4 Tipe Pengguna Facebook, Nomor 3 Kadang Bikin Kesal

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 11 Juli 2017
4 Tipe Pengguna Facebook, Nomor 3 Kadang Bikin Kesal
Ada empat tipe pengguna Facebook yang dapat dikenali dari kebiasaannya menggunakan media sosial milik Mark Zuckerberg itu. (Foto: Pixabay)

Bagi yang sering mengakses Facebook, Anda mungkin dapat menebak tipe pengguna lain dari kebiasaan mereka. Untuk memastikan apakah tebakan Anda benar, coba lihat empat tipe pengguna Facebook ini.

Keempat tipe tersebut diperoleh dari hasil penelitian Tom Robinson, profesor di Universitas Brigham Young. Lantas, apa saja tipe-tipe tersebut? Intip jawabannya di sini.

1. Tipe pembangun hubungan

Punya teman yang rajin mengomentari status teman-temannya dengan kalimat yang menyenangkan? Atau, ia kerap memberi emoticon untuk menanggapi status Anda dan teman-teman Facebook lainnya. Bila menemukan teman seperi ini, tandanya ia masuk tipe pembangun hubungan. "Mereka menggunakan Facebook sebagai perpanjangan kehidupan nyata dengan keluarga dan teman," ungkap Robinson.

2. Tipe pemberi informasi

Tipe pemberi informasi dapat dikenali dari kebiasaannya menulis status berisi informasi, baik yang ia ambil dari media online atau media sosial. Dia juga biasanya jarang berbagi foto, cerita atau informasi tentang kehidupan pribadinya. Baginya, memberi tahu semua orang tentang apa yang sedang terjadi lebih penting.

3. Tipe KEPO

Istilah KEPO alias Knowing Every Particular Object telah cukup lama menjadi tren. KEPO identik dengan ingin tahu urusan orang lain. Kehadiran media sosial seperti Facebook mempermudah pengguna yang KEPO mengetahui aktivitas dan kehidupan pribadi seseorang. Bila tidak suka kehidupan Anda dimata-matai orang-orang yang KEPO, Anda sebaiknya tidak mengunggah hal-hal berbau privasi di Facebook.

4. Tipe penggemar "selfie"

Sering melihat teman Facebook mengunggah foto-fotonya yang sedang sendiri dan ia ambil sendiri menggunakan kamera ponsel? Dan dalam sehari, ia bisa melakukannya berkali-kali. Bila menjumpai teman Facebook dengan kebiasaan seperti itu, bisa jadi ia penggemar swafoto alias "selfie". Penggemar selfie biasanya mengunggah foto atau video lengkap dengan teks untuk mendapatkan perhatian, "like" atau komentar dari orang lain. Semakin banyak teman-teman Facebook yang memberi "like" dapat menjadi petunjuk kalau ia disukai teman-temannya.

Itulah empat tipe pengguna Facebook. Anda sendiri termasuk tipe yang mana? Baca juga manfaat Facebook bagi kehidupan pribadi Anda pada artikel Dua Tahun Pacaran Lewat Facebook, Zulfikar Nikahi Gadis Italia Idaman Bulan Depan.

#Facebook #Tipe Pengguna Facebook
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan