4 Tips Menghindari Pertengkaran dengan Pasangan karena 'Self Quarantine' Keseringan bersama membuatmu sering bertengkar? Ini tipsnya (Foto: pixabay/milivanily)

COVID-19 membuat kita wajib untuk mengisolasi diri di rumah atau melakukan self quarantine. Sebagian dari kita mungkin merasa senang dan nyaman karena tidak harus bangun pagi dan menghadapi macetnya jalanan untuk bekerja. Namun, agaknya bagi beberapa pasangan terlalu lama di rumah tidak senyaman itu.

Kejenuhan dan kecemasan dapat terjadi lantaran terus menerus berada di rumah. Hubungan dengan pasangan bisa jadi tegang. Terlebih kerjaan yang dibawa ke rumah menumpuk.

Baca juga:

4 Pelajaran Soal Cinta dari Saran Geenie di Film Terbaru Aladdin

Jangan sampai bertengkar gara-gara jenuh melakukan self quarantine. Psychology Today mengungkapkan empat cara menghindari pertengkaran dengan pasangan selama mengisolasi diri di rumah, misalnya:

1. Jangan parnoan

Jangan terlalu cemas dan mendiagnosa diri sendiri. (Foto: pixabay/life-of-pix)
Jangan terlalu cemas dan mendiagnosa diri sendiri (Foto: pixabay/life-of-pix)

Ketika pandemi Corona, wajar kamu kepikiran jika merasa tidak fit, flu, batuk, atau demam. Meskipun begitu, kecemasan yang berlebihan bisa menular ke keluarga, sehingga suasana dirumah akan kurang nyaman.

Cemas atau stres adalah hal yang wajar, namun coba untuk tenang dan hindari mendiagnosa diri sendiri. Tidak perlu merasa parno. Jika memang merasakan ciri-ciri dari COVID-19, lebih baik pergi ke rumah sakit terdekat bersama dia.

Baca juga:

Fakta Tentang Gangguan Kepribadian Narsisistik

2. Jadilah pendengar yang baik

Jadilah pendengar yang baik dan berikan empati kepada pasangan yang sedang cemas. (Foto: pixabay/StockSnap)
Jadilah pendengar yang baik dan berikan empati kepada pasangan yang sedang cemas (Foto: pixabay/StockSnap)

Ketika orang yang kita pedulikan sedih atau cemas, tentu kita akan berusaha membuat mereka agar merasa lebih baik. Namun, di tengah pandemi Corona, sebisa mungkin hindari attitude yang seolah ingin memperbaiki keadaan. Soalnya tidak ada yang bisa kita perbuat selain menunggu para ahli medis bertindak. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Dengarkan keluh kesah pasanganmu dan berikan rasa empati.

Baca juga:

Waspada Gaslighting, Taktik manipulatif untuk Memutarbalikkan Fakta

3. Habiskan waktu bersenang-senang bersama

Jadikan kesempatan untuk mendekatkan diri dengan pasangan (Foto: Pixabay/Brokoola)

Lakukan hal yang menyenangkan bersama-sama seperti menonton film, bermain game, dan saling bercerita. Ambil sisi positifnya, dan gunakan waktu untuk mendekatkan diri kepada keluarga atau pasangan.

Baca juga:

Hati-hati! Ini 5 Teknik yang Biasa Digunakan Para Gaslighter Untuk Memanipulasimu!

4. Sediakan waktu masing-masing

Waktu sendirian juga penting. (Foto pixabay/tookapic)
Waktu sendirian juga penting (Foto: pixabay/tookapic)

Selalu bersama tentunya membuat kita jenuh. Karena harus mengisolasi diri di rumah, selalu bertemu rasanya membuat kita bosan dan bisa menjadi kesal sendiri.

Kita semua butuh untuk menyeimbangkan waktu bersama dan sendiri. Jadi tentukan waktu dalam sehari untukmu melakukan kegiatan yang kamu sukai tanpanya. (shn)

Baca juga:

4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu!

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH