42 KK Sempat Terisolasi Akibat Jembatan di Kediri Diterjang Banjir Bandang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 04 Januari 2022
42 KK Sempat Terisolasi Akibat Jembatan di Kediri Diterjang Banjir Bandang
Warga dibantu TNI dan Polri membersihkan jalur yang rusak akibat banjir bandang di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. ANTARA Jatim/ HO-BPBD Kabupaten Kediri

MerahPutih.com - Hujan deras yang melanda Kediri, Jawa Timur, menyebabkan musibah tanah longsor dan banjir bandang. Tanah longsor terjadi di Dusun Beru, Desa Blimbing, Kabupaten Kediri. Dua unit rumah di dusun itu mengalami kerusakan akibat tanah longsor.

Selain longsor, infrastruktur jembatan di Dusun Semoyo, Desa Blimbing, Kabupaten Kediri, rusak akibat terjangan derasnya banjir. Kondisi rusaknya jembatan sepanjang 8 meter ini, membuat ebanyak 42 kepala keluarga (KK) sempat terisolasi. Mereka tidak bisa melalui akses jembatan itu, sebab kondisinya membahayakan.

Baca Juga:

BNPB Catat 7,5 Juta Menderita Akibat Bencana Alam, Kemensos Siapkan Lumbung Sosial

"Saat ini pemasangan bronjong. Ini dilakukan agar kerusakan yang di area jembatan tidak semakin parah. Pemasangan ini juga sambil menunggu pembangunan jembatan oleh PUPR," kata Kepala Seksi Kedaruratan Bencana BPBD Kabupaten Kediri Johan Marasponda di Kediri, Selasa (4/1).

Ia memaparkan, sudah melakukan perbaikan jalur yang sempat terendam material tanah bercampur air akibat hujan deras pada Minggu (2/1) tersebut.

Tim BPBD Kabupaten Kediri dibantu oleh jajaran TNI/Polri serta warga setempat gotong royong sehingga perbaikan bisa segera selesai.

Baca Juga:

Penanganan Bencana Letusan Gunung Semeru Masuk Masa Pemulihan

"Proses perbaikan awalnya sempat terkendala karena medan yang sulit, sehingga alat berat tidak bisa masuk. Lokasinya yang di area perbukitan membuat jalur juga sulit untuk dilewati, sehingga proses perbaikan dilakukan manual," katanya.

Ia menegaskan, saat ini jembatan juga sudah bisa dilewati warga untuk sementera setelah dilakukan gotong-royong. Namun, warga juga tetap diimbau untuk berhati-hati mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sekarang sudah bisa dilewati. Jalan tertutup material juga sudah dibersihkan. Warga juga berhati-hati, karena saat ini curah hujan masih cukup tinggi." katanya dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Fenomena La Nina, Puan Minta Pemerintah Minimalisir Dampak Bencana Alam

#Bencana Alam #Banjir #Banjir Bandang #Kediri
Bagikan
Bagikan