Wisata Indonesia
5 Air Terjun Cantik di Pulau Dewata Bali punya banyak air terjun cantik. (foto: Instagram @the_last_journey_)

SETELAH berbulan-bulan dilanda PSBB, banyak yang mulai berpikir untuk berwisata. Sudah punya rencana? Jika masih cari ide, main ke air terjun di Bali, yuk.

Bali punya segala hal untuk jadi tujuan wisata yang lengkap. Budaya yang unik, destinasi yang beragam, dan tentunya keindahan alam tiada tara. Selain pantai, Bali juga punya air terjun asri nan cantik. Saking cantiknya, air terjun tersebut Instagramable banget deh. Berikut 5 air terjun cantik yang Instagramable di Bali.

1. Air Terjun Gitgit

air terjun gitgit
Air terjun Gitgit. (foto: Instagram @toufikarum)

Nama air terjun Gitgit sudah populer sebagai tujuan wisata sejak lama. Lokasinya memang tak jauh dari objek wisata Bedugul yang sejuk. Air terjun ini cukup mudah dijangkau, letaknya di pinggir Jalan Raya Bedugul–Singaraja. Secara administratif, air terjun Gitgit berada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Dengan tinggi sekitar 35 meter, air terjun Gitgit jadi yang salah satu yang tertinggi di Bali. Debit air yang deras meluncur dari ketinggian tebing bertutup lumut. Tak mahal untuk menikmati lokasi wisata satu ini. Dengan membayar retribusi sebesar Rp5.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun ini. Selain menikmati pesona air terjun, kamu juga akan melihat hamparan kebun cengkih, kopi, dan sawah dalam perjalanan menuju lokasi air terjun Gitgit.

2. Air Terjun Peguyangan

air terjun peguyangan
Infinity pool di air terjun Peguyangan. (foto: Instagram @porkypeggs)

Umumnya air terjun adanya di tengah hutan yang lebat. Namun, tak demikian denga air terjun Peguyangan. Destinasi wisata ini justru terletak di area pantai. Air terjun deras meluncur dari tepi tebing yang berdampingan dengan sebuah pura di Desa Batu Kandik, Nusa Penida. Karena terletak berdekatan dengan pura, masyarakat setempat kerap menggunakan air dari air terjun tersebut sebagai air suci.

Untuk mencapai air terjun indah ini, kamu terlebih dahulu harus melewati anak tangga yang cukup curam di tebing dinding. Cukup banyak memang anak tangga yang mesti kamu tapaki. Namun, saat sampai di lokasi, kelelahan menuruni anak tangga akan terbayar. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan bermain di sebuah infinity pool yang berada tepat di tepi tebing. Splendid!

3. Air Terjun Tegenungan

air terjun tegenungan
Air terjun Tegenungan. (foto: Instagram @balitabi)

Tak jauh dari Kota Denpasar, sebuah air terjun indah tersembunyi di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Gianyar. Lokasi yang strategis itulah yang membuat air terjun Tegenungan menjadi destinasi wisata yang favorit. Dengan berkendara hanya selama 45 menit, kamu sudah tiba di lokasi. Tiket masuknya pun terbilang murah, cukup Rp 10 ribu.

Yang unik, air terjun ini tak berada di kawasan dataran tinggi seperti kebanyakan air terjun. Tinggi air terjun Tegenungan justru berada di ketinggian hanya 15 meter. Meskipun demikian, debit air yang dicurahkan cukup deras. Jika ingin berenang, di lokasi tersedia fasilitas umum seperti toilet. Namun, ingat untuk selalu berhati-hati ya.

4. Air Terjun Sekumpul

air terjun sekumpul
Air terjun Sekumpul. (foto: dewik_23)

Dengan ketinggian 100 meter, air terjun ini menjadi salah satu yang tertinggi di Bali. Sesuai namanya, air terjun ini terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng, sekitar 76 km dari Kota Denpasar. Sebenarnya, ada tujuh air terjun yang berada di kawasan Desa Sekumpul. Namun, hanya air terjun Sekumpul inilah yang memiliki akses paling terjangkau.

Untuk sampai di lokasi, kamu harus melalui jalan beton dan menyeberangi sungai. Tiket masuk Rp 10 ribu pun wajib kamu bayarkan dahulu. Jika ingin berkunjung, pilihlah saat musim panas atau saat hari tak hujan. Pasalnya, guyuran air hujan membuat sungai yang menjadi akses ke air terjun jadi meluap. Hal itu bisa amat membahayakan pengunjung.

5. Air Terjun Jembong

air terjun jembong
Air terjun Jembong. (foto: Instagram @yanuar_kim_27)

Terletak di Desa Ambengan, Buleleng, air terjun Jembong punya keunikan tersendiri. Air mengalir di bebatuan besar berpola unik dengan kemiringan mencapai 75 derajat. Hal itu membuat air terjun ini tak telalu deras. Kamu pun bisa bermain air atau bahkan berenang di kolam air terjun dengan kedalaman 1 meter.

Menariknya lagi, air terjun Jembong berada di tengah perkebunan cokelat yang rimbun dan asri. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk menikmati perjalananmu sejenak di perkebunan tersebut. Wajib banget foto-foto.(dwi)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yogyakarta Gelar Lomba Lari Keliling Candi Berkonsep New Normal
Travel
Yogyakarta Gelar Lomba Lari Keliling Candi Berkonsep New Normal

Sleman Temple Run akan diselenggarakan Minggu, 27 September 2020.

Incaran Traveler Indonesia di Masa New Normal
Travel
Incaran Traveler Indonesia di Masa New Normal

Bagi yang doyan jalan-jalan, tentu hal ini menjadi angin segar.

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ormas Tabur Bunga di Makam Pahlawan
Tradisi
Peringati Hari Lahir Pancasila, Ormas Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Anggota organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila melakukan tabur bunga untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di Taman Makam Pahlawan

Pesona GKI Indramayu, Gereja Tertua di Indramayu
Travel
Pesona GKI Indramayu, Gereja Tertua di Indramayu

Hingga kini, bangunan asli GKI Indramayu masih tetap dipertahankan.

Rayakan Tahun Baru dengan Suasana Negeri Atlantis di Aston Cirebon Hotel
Travel
Rayakan Tahun Baru dengan Suasana Negeri Atlantis di Aston Cirebon Hotel

Kamu akan diajak merasakan suasana bawah laut.

5 Pantai Terindah Versi Susi Pudjiastuti, Kamu Pilih yang Mana?
Travel
5 Pantai Terindah Versi Susi Pudjiastuti, Kamu Pilih yang Mana?

Pantai favorit Susi ini wajib masuk ke daftar liburanmu setelah pandemi COVID-19 berakhir.

Jangan Sampai Kain Songke Manggarai Punah
Tradisi
Jangan Sampai Kain Songke Manggarai Punah

Kain songke Manggarai menjadi tradisi nenek moyang yang terancam punah

Galeri Nasional Indonesia Mulai Terima Pengunjung
Travel
Galeri Nasional Indonesia Mulai Terima Pengunjung

Pada masa transisi ini, pengunjung hanya bisa melihat Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia di Gedung B lt. 2.

Perjalanan Panjang Pie Susu Hingga Menjadi Buah Tangan Khas Bali
Kuliner
Perjalanan Panjang Pie Susu Hingga Menjadi Buah Tangan Khas Bali

Pie susu sudah jadi langganan banyak wisatawan untuk dibawa sebagai buah tangan khas Bali.