Kesehatan

4 Tips Buat Kamu Si Overthinking

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 12 November 2020
4 Tips Buat Kamu Si Overthinking
Overthinking memiliki dampak positif dan negatif. (Foto: Unsplash/Anthony Tran)

OVERTHINKING, salah satu kata yang sering muncul di kalangan anak muda. Entah karena pasangan, pekerjaan, keuangan, mimpi di masa depan, atau bahkan diri sendiri.

Di satu sisi ovethinking bisa dianggap baik, artinya kamu memikirkan segala kemungkinan yang terjadi. Tapi di sisi lain, overthinking juga bisa merugikanmu lho.

Selain waktu yang terbuang, energimu juga terkuras dan hal ini juga mencegahmu untuk melakukan banyak hal. Terlalu banyak memikirkan satu hal juga dapat membuatmu terlalu khawatir.

Pada akhirnya, overthinking dapat menyebabkan kecemasan dan kehilangan kedamaian. Mengutip laman Hellosehat, berikut empat tips untuk mengatasi overthinking.

Baca juga:

Kamu Merasa Sering 'Overthinking'? Tiga Pertanyaan ini Akan Membantumu

1. Tulis apa yang kamu pikirkan

Buat Kamu yang Sering Overthinking
Tuangkan semuanya dalam bentuk tulisan. (Foto: Unsplash/Nils Stahl)

Jika hanya kamu pikirkan terus, pikiran akan jadi tambah banyak. Jadi, apa salahnya jika kamu mencoba untuk menuliskan segala sesuatu yang terus menghantui pikiranmu. Ini akan banyak membantu dan meringankan beban pikiranmu.

Percaya atau tidak, dengan menulis masalah atau langkah apa yang kamu mau ambil, siapa tahu kamu akan menemukan solusi atau pilihannya. Menulis setiap pikiran sebelum tidur mungkin adalah ide yang baik. Tidurmu jadi lebih nyenyak.

2. Lakukan hal positif

Buat Kamu yang Sering Overthinking
Berolahraga bisa jadi salah satu pilihannya. (Foto: Unsplash/Vince Flaming)

Pikiranmu perlu istirahat dari sesuatu yang menyita energi dan waktu. Kamu mungkin perlu untuk melakukan hobi yang menyenangkan diirmu.

Seperti bermain musik, membaca buku, nonton film, olahraga, atau kumpul sama teman-teman. Hal ini membantu dalam mengalihkan pikiranmu sejenak terhadap suatu hal yang bisa menyegarkan otak.

Baca juga:

Mengapa Orang Pintar Mengalami Kesulitan dalam Urusan Percintaan?

3. Tetapkan batas waktu untuk mengambil keputusan

Buat Kamu yang Sering Overthinking
Tetapkan batas waktu pada diri sendiri. (Foto: Unsplash/Kristijan Arsov)

Cara yang paling mudah untuk menghentikan overthinking adalah dengan menetapkan batas waktu bagi diri sendiri untuk berpikir dan kapan kamu harus menetapkan suatu keputusan. Terlalu banyak berpikir tanpa ada titik kejelasan hanya buang-buang waktu.

Diperkirakan manusia memiliki sekitar 70 ribu pikiran setiap hari dan 90 persen di antaranya adalah pikiran yang sama seperti kita pikirkan di hari sebelumnya.

Sehingga, memikirkan hal yang sama setiap hari ini hanya akan membuang waktumu. Kamu harus cepat mengambil keputusan untuk diri sendiri dan segera bertindak.

4. Perbanyak ambil tindakan

Buat Kamu yang Sering Overthinking
Lakukan mulai dari hal kecil. (Foto: Unsplash/bruce mars)

Ini adalah yang paling penting sekaligus mungkin yang paling sulit. Namun, jika kau ingin mengubah hidupmu, kamu perlu mengambil tindakan sekarang juga. Apalah gunanya sebuah pikiran jika tanpa aksi. Punya rencana memang mudah, tapi praktiknya yang susah.

Mulai dari tindakan kecil dulu saja, seperti bangun pagi dan rencanakan apa yang mau kamu kerjakan hari ini. Beranikan dirimu untuk keluar dari zona nyaman. (and)

Baca juga:

Jangan 'Overthinking', Banyak Efek Negatifnya

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan