4 Tips saat Menghadapi Tsunami Ilustrasi tsunami (Pixabay/WikiImages)

HARUS diakui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat rawan terhadap tsunami. Hal itu disebabkan negara kita dilalui oleh tiga lempengan teknonik, yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Belum lama ini, Indonesia sedang dilanda kesedihan mendalam. Pada Jumat (28/9) gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Sebanyak 844 orang meninggal dunia, 90 hilang, 632 luka berat dan 48.025 orang mengungsi.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui langkah tepat saat terjebak dalam bencana tsunami. Seperti dilansir National Geographic, berikut ini 4 cara paling tepat saat kita menghadapi tsunami.

1. Tetap waspada

Kamu harus tetap waspada terjadi tsunami (Pixabay/scym)
Kamu harus tetap waspada terjadi tsunami (Pixabay/scym)

Saat kamu sedang berada di daerah pesisir, kamu harus tetap waspada terhadap peringatan tsunami. Pelajari sistem peringatan lokal. Rencanakan rute evakuasi yang mengarah ke tempat lebih tinggi.

2. Pelajari tanda-tanda tsunami

Pelajari tanda-tandanya (Pixabay/photo-graphe)
Pelajari tanda-tandanya (Pixabay/photo-graphe)

Hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa memprediski datangnya tsunami. Jadi saat mendapatkan informasi kalau di daerah tertentu akan dilanda bencana tersebut jangan dipercaya begitu saja. Tapi kamu bisa mempelajari tanda-tanda terjadinya stunami seperti gempa besar di pesisir laut dan surutnya air laut secara tiba-tiba.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH