4 Tips Pencegah Mabuk Perjalanan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 22 Juni 2017
4 Tips Pencegah Mabuk Perjalanan
Jika merasa mabuk selama di perjalanan, Anda sebaiknya mencari udara segar. (Foto: pixabay)

Lebaran hanya tinggal menunggu beberapa hari saja. Hampir setiap orang mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Agar mudik lancar, tak hanya performa kendaraan yang harus disiapkan. Kebugaran tubuh Anda pun perlu diperhatikan.

Bagi Anda yang biasa mabuk selama di perjalanan, berikut tips mencegahnya.

1. Jangan biarkan perut kosong

Sangat penting bagi Anda untuk mengisi perut sebelum mudik. Konsumsi makanan yang cukup agar Anda tidak mabuk di jalan. Kondisi perut yang kosong, akan merangsang rasa mual karena akan memproduksi asam yang berlebihan. Hindari juga mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi, karena kandungan lemak menjadi salah satu penyebab rasa mual. Tapi jangan lupa, berhentilah makan satu jam sebelum keberangkatan.

2. Tentukan posisi duduk yang nyaman

Posisi duduk juga menjadi salah satu penyebab Anda mabuk. Misalnya jika Anda duduk terlalu tegang saat di mobil. Tentukan posisi duduk Anda senyaman mungkin, agar pikiran Anda pun akan santai dan jauh dari rasa mabuk. Untuk menambah kenyamanan selama di perjalanan, Anda dapat menggunakan bantal leher atau bantal penyangga punggung. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari rasa pegal.

3. Hirup udara segar

Sebagian orang ada yang tidak bisa mencium aroma parfum mobil atau penyejuk udara untuk jangka waktu yang lama. Sehingga bisa membuat mabuk dalam perjalanan. Jika hal ini terjadi pada Anda, hirup udara segar dari luar agar sistem pernapasan membaik. Matikan penyejuk udara dan buka jendela mobil Anda selama beberapa menit.

4. Konsumsi buah di perjalanan

Buah mengandung banyak air untuk mengatasi rasa dahaga. Serat pada buah juga membantu untuk mengenyangkan perut. Dengan demikian, buah juga bisa membantu agar perut Anda tetap terisi, dan tidak membuat Anda mabuk. Jeruk bisa menjadi obat anti mabuk yang ampuh.

Baca juga artikel mengenai 6 Tips Mudik Dengan Mobil

#Tips #Mudik #Mabuk Perjalanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan