48 Pelaku Kejahatan Terjaring Operasi Ketupat 2015

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 03 Juli 2015
48 Pelaku Kejahatan Terjaring Operasi Ketupat 2015
Puluhan Preman terjaring razia oleh Polisi (antara foto)

MerahPutih, Megapolitan-Polda Metro Jaya menggelar Operasi Ketupat yang diselenggarakan mulai 18 Juni 2015 lalu. Hasilnya, polisi menjaring 48 tersangka dari berbagai kejahatan.

"Kami baru menyelesaikan Operasi Pekat Jaya 2015. Hasilnya ada 48 orang pelaku kita tangkap. Target operasi 14 orang dan 22 orang bukan merupakan target operasi," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti, Jakarta, Jumat (3/7).

Adapun sasaran dari operasi ini ialah seluruh bentuk kejahatan jalanan, aksi premanisme dengan menggunakan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, perjudian dan lainnya.

Selain menahan tersangka, polisi terpaksa melepaskan 12 orang dari dua kasus berbeda karena tidak cukup bukti. "Dua orang kita lepaskan dalam kasus menjual minuman keras, 10 orang karena menduduki gedung untuk menagih utang," kata dia.

Tercatat 22 kasus kriminal diungkap dalam aktivitas penegakan hukum ini. Delapan kasus di antaranya merupakan kasus yang menjadi prioritas alias target operasi. Sisanya 14 kasus, merupakan kasus non target operasi.

Mantan Kapolsek Metro Penjaringan ini melanjutkan, kasus kejahatan yang diungkap dalam operasi ini antara lain pemerasan 1 kasus, pencurian dengan kekerasan 3 kasus dan pencurian dengan pemberatan 9 kasus. Lalu pencurian kendaraan bermotor ada 4 kasus, kejahatan judi 2 kasus dan penggunaan senjata tajam 1 kasus. "Pemalsuan ada 1 kasus dan penipuan 1 kasus," tandasnya.

Sebagai barang bukti, polisi menyita uang tunai lebih dari Rp 21,7 juta, US$ 200 ribu dan US$ 300 ribu uang kadaluarsa. Lalu senjata tajam 2 bilah, kendaraan bermotor roda dua 3 unit dan kendaraan bermotor roda empat 2 unit. Kemudian 15 handphone, minuman keras 129 botol dan lainnya. "Termasuk barang bukti dari kasus pemalsuan buku catatan KIR," pungkasnya. (gms)

Baca Juga: 

Kapolda Metro Jaya Apresiasi TNI AL Gelar Mudik Gratis

Kapolda Metro Jaya Jamin Warga Ibu Kota Aman Selama Mudik

Antisipasi Kejahatan Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Rumah Kosong

#Operasi Ketupat
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan