5.1 dan 7.1 'Surround Sound', Ketahui Perbedaannya Inilah Perbedaan 5.1 Surround Sound Dan 7.1 Surround Sound (Foto: Pexels/Anthony)

SAAT kamu ingin membeli speaker ataupun headset untuk bermain game atau kebutuhan lainnya, kamu harus mengetahui perbedaan karakteristik suara yang ada pada perangkat tersebut. Karena banyak speaker atau headset yang dijual dengan sistem suara 5.1 dan 7.1, pastinya kamu bingung untuk menentukan karena kurangnya pengetahuan tentang dua sistem suara itu. Seperti yang dilansir dari laman diffen, perbedaan paling mendasar dari kedua sistem suara ini adalah banyaknya driver yang ada dalam speaker atau headset.

Sistem suara 5.1 surround sound memiliki enam saluran, lima saluran standar dan satu saluran subwoofer. Sedangkan sistem suara 7.1 surround sound memiliki delapan saluran, tujuh saluran standar dan satu saluran subwoofer. Memang hanya berbeda dua saluran saja tetapi perbedaan tersebut menghasilkan kualitas suara yang berbeda.

5.1 dan 7.1 'Surround Sound', Ketahui Perbedaannya
Contoh 5.1 surround sound (Foto: Diffen)

Karena speaker 5.1 hanya memiliki enam saluran, secara otomatis speakernya hanya terdapat enam buah saja, satu dibagian tengah, satu subwoofer, dua speaker dibagian depan kanan dan kiri, dan dua speaker dibagian belakang kanan dan kiri. Karena hanya memiliki enam buah speaker maka lebih mudah untuk mengatur posisinya, dan speaker ini cocok untuk ruangan yang tidak terlalu besar.

5.1 dan 7.1 'Surround Sound', Ketahui Perbedaannya
Contoh Setup 7.1 surround sounds (Foto: Diffen)

Speaker 7.1 memiliki saluran suara lebih banyak yaitu delapan. Namun speaker ini memiliki enam speaker yang sama seperti 5.1, hanya terdapat tambahan dua speaker di sisi kanan dan kiri untuk pengalaman surround sound yang lebih nyata.

Sebagaimana menggunakan lebih banyak saluran suara tentunya sedikit lebih sulit untuk mengatur posisi masing-masing speaker. Tetapi speaker 7.1 memiliki keunggulan, karena memberikan suara yang lebih nyata dan cocok untuk di ruangan yang besar.

Jika membicarakan masalah harga pastinya speaker 7.1 memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan speaker 5.1, harga untuk speaker 7.1 lebih tinggi karena menggunakan lebih banyak saluran speaker dan bisa digunakan untuk ruangan yang luas. Berbeda dengan speaker 5.1 yang menggunakan saluran suara yang lebih sedikit dan hanya kurang cocok untuk ruangan yang terlalu luas. (ape)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH