4 Tips Penting untuk Kembali ke Pola Hidup Normal Pasca Puasa Ramadan Pasca bulan puasa, pola hidup akan kembali seperti semula (Foto: StockSnap)

SETELAH menjalani satu bulan dengan pola hidup yang berbeda dari biasanya, kini bulan Ramadan telah berakhir dan sudah saatnya kita kembali ke rutinitas sehari-hari. Menurut ahli gizi, untuk mencegah tubuh merasa kaget, pola hidup, banyaknya konsumsi air putih, nutrisi serta olahraga merupakan empat kunci untuk bisa mengembalikan pola hidup kamu.

1. Pola tidur

4 Tips Penting untuk Kembali ke Pola Hidup Normal Pasca Puasa Ramadan
Kembalikan pola tidur normsl dengan cara ini. (Foto: pixabay/pexels)

Jika kamu tidur ketika subuh sehabis sahur, cobalah untuk mundurkan waktu tidurmu satu jam per satu jam sampai kamu meraih jam tidur normal kamu yaitu antara pukul sembilan atau sepuluh malam.

Selain itu, cobalah untuk menghindari konsumsi kafein empat sampai enam jam sebelum tidur dan konsumsi makan malam dua sampai tiga jam sebelum tidur.

Jika kamu kesulitan tidur, cobalah untuk mandi air hangat dan meminum teh herbal dengan sesendok madu sebelum tidur. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan probiotik seperti yogurt untuk mengisi ulang bakteri baik dalam usus.

2. Pola makan dan puasa

4 Tips Penting untuk Kembali ke Pola Hidup Normal Pasca Puasa Ramadan
Tetap berpuasa dengan jendela dikurangi untuk menjaga kesehatan. (Foto: pixabay/stevepb)

Puasa merupakan kegiatan yang sehat bagi tubuh. Jika kamu berminat untuk melanjutkan puasa, maka kamu bisa melanjutkan puasa dengan jendela makan yang lebih kecil.

Penelitian yang dilakukan gulfnews.com mengatakan bahwa puasa yang diiringi dengan tidur yang cukup bisa meningkatkan kesehatan usus, meredakan stress, serta menjaga kekebalan tubuh.

3. Mengatasi rasa lapar menjelang sahur

4 Tips Penting untuk Kembali ke Pola Hidup Normal Pasca Puasa Ramadan
Yogurt bisa menjaga keseimbangan usus. (Foto: pixabay/ponce_photography)

Agar tubuhmu tidak kaget, kamu bisa mengonsumsi makanan ringan untuk tiga sampai lima hari setelah lebaran. Kamu bisa mencoba dua sampai tiga sendok teh oatmeal yang ditambahkan susu low-fat dan kacang almond pada dini hari. Atau kamu juga bisa mengonsumsi sebuah pisang atau pir serta yogurt.

Ketika menjalani hari keempat dan ketujuh setelah lebaran, kamu bisa minum teh herbal dan biskuit atau roti panggang. Atau kamu bisa menggantinya hanya dengan segelas susu almond atau susu kacang kedelai.



4. Rencana pola makan alternatif

4 Tips Penting untuk Kembali ke Pola Hidup Normal Pasca Puasa Ramadan
Alpukat bisa menjadi bekal energi. (Foto: pixabay/coyot)

Kamu bisa mengikuti rencana aturan makan dibawah ini juga agar tubuhmu bisa beradaptasi dengan baik.Pada pagi hari, konsumsi telur, alpukat, dan kacang-kacangan untuk menambah energi.

Hindari makanan olahan atau jus buah dan hindari minum kopi sambil makan. Pilihan menu yang bisa kamu biat adalah roti panggang dengan alpukat atau omelet sayur dengan satu buah buah apa saja.

Untuk makan siang, direkomendasikan untuk tetap berpuasa selama tiga sampai lima hari setelah lebaran. Kemudian lanjutkan dengan mengonsumsi porsi kecil dari sayur dan sup daging dan kentang panggang.

Cobalah makan malam dua atau tiga jam sebelum tidur dengan sup labu, brokoli, jamur, dan ayam atau fish fillet dengan salad. Kamu juga bisa mencoba tahu dan membuat pasta rumahan dengan bahan-bahan rendah kalori. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH