40 Tahun Mangkrak, Akhirnya Jokowi Resmikan SPAM Umbulan Jatim

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 22 Maret 2021
40 Tahun Mangkrak, Akhirnya Jokowi Resmikan SPAM Umbulan Jatim
SPAM Umbulan. (Foto: Kementerian PUPR)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Jawa Timur (Jatim) guna melakukan kunjungan kerja sehari, Senin, (22/3). Setibanya di Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pendopo Delta Wibawa. Di tempat tersebut Presiden diagendakan untuk meninjau jalannya proses vaksinasi massal.

Dari Kabupaten Sidoarjo, Presiden kemudian akan menuju Kabupaten Pasuruan. Rencananya, Kepala Negara akan meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan yang berlokasi di Desa Sidepan Winongan, Kecamatan Winongan.

SPAM Umbulan ini diyakini menambah pasokan air bersih perpipaan pada 5 kota/kabupaten yakni di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

Baca Juga:

Pilih Air Minum dalam Kemasan yang Baik, ini Caranya

Sesuai dengan amanat Perpres 3 tahun 2016, SPAM Umbulan dengan rencana kapasitas sebesar 4.000 liter/ detik yang dapat melayani 310.000 sambungan rumah (SR) atau 1,3 juta orang, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017 melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah dengan PT. Meta Adhya Tirta Umbulan selaku pemenang lelang. Besarnya investasi Rp2,05 triliun dengan besaran dukungan kelayakan/ Viability Gap Fund (VGF) dari Pemerintah sebesar Rp818 miliar.

Sumber air baku SPAM Umbulan berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km dengan total 14 titik reservoir offtake. Pembangunan off take SPAM Umbulan sendiri dibagi menjadi tiga paket pekerjaan yakni offtake Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan sebanyak 5 titik di Winongan, Pohjentrek, Pleret, Bangil, Beji dan Gempol.

SPAM Umbulan
SPAM Umbulan. (Foto: Kementerian PUPR)

Pembangunan offtake pada lima titik tersebut telah rampung seluruhnya untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi 260.000 jiwa di sekitar wilayah tersebut.

Sedangkan sebanyak 7 titik offtake SPAM Umbulan terdapat di Kabupaten Sidoarjo yaitu offtake Porong, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan dan Waru.

Kementerian PUPR mengklaim pelayanan SPAM Umbulan diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih. (Knu)

Baca Juga:

KPK: Dua Pegawai BPK Kembalikan Uang Suap Proyek Air Minum Rp700 Juta

#Breaking #Air Minum #Jokowi #Kementerian PUPR
Bagikan
Bagikan