4 Wisata Malam Jakarta, Tempat Asyik Melepas Lelah Usai Bekerja Bundaran HI (Sumber: Instagram/richocolateboy)

SUASANA malam di Jakarta memang memiliki daya tariknya sendiri. Selain aktivitas jalan raya yang mulai sepi, gemerlap lampu warna di setiap sudut kota memberikan sensasi berbeda dibandingkan berjalan di siang hari. Terutama bagi mereka yang datang dari luar daerah.

Ada banyak tempat yang bisa dinikmati keindahannya di malam hari. Bahkan dengan sepinya jalan raya, kamu dapat mengunjungi lebih dari satu lokasi. Dengan suasana malam Jakarta yang khas, mengambil gambar kenang-kenangan dengan spot menarik atau sekadar berleha-leha di sana bisa menjadi aktivitas seru.

1. Bundaran HI

Bundaran HI (Sumber: Instagram/richocolateboy
Bundaran HI (Sumber: Instagram/richocolateboy)

Berada di tengah kota Jakarta, Bundaran HI adalah satu di antara objek wisata malam ibu kota yang wajib dikunjungi. Pancaran lampu warna warni yang tak bisa ditemukan saat siang membuat tempat ini semakin cantik.

Kamu bisa menghabiskan waktu hingga dini hari demi menghilangkan penat usai bekerja. Seperti yang dilakukan Ramadhan, warga asal Makassar yang berstatus pekerja swasta. "Saya dan kawan-kawan wajib datang ke bundaran HI, walaupun hanya minum kopi atau foto bersama," katanya seperti dilansir Antaranews.com.

2. Monas

Monas (Sumber: Instagram/billywidjaja's profile picture billywidjaja)
Monas (Sumber: Instagram/billywidjaja's profile picture billywidjaja)

Tugu Monumen Nasional (Monas) memang sangat identik dengan kota Jakarta. Selain memiliki tugu setinggi 132 meter itu bertungkup emas, Monas juga punya tempat untuk menikmati keindahan malam Jakarta. Misalnya Dewi, pegawai negeri sipil (PNS) asal Aceh, mengaku setia mengunjungi Monas jika ada kunjungan kerja.

Baginya mengunjungi Monas bukan hanya sekadar untuk berbelanja atau menikmati suasana malam Jakarta. Lebih dari itu ada nilai sejarah yang terkandung di dalam bangukan ikonik itu. "Sejarah mencatat, jika penyumbang emas di puncak Monas adalah masyarakat Aceh dan itu harus diingat," tuturnya.

3. Kota Tua

Suasana malam hari di Kota Tua, Jakarta. (ANTARANEWS/FAUZI LAMBOKA)
Suasana malam hari di Kota Tua, Jakarta. (ANTARANEWS/FAUZI LAMBOKA)

Selain Monas, Kota Tua juga menjadi ikon Jakarta. Keramaian tempat ini di malam hari tidak kalah dari siang hari. Tak ada batasan usia, anak-anak, remaja dan orang tua bisa menikmati malam di kompleks bangunan Belanda tersebut.

Di sana ada beragam hiburan yang bisa kamu nikmati. Terdapat pula sederet kuliner kaki lima untuk mengobati rasa lapar setelah lelah berjalan-jalan. "Lumayan seru, bisa juga swafoto untuk diunggah di media sosial," ucap Hasrul, PNS asal Sulawesi Tengah yang sedang di Jakarta demi urusan kedinasan.

4. Kuliner Jalan Sabang

Suasana malam hari di kawasan kuliner Jalan Sabang, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019) (ANTARANEWS/FAUZI LAMBOKA)
Suasana malam hari di kawasan kuliner Jalan Sabang, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019) (ANTARANEWS/FAUZI LAMBOKA)

Di dekat Monas ada daerah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat malam. Di jalan Sabang kamu bisa berburu kuliner mulai dari nasi goreng, soto ayam, sate, hingga kuliner serba hasil laut. Sejak dulu Jalan Sabang memang terkenal sebagai tempat asyik untuk berburu berbagai macam makanan.

“Tidak lengkap rasanya di Jakarta, kalau tidak singgah makan di Jalan Sabang,” kata Nurul, mahasiswi asal Kalimantan. Ia mengaku lokasinya yang dekat dengan Monas membuat Jalan Sabang layak dikunjungi setelah lelah berkeliling Monas.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH