4 Tips Menjaga Kesehatan Mata

MerahPutih Kesehatan - Setiap orang pastinya ingin matanya selalu sehat dan tetap dapat melihat secara normal tanpa kendala. Karena mata merupakan salah satu panca indra yang paling penting dan merupakan karunia dari tuhan yang paling berharga. Bayangkan saja jika mata anda mengalami masalah hingga menjadi benar-benar buta, maka anda pun tak dapat lagi melihat indahnya dunia dan melihat wajah orang-orang yang anda cintai. Tak hanya itu jika penglihatan anda rusak juga anda tak akan dapat melihat wajah teman teman baru dan keluarga baru. Seiring dengan berjalannya waktu dan pertambahan usia, mata manusia menjadi lebih rentan terhadap penyakit mata degeneratif seperti degenerasi makula, glaukoma dan katarak. Namun anda jangan takut akan hal itu, karena ada banyak cara untuk melindungi kesehatan mata anda sehingga anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit mata tersebut. berikut ini adalah 4 tips untuk menjaga kesehatan mata anda :

1. Periksa Kesehatan Mata Secara rutin

Mungkin bagi sebagian orang terkadang sangat malas ataupun menunda-nunda untuk mengunjungi toko kacamata untuk mengecek kesehatan mata, padahal itu merupakan hal penting yang perlu dilakukan minimal sekali dalam setiap tahunnya demi terjaganya kesehatan mata anda.

2. Mensiasati Penggunaan Komputer

Dizaman modern ini ribuan atau bahkan jutaan orang telah menggunakan komputer, laptop dan gadget sejenis lainnya. Dari mulai pekerja yang selalu berada di depan komputer maupun anak-anak yang hobi bermain game online. Menghabiskan waktu yang lama dalam menatap layar komputer itu tidak baik untuk kesehatan mata anda. terlebih lagi jika anda menatap layar komputer yang sangat terang dapat merusak mata anda dari waktu ke waktu.  tips yang perlu dilakukan yaitu, anda harus pintar-pintar mengatur kecerahan layar, karena layar yang sangat cerah akan berbahaya bagi kesehatan mata anda. lalu tips lainnya yaitu anda harus berpaling dari layar secara berkala, sementara anda menjauh dari layar anda, anda menutup manda anda selama satu menit atau lebih. Dan juga jangan gunakan komputer anda selama lebih dari satu jam tanpa mengambil istirahat sepuluh menit untuk mengistirahatkan mata anda. gunakanlah sepuluh menit tersebut untuk pergi ke kamar kecil, minum air mineral ataupun hanya meregangkan kaki anda.

3. Faktor Lingkungan

Cahaya yang sangat terang  memang dapat membahayakan mata anda. namun ada cara untuk menimalisir kerusakan. Ketika anda ingin pergi keluar pada siang atau sore hari, pastikan anda melindungi mata anda dengan kacamata hitam yang memiliki perlindungan UVA dan UVB. Dan tips selanjutnya yaitu ketika anda berada dirumah, gunakanlah lampu dan pencahayaan redup. Cobalah untuk tak menggunakan lampu neon terang secara berlebihan di rumah anda.

4. Perhatikan Nutrisi

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur dan mengendalikan mata dari cahaya di lingkungan merupakan awal yang sangat baik untuk mempertahankan kesehatan mata. Namun, jika anda memakan makanan yang salah, kesehatan mata anda mungkin akan terganggu. Tipsnya yaitu jika anda ingin memiliki mata yang sehat, anda harus memastikan bahwa anda makan makanan yang bergizi seimbang. tak hanya itu, olahraga yang teratur juga merupakan hal yang harus dilakukan bagi kesehatan mata. Karena penyakit seperti obesitas, diabetes dan hipertensi dapat melakukan kerusakan permanan pada mata anda. bicara soal nutrisi yang baik bagi mata, tentunya ada vitamin yang dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, yaitu Vitamin A,B,C, dan E. Selain itu Omega 3, minyak ikan, selenium, bilberry dan lutein juga baik untuk kesehatan mata anda. nah jika anda termasuk orang yang sibuk atau tipikal orang simpel dapat mengganti vitamin dan mineral tersebut dengan membeli suplemen yang mengandung keduanya.

 

 


Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH