Image
Author by : Hutan Pinus Dlingo, Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Belakangan ini media sosial ramai memperbincangkan keindahan hutan wisata Dlingo, Mangunan, Bantul, DI Yogyakarta. Ada yang memajang foto selfie di hutan wisata ini, ada pula yang memajang foto prewedding.

Barisan pohon pinus memang tampak indah menjadi latar fotonya. Tak ayal, hutan wisata yang baru dibuka tahun 2014 ini hits diperbincangkan netizen.

Hutan Dlingo memang dirancang untuk menarik wisatawan. Bukan sekadar hutan dengan fungsi formalnya semata, melainkan juga diperindah agar menjadi daya tarik tersendiri sehingga mampu menyedot ribuan wisatawan.

Di sini, pengunjung bisa bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Bisa pula untuk prewedding, foto selfie, dan juga untuk latihan fisik di tengah hutan. Namun, sebagian besar pengunjung di sini memang memanfaatkan keindahan alam hutannya untuk wisata.

Jangan bayangkan di sini hanyalah sekadar hutan. Di sini benar-benar dikelola untuk wisatawan, karena telah tersedia berbagai fasilitas, seperti gardu pandang, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum, mushola dan warung-warung sederhana pun telah di bangun di kawasan wisata ini.

Image
Author by : Rumah Paris di Jalan Parangtritis Km 8,5, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta.(Foto: MP/Fredy Wansyah)

Bila Kota Pelajar ini Anda bukan hanya sekadar menginap lalu tamasya, mungkin Anda perlu mencari tempat penginapan dengan sensasi yang berbeda. Yap, itu artinya Anda perlu memikirkan untuk menginap di Rumah Paris Bed and Breakfast atau biasa dikenal hanya sebutan Rumah Paris. Di sini Anda akan dimanja dengan suasa dekarasi ala Eropa. Sungguh membuat siapa pun yang menginap akan merasa kenikamatan tersendiri.

Rumah Paris berada di Jalan Parangtritis Km 8,5, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta. Bila Anda dari arah Kota Yogyakarta ke arah selatan atau menuju Pantai Parangtritis, letaknya persis di sisi kanan jalan.

Bila Anda melihat dari sisi depan Rumah Paris, Anda akan terpana dengan keunikannya. Rumah ini tampak unik dan lucu bagaikan rumah barbie. Begitu pula dengan objek-objek dari Rumah Paris yang sangat unik dan lucu. Layaknya sebuah rumah Eropa vintage, rumah ini didekorasi dengan rapi dan lucu.

Dengan objek menarik nan lucu tersebut, tentu rumah penginapan ini sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto ria. Tak jarang pula sebagian pengunjungnya hanya sekadar numpang foto di tempat ini.

Image
Author by : Candi Ratu Boko (Foto: Instagram/@novemlawalata)

Ratu Boko merupakan situs arkeologi Kerajaan Mataram Kuno dari abad 8 Masehi. Di dalam area situs ini terdapat peninggalan cerita masa lalu berupa gerbang utama, candi pembakaran dan sumur suci, paseban (ruang tunggu), pendopo, kolam, goa, dan keputren atau ditafsirkan sebagai tempat berkumpulnya wanita kerajaan. Semua itu layak untuk dijadikan objek wisata sejarah.

Keraton Ratu Boko terletak di dataran tinggi, sekira 3 kilometer selatan Prambanan. Bukitnya memiliki ketinggian 195,97 meter di atas permukaan laut, dengan luas sekira 160,898 meter kubik. Di titik ketinggian Ratu Boko inilah keindahan Prambanan dan puncak bukit Gunung Merapi tersaji.

Tak ayal, Ratu Boko terkenal akan panorama mataharinya. Baik itu matahari pagi maupun di waktu senja. Tak jarang para pengunjung kerap menikmati pagi di kawasan taman wisata ini untuk menghirup udara segar sembari mengucurkan keringat kecil. Sementara di waktu senja, hampir semua pengunjung memfokuskan pada keindahan matahari di ufuk barat.

Di kala senja itulah para pengunjung memanfaatkan keindahannya sebagai latar foto. Tak ayal, begitu banyak wisatawan Ratu Boko mengunggah foto senjanya di Instagram.

Image
Author by : Pantai Drini, Gunungkidul, Yogyakarta (Foto: Instagram @reinkawaty)

Pesona deretan pantai di Kabupaten Gunungkidul sudah tak asing lagi sering muncul di berbagai media sosial. Mulai dari Twitter, Facebook, hingga Instagram. Semuanya memang tampak menyuguhkan panorama pantai selatan yang indah.

Di Gunungkidul terdapat 60-an pantai yang ciamik untuk dieksploitasi keindahannya menjadi objek atau latar foto. Mulai dari Pantai Baron hingga ke sisi timurnya. Tepat di sebelah Pantai Baron ada Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Ngrawe, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sanglen, Pantai Nglolang, Pantai Pondok Rangon, Pantai Pewedan Ciut, Pantai Watu Kodok, Pantai Sadranan, dan Pantai Sarangan. Ini semua berada di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Dapat dibayangkan, hanya satu kecamatan, ada 13 pantai. Pantai-pantai ini tak jauh berbeda dengan Pantai Baron. Namun, hanya Pantai Baron yang menjadi dermaga sampan para nelayan. Selebihnya, benar-benar objek wisata.

Belum lagi pantai-pantai di kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Tepus, Kecamatan Purwosari, Kecamatan Panggang, Kecamatan Saptosari, dan Kecamatan Girisubo. Lebih dari 60 pantai ada di sepanjang pesisir Gunungkidul.

Dua pantai yang paling sering muncul di instagram ialah Pantai Baron dan Pantai Indrayanti. Baron terkenal akan eksotisme tebing dan ombak pantainya. Kedua objek tersebut memang layak dijadikan latar foto yang ciamik. Sementara Pantai Indrayanti terkenal akan pasir pantainya. Hampir setiap wisatawan di pantai ini memanfaatkan bentangan pasir sebagai latar fotonya. (Fre)

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH