5,8 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Yogyakarta

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 31 Maret 2023
5,8 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Yogyakarta
Ilustrasi - Pemudik sepeda motor. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Sejumlah persiapan tengah dilakukan untuk melancarkan arus mudik Lebaran 2023 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satunya dengan mengantisipasi lonjakan kendaraan pasca dioperasikannya jalan tol Yogyakarta-Surakarta ruas Kartasura-STA 6.

Baca Juga:

Harga Tiket Bus di Jogja Diprediksi Naik Saat Mudik Lebaran

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan DIY Sumariyoto menyebut, akan melakukan berbagai langkah antisipasi untuk menjamin kelancaran arus lalulintas saat mudik Lebaran 2023.

Sumariyoto memprediksi di Lebaran 2023 ini akan ada 5,8 juta pemudik yang masuk ke area DIY. Dari jumlah itu, 60 persennya akan masuk dari jalur timur atau Prambanan.

"Dengan dioperasionalkannya tol Kartasura, mungkin lebih ada 60 persen (kendaraan pemudik) lewat situ (jalur timur DIY). Konsentrasi kami ada di situ (jalur timur DIY). Kami akan membuka posko statis di Prambanan," katanya.

Posko statis ini nantinya akan ada petugas gabungan di dalamnya yang siap untuk mengurai atau mengurangi kemacetan yang akan terjadi.

Sumariyoto menambahkan, nantinya akan ada rapat bersama dengan pemerintah Kabupaten maupun Kota Yogyakarta untuk membahas manajemen lalulintas yang akan dilakukan saat libur Lebaran 2023.

Pembahasan ini salah satunya untuk menentukan kapan puncak arus mudik akan terjadi usai ada perubahan cuti bersama yang dikeluarkan pemerintah.

"Nanti akan kita koordinasikan dengan yang punya wilayah. Kebijakan seperti apa akan kita suport (untuk kelancaran arus lalulintas libur Lebaran 2023)," katanya. (Cahyo/Yogyakarta)

Baca Juga:

Pemprov DKI Siapkan 2.428 Bus AKAP Angkut Pemudik Lebaran 2023

#Mudik #Lebaran #Arus Mudik
Bagikan
Bagikan