sana ada dua tempat yang wajib dikunjungi yakni Sasarah Bunta dengan lima air terjun dan Aka Berayun yaang terdapat sebuah kolam renang. Konon dulunya Cagar Alam Lembah Harau adalah lautan.

Dibandingkan destinasi air terjun lainnya, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk homestay. Harga sewanya bervariasi tergantung jenis kamar mulai dari Rp50 ribu hingga jutaan per malam. Menariknya lagi di tempat ini juga sangat coco untuk melakukan olahraga ekstrim panjat tebing.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH