5 Tempat Wisata di Malang Ini Cocok Banget Dikunjungi saat Libur Lebaran Malang adalah satu kota yang bisa memberimu pengalaman luar biasa untuk menghabiskan waktu liburan.

Kota Malang merupakan salah satu Kota dengan kemajuan yang dapat dibilang cukup pesat nomor dua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota ini juga memiliki julukan sebagai Kota Wisata. Yang pasti daya tarik Kota Malang bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri pun tak diragukan lagi.

Ada banyak sekali tempat wisata di Malang yang dapat Kamu kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut kami ulas secara singkat 5 Tempat Wisata di Malang yang dapat anda kunjungi ketika sedang berlibur di kota ini :

1. Gunung Bromo

gunung bromo
Gunung Bromo adalah salah satu wisata alam yang paling di minati oleh setiap wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Banyak yang mengenal kepopuleran gunung berapi yang masih aktif ini dengan keindahannya. Gunung bromo merupakan gunung yang paling terkenal di jawa timur karena setiap tahunnya paling ramai kunjungannya.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut yang berada dalam empat lingkup kabupaten yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Gunung ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung bromo yang masih aktif ini membuat daya tarik bagi wisatawan. Hamparan gunung yang indah dengan dikelilingi awan putih yang tak akan membuat mata jenuh untuk memandang. Wisata gunung bromo sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya hari libur.

Baca Juga :

Tempat Wisata Terbaik di Malang Saat Liburan Tiba

2. Gunung Semeru

gunung semeru
Puncak Gunung Semeru (Foto: Nurul Henny Purwanti)

Tak kalah indahnya dengan gunung bromo, gunung semeru ini juga memiliki keindahan yang luar biasa. Apalagi untuk para pendaki maupun traveler yang tidak mau ketinggalan dengan keindahan gunung semeru ini.

Gunung semeru merupakan gunung yang menjulang dengan ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut. Gunung ini juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung semeru yang memiliki pucak yang bernama Mahameru ini sangat populer dikalangan pendaki. Gunung ini sudah menjadi daya tarik para pendaki untuk datang dan menaklukan ketinggian gunung ini. Selain menjadi lokasi pendakian gunung ini juga menjadi sebuah tempat wisata .

3. Coban Rondo

coban rondo
Air Terjun Coban Rondo (via:www.tabloidwisata.com)

Tempat wisata dimalang yang ramai dikunjungi satu ini yaitu air terjun coban rondo. Karena suasananya yang indah, alami, asri, dan sejuk karena termasuk dalam agro wisata yang menjadi favorit wisatawan.

Puncak air terjun coban rondo sendiri berada pada ketinggian 1.135 meter diatas permukaan laut dan juga air terjun jernih yang mengalir dari atas ketinggian 84 meter ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo dari lereng gunung kawi yang membuat pengunjung merasa takjub dan mempesona.

Tentu hal ini membuat obek wisata ini jauh lebih menarik. Maka tak heran jika setiap liburan tempat wisata ini selalu ramai dengan pengunjung.

Baca Juga :

3 Pulau Favorit untuk Wisata Pribadi

4. Coban Sewu

coban sewu
Air terjun Coban Sewu (Foto: Nurul Henny Purwanti)

Coban ini memang masih belum populer di kalangan wisatawan. Keindahan panorama wisata air terjun coban sewu hampir mirip dengan wisata air terjun terindah didunia yaitu air terjun Niagara di Kanada.

Dengan keunikan tebing yang tinggi membentuk setengah lingkaran ang dialiri beberapa air terjun, sehingga membuat mata tertuju pada keindahan air terjun coban sewu ini. Wisata air terjun coban sewu ini terletak diantara dua kabupaten yaitu Lumajang dan Malang.

Air terjun ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 180 meter. Cucuran air yang tak hanya pada satu titik saja melainkan sepanjang lengkung tebing yang membuat wisatawan takjub melihatnya.

5. Coban Sumber Pitu Tumpang

coban sumber pitu
Air terjun Sumber Pitu Tumpang (Foto: Nurul Henny Purwanti)

Coban yang satu ini juga tak kalah menakjubkannya dengan coban yang lain. Wisata coban sumber pitu ini terletak di sebelah barat gunung semeru tepatnya dikecamatan Tumpang desa Duwet Krajan.

Coban ini bisa dibilang unik karena memiliki tujuh aliran meskipun bersumber dari mata air yang sama. Mirip seperti air terjun yang lain penorama hijau yang menyelimuti tebing air terjun ini dan dipadukan dengan putihnya aliran air terjun yang deras membuat keeksotikan dengan warna yang elegan.

Selain itu, suasana sejuk khas pegunungan juga hadir mengabarkan nuansa nyaman dan menenangkan. Wisata coban sumber pitu ini juga dikatakan sebagai salah satu air terjun tercantik di Malang Raya.

Baca Juga :

7 Air Terjun Tersembunyi yang Menanti Kamu untuk Dieksplorasi

Artikel ini di buat oleh Nurul Henny Purwanti, jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang. (*)


Tags Artikel Ini

Satria Mushaf