4 Tips yang Harus Kamu Ingat ketika Gempa Disusul Peringatan Tsunami Jalur evakuasi tsunami. (Foto: Pixabay/scym)

GEMPA bumi 7,4 SR berpusat di Pandeglang, Banten, membuat banyak orang panik. Gempa terasa sangat besar hingga ke Jakarta dan Jawa Barat. Tak hanya itu, bagian pesisir selatan wilayah Banten juga diminta waspada dan menghindari pantai karena gempa berpotensi tsunami.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui langkah tepat saat terjebak dalam bencana tsunami. Seperti dilansir National Geographic, berikut ini 4 cara paling tepat saat kita menghadapi tsunami.

Baca Juga: Gempa 7,4 Skala Richter Guncang Banten Berpotensi Tsunami


1. Tetap waspada

Hal pertama ketika ada peringatan tsunami yaitu tetap waspada. (Foto: Pixabay/EliasSch)
Hal pertama ketika ada peringatan tsunami yaitu tetap waspada. (Foto: Pixabay/EliasSch)

Saat kamu sedang berada di daerah pesisir, kamu harus tetap waspada terhadap peringatan tsunami. Pelajari sistem peringatan lokal. Rencanakan rute evakuasi yang mengarah ke tempat lebih tinggi.

2. Pelajari tanda-tanda tsunami

Hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa memprediski datangnya tsunami. Jadi saat mendapatkan informasi kalau di daerah tertentu akan dilanda bencana tersebut jangan dipercaya begitu saja. Tapi kamu bisa mempelajari tanda-tanda terjadinya stunami seperti gempa besar di pesisir laut dan surutnya air laut secara tiba-tiba.


3. Jangan panik

Jangan panik ketika ada peringatan tsunami. (Foto: Pixabay/WikiImages)
Jangan panik ketika ada peringatan tsunami. (Foto: Pixabay/WikiImages)

Ini yang paling penting. Ketika panik, kamu akan bingung apa yang harus dilakukan. Jadi usahakan tetap tenang dalam kondisi apapun. Lebih baik mencari titik evakuasi paling aman.


4. Jangan kembali ke pantai

Setelah tsunami selesai, jangan kembali ke daerah pesisir sampai pihak berwenang mengatakan aman. Karena biasanya saat terjadi gempa, akan ada gempa susulan meski intensitasnya lebih kecil. (*)

Baca Juga: BMKG: Masyarakat di Seputaran Titik Gempa Segera Jauhi Pantai


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH