Empat Tips Mudah untuk Kembangkan Diri di 2022 Kenali beberapa hal mudah untuk mengembangkan diri di 2022(Foto: pixabay/geralt)

DALAM mengawali tahun baru 2022, sejumlah orang membuat resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya agar terus berkembang.

Tapi, sejumlah orang terlalu fokus pada rencana besar, hingga melupakan hal-hal sederhana yang sebetulnya bisa membawa manfaat besar. Hal tersebut mengakibatkan rencana resolusi tahun baru menjadi terasa berat.

Baca Juga:

Nilai Pendidikan Akademis di Mata Nicholas Saputra

Karena itu, seperti yang dikutip dari laman Antara, ShopeePay mengajak masyarakat untuk lebih peka dengan empat hal mudah agar dapat menuai manfaat di masa depan.

Maksimalkan platform untuk self-development (Foto: pixabay/startupstockphotos)

Pertama, yakni memaksimalkan internet serta platform yang kamu miliki untuk self-development. Memiliki semangat belajar merupakan suatu kewajiban untuk pengembangan diri. Kamu bisa memaksimalkan internet serta platform online yang selalu ada di genggaman tanganmu untuk sarana edukasi.

Kendati tampak sederhana, tapi hal itu dapat menjadi jendela pengetahuan kita di masa kini. Ada sejumlah topik menarik yang bisa kamu pelajari dengan mudah, guna mendukung pengembangan diri. Dari mulai perencanaan finansial, bahasa asing, teknik bercocok tanam dan sebagainya.

Kemudian, ada juga sejumlah akun di media sosial yang menggelar webinar tentang ilmu spesifik dari pembicara yang berpengalaman. Hal itu bisa berguna untuk memperluas serta memperdalam pengetahuan baru pada sela-sela aktivitasmu.

Hal mudah yang kedua untuk mengembangkan diri yakni kreasikan barang yang tidak terpakai. Resolusi tahun baru yang cukup populer yakni membereskan rumah untuk suasana yang lebih fresh. Caranya, kamu bisa memulai dari area kamar dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Kemudian, lihat kembali barang-barang yang ada di sekitarmu dan pilih barang-barang yang sudah tak terpakai lagi. Kamu bisa mengasah kreativitas, dengan cara mendaur ulang barang-barang itu, hingga kembali memiliki nilai guna.

Seperti halnya botol yang sudah tidak terpakai, bisa kamu ubah menjadi tempat pensil, tempat penyimpanan perhiasan, serta pot tanaman. Apabila kamu terampil dalam mengerjakannya, kegiatan tersebut bisa mengurangi pencemaran lingkungan, serta bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

Kembangkan diri menjadi lebih kreatif (Foto: pixabay/stocksnap)

Hal mudah ketiga untuk mengembangkan diri, yakni melihat hal menarik yang bisa menjadi ide hobi baru. Situasi pandemi yang hampir dua tahun, membuat banyak orang lebih kreatif untuk memulai hobi baru, dengan memanfaatkan hal yang ada di sekitar.

Dalam hal ini tak hanya sebagai hiburan. Menjalankan hobi bisa memberikan dampak positif, seperti menjadi lebih disiplin, mengasah kreativitas, dan menyeimbangkan pola hidup, agar bisa bersantai sejenak di tengah aktivitas yang padat.

Baca Juga:

Selain Menambah Pengetahuan, Ini Manfaat Mengejutkan dari Membaca

Apabila kamu tertarik memasak, kamu bisa mencoba kreasi resep baru dengan memanfaatkan sejumlah bahan yang ada di kulkas. Kemudian, bila memiliki resolusi rajin membaca buku, kamu bisa berkunjung ke kedai kopi untuk membaca buku dengan lebih santai dan fokus.

Hal mudah keempat untuk pengembangan diri, yaitu eksplorasi hal menarik atau makanan baru di sekitar kamu. Seperti halnya lihatlah lingkungan sekitarmu. Mungkin kamu bisa menemukan kafe menarik yang belum pernah kamu coba.

Dengan begitu, kamu bisa mencicipi jajanan baru, membeli barang-barang anti-mainstream, hingga mendukung UMKM lokal. Dalam hal ini, kamu tak perlu repot. Kamu bisa menemukan merchant baru dengan mudah lewat fitur keuangan digital. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sejumlah promo dari merchant-merchant favorit di sekitar kamu agar lebih hemat. Jadi, kamu bisa mengalokasikan sisa budget bulanan untuk kebutuhan lainnya. (ryn)

Baca Juga:

Cara Baru Membaca, Membantu Siswa Menghafal 100.000 Kata dalam 5 Menit

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Xiaomi akan Hadirkan Ponsel dengan Kamera 192 Megapiksel
Fun
Xiaomi akan Hadirkan Ponsel dengan Kamera 192 Megapiksel

Xiaomi dikabarkan akan menghadirkan sebuah ponsel canggih dengan kamera 192 megapiksel

'Squid Game' Bantu Hidupkan Kembali Kafe Indonesia Ini
Fun
'Squid Game' Bantu Hidupkan Kembali Kafe Indonesia Ini

Ngafe sambil main game ala Squid Game.

4 Fakta Pernikahan Ifan Seventeen dengan Citra Monica
ShowBiz
4 Fakta Pernikahan Ifan Seventeen dengan Citra Monica

Ifan dan Citra resmi menjadi pasangan suami istri.

Dracula Simia, Anggrek  dengan Wajah Monyet
Hiburan & Gaya Hidup
Dracula Simia, Anggrek dengan Wajah Monyet

Mimikri tanaman angrek ini menarik lalat agas jamur.

Psikolog Ungkap Bahayanya Konten Dewasa Bagi Anak
Fun
Psikolog Ungkap Bahayanya Konten Dewasa Bagi Anak

Jauhkan konten dewasa dari anak.

Bijak Memilih 'Self Reward' Agar Tidak Rugi
Fun
Bijak Memilih 'Self Reward' Agar Tidak Rugi

Psikolog klinis Inez Kristanti, M.Psi., mengingatkan untuk selalu bersikap baik setiap kali memilih bentuk self reward, agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain

Leading Lady K-Drama dengan Outfit Paling Modis
ShowBiz
Leading Lady K-Drama dengan Outfit Paling Modis

Rasanya pengin pinjem baju mereka deh.

Perampokan Bersenjata di Lokasi Syuting 'Lupin', Tujuh Orang Ditangkap
ShowBiz
Perampokan Bersenjata di Lokasi Syuting 'Lupin', Tujuh Orang Ditangkap

Para perampok mencuri peralatan senilai lebih dari 300.000 euro atau sekitar Rp 4.750.862.000.

Masih Sensitif dan Belum Terbentuk Sempurna, Ini Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir
Fun
Masih Sensitif dan Belum Terbentuk Sempurna, Ini Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Perawatan yang baik bagi bayi baru lahir akan menjadi landasan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya.

'One Piece Film: Red' Perkenalkan Uta sebagai Putri Kandung Red-Haired Shanks
Fun
'One Piece Film: Red' Perkenalkan Uta sebagai Putri Kandung Red-Haired Shanks

Tak ada yang menduga Uta adalah anak Red-Haired Shanks.