Image
Author by : Kampung Wisata Langenastran (Foto: MP/Fredy WP)

Kampung wisata ini ialah Kampung Wisata Langenastran. Letaknya berada di tengah kawasan Keraton, tak jauh dari Alun-Alun Selatan atau biasa dikenal Alkid. Jaraknya dari pusat keramaian Kota Yogyakarta, Malioboro, hanya sekitar 2 kilometer.

Di Kampung Wisata Langenastran, wisatawan dapat menikmati berbagai seni budaya. Di antaranya produksi batik, mocopat, tari tradisional, cemparingan (panahan) tradisional, hingga kegiatan bregodo (prajurit keraton), dan gamelanan. Semua itu dilakukan warga Langenastran yang bisa dinikmati wisatawan.

Untuk menikmati objek-objek menarik tersebut, wisatawan dapat menggunakan jasa pengelola kampung wisata yang baru didirikan ini. Pengelola ataupun pemandu wisata akan menunjukkan seluruh objek wisatanya.

Image
Author by : Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Desa Wisata Wukirsari merupakan salah satu desa wisata terbaik di Yogyakarta. Di desa ini hampir seluruh warganya perajin. Ada perajin batik, perajin wayang, hingga perajin bambu. Tak hanya itu, alamnya juga menyajikan sensasi pedesaan yang asri, sehingga layak bagi yang menyukai ketenangan desa.

Geografis wilayahnya beragam, mulai dari perbukitan hingga sungai-sungai. Sungai yang menjadi objek wisata di desa ini ialah Sungai Kaliopak. Sementara sebagian wilayahnya masih berupa hutan dan lahan pertanian.

Desa ini terletak di Dusun Wukirsari, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Luas wilayahnya mencapai 15 Km2, yang terdiri dari 91 RT dalam 16 dusun.

Bagi Anda yang ingin menuju Desa Wukirsari dengan angkutan umum, gunakan angkutan umum jurusan Giwangan-Wukirsari. Namun, untuk menikmati atau berkeliling desa, Anda harus menggunakan ojek.

Image
Author by : Desa Wisata Krebet Jogja (Foto: MP/Fredy Wansyah)

Desa Wisata Krebet berada di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, DI Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Yogyakarta sekira 13-14 kilometer. Untuk menuju lokasi desa wisata ini, Anda wajb menggunakan kendaraan pribadi. Pilihan lainnya, Anda dapat menggunakan jasa taksi. Pasalnya, belum ada angkutan umum jurusan Kota Yogyakarta ke Desa Wisata Krebet.

Desa Wisata Krebet menawarkan berbagai kerajinan seni tradisi yang bisa menjadi daya tarik wisata ke-Indonesiaan Anda. Salah satunya yang cukup terkenal ialah kerajinan batik. Proses kerajinan batik di sini tak sama seperti pembuatan batik pada umumnya.

Pembuatan batik pada umumnya digambar di atas kain, namun batik yang dihasilkan warga di sini di atas kayu. Warga Krebet memanfaatkan kayu sebagai media untuk membatik hingga mampu menghasilkan karya-karya cantik bernilai tinggi. Keindahan ini yang mampu menyedot kunjungan wisatawan mancanegara ke tempat ini.

Desa Wisata Krebet juga mempunyai produk kerajinan bunga kering yang juga banyak diminati oleh wisatawan. Selain itu, juga menghasilkan produk souvenir, seperti topeng, wayang, almari, asesoris rumah tangga, patung kayu, kotak perhiasan, dan hiasan batik kayu lainnya. Semuanya tentu bernuansa tradisi Jawa.

Image
Author by : Pameran Batik Nusantara di Yogyakarta (Foto: MP/Fredy WP)

Desa Wisata Tembi berada di Jalan Parangtritis, Km 8, Sewon, Kabupaten Bantul. Desa Tembi merupakan salah satu desa seni. Desa Tembi menjadi tempat beraktivitasnya para seniman Yogyakarta, seperti seni tari, seni lukis, hingga seni sastra. Keesotisan desa ini terletak pada keseniannya yang masih terjaga.

Di desa wisata ini terdapat satu Museum Rumah Budaya selayaknya labolatorium kebudayaan. Wisatawan dapat menyaksikan berbagai hasil seni dan barang-barang antik, seperti seni lukis, berbagai jenis batik, dan berbagai jenis keris.

Tak hanya itu, di desa in juga wisatawan dapat menemui perajin batik. Setiap wisatawan yang ingin melihat proses batik lebih dekat, pengeloa desa wisata biasanya menawarkan paket belajar batik dalam paket perjalanan wisatanya. Wisatawan akan diajari langsung bersama perajinan berpengaalaman. (Fre)