Sains
40 Persen Tanaman dan Fungi Dunia Terancam Punah Punahnya tanaman dan fungi berarti kepunahan bagi organisme yang bergantung pada tanaman. (Foto: unsplash/sandym10)

BUKAN hanya hewan, tanaman juga terancam punah. Menurut penelitian yang melibatkan 200 ilmuwan dari 42 negara, dua perlima tanaman dunia terancam punah akibat kehancuran alam. Bahkan, banyak dari tanaman tersebut belum sempat dinamakan oleh para ilmuwan.

"Kita saat ini hidup di era kepunahan, ini sangat mengkhawatirkan dan memiliki kebutuhan mendesak untuk tindakan," ucap Alexandre Antonelli, direktur sains di Royal Botanic Gardens (RBG) kepada BBC.

Baca juga:

Peti Mati Ini 'Hidup' untuk Lingkungan

Jangan dianggap sepele, tanaman-tanaman tersebut adalah "peti harta karun" makanan, obat-obatan, dan biofuel yang belum dimanfaatkan. Tanaman-tanaman juga dapat mengatasi banyak tantangan terbesar umat manusia.

Menurut The Guardian, laporan tersebut menyatakan tanaman-tanaman tersebut berpotensi untuk menjadi pengobatan untuk virus corona dan mikroba pandemi lainnya.

Dua perlima tanaman dan fungi di dunia terancam punah. (twitter/@kewgardens)

Seperti penemuan 4.000 spesies tanaman dan fungi pada 2019. Saat itu ditemukan enam spesies Allium di Eropa dan Tiongkok, kelompok yang sama dengan bawang merah dan bawang putih, 10 kerabat bayam di California dan dua kerabat liar ubi kayu.

Antonelli menegaskan manusia tidak akan bisa bertahan tanpa tumbuhan dan fungi, semua kehidupan bergantung pada mereka. "Setiap kita kehilangan satu spesies, kita kehilangan sebuah kesempatan untuk umat manusia," ujarnya.

Baca juga:

Mulai Beralih Pada Sabun Organik yang Ramah Lingkungan

Tidak hanya berdampak pada manusia, jika tanaman punah, akan mengakibatkan kepunahan organisme, yang bergantung pada tanaman untuk makanan dan bertelur.

"Intinya, kepunahan tanaman adalah kabar buruk bagi semua spesies di dunia," ucap Eimear Nic Lughadha, ilmuwan konservasi di Royal Botanic Gardens, Kew, dikutip dari BBC.

Sebelumnya, perkiraan risiko kepunahan sebanyak 21 persen pada 2016. Namun kali ini para ilmuwan memperkirakan risiko kepunahan mungkin jauh lebih tinggi, yaitu 140.000, atau 39,4% tanaman vaskular diperkirakan terancam punah.

#3 Demi kebaikan spesies di dunia, konservasi tanaman dan fungi penting. (unsplash @pedrohonn)

Walau begitu, ada kabar baik dari kesuraman ini. Para peneliti menemukan lebih dari 7.000 spesies tanaman yang dapat dimakan dan digunakan di masa depan untuk mengamankan sistem pangan kita.

Makanan tersebut termasuk kacang morama dari Afrika Selatan yang tahan kekeringan. Kacang ini rasanya seperti kacang mete saat dipanggang. Lalu ada spesies buah pandan yang tumbuh dari Hawaii hingga Filipina.

Ditambah lagi, ada sekitar 2.500 tanaman yang dapat memberikan energi bagi jutaan orang di seluruh dunia. Sementara ada enam tanaman, jagung, tebu, kedelai, minyak sawit, lobak, dan gandum yang menghasilkan sebagian besar bahan bakar nabati.

Tanpa tindakan yang baik, penemuan ini akan sia-sia. Ilmuwan menyerukan agar penilaian risiko dilacak dengan cepat dan menggunakan teknologi seperti kecerdasan buatan. Mereka juga berharap akan selalu ada dana untuk konservasi tanaman. (lev)

Baca juga:

Setengah Juta Hiu Terancam Dibunuh Demi Vaksin COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jangan Nyerah, Mudah Kok Jadi Podcaster yang Asyik
Fun
Jangan Nyerah, Mudah Kok Jadi Podcaster yang Asyik

Belum terlambat untuk eksis jadi podcaster.

Detektif Conan akan Hadir Dalam Gim Identity V
ShowBiz
Detektif Conan akan Hadir Dalam Gim Identity V

Identity V merupakan gim mobile yang mirip dengan gim PC Dead by Daylight.

Windows XP Ternyata Punya Tema Mirip Tampilan Mac, Sudah Coba?
Hiburan & Gaya Hidup
Windows XP Ternyata Punya Tema Mirip Tampilan Mac, Sudah Coba?

Meskipun temanya tidak lengkap, tombol Star Windows XP dan berbagai tombol lainnya jelas mirip dengan tema Aqua milik Apple

Huawei Bantu Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Huawei Bantu Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia

Krisis global akibat pandemi telah memperkuat upaya dan keseriusan Huawei dalam mengembangkan teknologi-teknologi mutakhirnya serta mengontribusikannya sebagai solusi untuk mempercepat pemulihan kondisi berbagai sektor di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia

'F9', Masalah Keluarga yang Belum Selesai
ShowBiz
'F9', Masalah Keluarga yang Belum Selesai

F9 akan menghadirkan masa lalu dari karakter utama seri Fast and Furious.

5 Destinasi Wisata di Filipina yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi
Fun
Latvia Perkenalkan Vending Machine Tes COVID-19 Pertama di Dunia
Fun
Latvia Perkenalkan Vending Machine Tes COVID-19 Pertama di Dunia

Sebuah mesin penjual otomatis yang dapat menerima tes virus COVID-19 telah dipasang di luar rumah sakit Pauls Stradins Clinical University.

Harga Tiket dan Jadwal KRL Solo Yogyakarta
Fun
Langkah Awal Kenali Keindahan Alam Lewat Hobi Terrarium
Fun
‘Stand by Me Doraemon 2’ Siap Tayang Februari 2021
ShowBiz
‘Stand by Me Doraemon 2’ Siap Tayang Februari 2021

Stand by Me Doraemon 2 dipastikan akan tayang pada Februari 2021 di bioskop Tanah Air.