5.000 Wartawan Peliput Asian Games Gratis Naik Transjakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 13 Agustus 2018
5.000 Wartawan Peliput Asian Games Gratis Naik Transjakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua INASGOC Erick Thohir saat memberikan kartu akreditasi kepada wartawan peliput Asian Games 2018 di Balai Kota. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat dari berbagai kalangan untuk berpartisipasi memeriahkan Asian Games 2018.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan gratiskan 5.000 media terakreditasi untuk menggunakan fasilitas Transjakarta. Para wartawan terakreditasi itu mendapatkan kartu pengenal yang terintegrasi dengan Transjakarta.

"Kita memberikan fasilitas bagi para jurnalis yang jumlahnya 5.000 untuk menggunakan Transjakarta secara gratis selama musim Asian Games. Ini ada 350 bus Transjakarta yang digunakan, di luar 1.750 yang akan memfasilitasi. Ini salah satu bentuk support dari Pemprov DKI Jakarta untuk kesuksesan, kita berharap bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Anies di Balairung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (13/8).

Transjakarta

Mantan menteri Pendidikan dan Kebidayaan ini mengaku layanan gratis bagi wartawan ini dapat digunakan di seluruh halte Transjakarta.

"Fasilitas ini berlaku mulai tanggal 10 Agustus hingga 15 September 2018. Dengan menempelkan kartu pengenal di halte-halte Transjakarta, wartawan sudah dapat menikmati layanan Transjakarta secara gratis," tuturnya

Oleh karena itu, untuk menunjang mobilisasi menuju venue-venue Asian Games, Transjakarta telah menambah armada bus hingga 350 unit.

Direktur Utama PT. Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan sejauh ini sudah ada sekitar 1.600 bus Transjakarta yang beroperasi. Dengan penambahan ini, sekitar 2.000 bus Transjakarta siap dijalankan.

"Bus ini juga akan diperuntukkan bagi atlet dan tamu-tamu negara yang akan menyaksikan Asian Games. Transjakarta akan menyiapkan transportasi sesuai dengan jadwal kedatangan para atlet," jelas Budi.

Sementara itu, Ketua INASGOC Erick Tohir menuturkan, layanan gratis Transjakarta juga diberikan kepada 13.000 relawan Asian Games agar dapat lebih mudah melaksanakan tugas demi kesuksesan pesta multiolahraga se-Asia.

Promosi Asian Games 2018. Foto: ANTARA

Layanan bus Transjakarta untuk para relawan ini dimulai sejak 1 Agustus 2018 sampai 15 Agustus 2018. Ia pun berharap Asian Games menjadi momentum baik bagi masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Hal ini dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas secara efektif dan juga mengurangi polusi udara.

Selain itu, layanan gratis Transjakarta yang dapat dimanfaatkan warga di akhir pekan serta hari libur nasional juga menjadi ajakan dan semakin memasyarakatkan transportasi umum.

"Ini tidak mengganggu pendapatan Transjakarta, karena ini adalalah penumpang tambahan, yaitu jurnalis dan relawan. Dan penumpang tambahan itu tidak dikenakan biaya (karena) tidak dijadikan pemasukan. (Untuk warga biasa) tanggal 17-18 (Agustus) lalu libur Idul Adha kemudian berikutnya 25-26 (Agustus) dan juga 1-2 (September), jadi itu selama delapan hari bisa menggunakan bus Transjakarta secara gratis,” tutup Anies. (Asp)

#Asian Games 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan