4 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Kurang Percaya Diri

annehsannehs - Minggu, 16 Agustus 2020
4 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Kurang Percaya Diri
Selalu yakin dan percaya pada diri sendiri. (Foto: Unsplash/Timothy Eberly)

KURANG percaya diri dapat menyebabkan banyak kerugian bagi manusia. Dilansir dari Brightside, kepercayaan diri yang rendah bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan mental termasuk anxiety atau kecemasan sampai depresi akut.

Kurang percaya diri juga membuatmu selalu merasa tidak aman, membanding-bandingkan, serta sulit menikmati hidup semaksimal mungkin. Mereka juga seringkali merasa dirinya lebih rendah daripada orang lain.

Jika kamu mengalami beberapa tanda di bawah ini, bisa jadi kamu merupakan orang yang kurang percaya diri.

Baca Juga:

Cerahkan Harimu Dengan 4 Foto Kucing yang Caper pada Majikannya

1. Pujian

pd
Rendah hati bukan rendah diri. (Foto: Unsplash/Sharon McCutcheon)

Menjadi orang yang humble adalah hal yang baik. Meski begitu, jangan biarkan dirimu menjadi rendah diri dan tidak bisa menerima pujian dari orang lain. Jika ada orang yang memuji dan kamu terus-terusan mengelak, bisa jadi kamu tidak sebegitunya percaya pada dirimu sendiri.

Don't be so hard on yourself, terima pujian dan katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu bangga bisa mengerjakan sesuatu dengan baik.

2. Diperhatikan

pd
Jangan kritik negatif diri sendiri. (Foto: Unsplash/Daniel Minárik)

Orang yang tidak percaya diri biasanya selalu mengkritik dirinya sendiri. Mereka cenderung berfikir bahwa orang lain hanya akan melihat sisi buruk mereka dan akan menertawakannya.

Baca Juga:

Cara Mengkritik Bisnis Teman Tanpa Membuatnya Baper

3. Opini

pd
Suarakan pendapatmu sendiri. (Foto: Unsplash/Joshua Hoehne)

Salah satu tanda terbesar bagi orang yang tidak percaya diri adalah tidak bisa mengutarakan perasaan atau pendapat mereka. Ketika dimintai pendapat, mereka akan mereferensikan pendapat orang lain yang ia rasa lebih kredibel atau lebih 'qualified' ketimbang pendapat mereka sendiri.

4. Dibandingkan

pd
Jangan suka membanding-bandingkan. (Foto: Unsplash/Jason Dent)

Ketika melihat orang lain yang menggunakan barang yang sama denganmu, kamu merasa orang tersebut lebih pantas memakainya. Kamu merasa seolah-olah orang lain selalu lebih baik, dan kamu selalu lebih rendah daripada mereka.

Pada dasarnya, kepercayaan diri adalah hal yang sangat penting. Ingatlah bahwa semua manusia diciptakan setara, sehingga tidak ada orang yang lebih baik atau lebih buruk. Jika kamu tidak bisa mempercayai dirimu sendiri, bagaimana orang lain bisa percaya kepadamu? Yuk mulai cintai diri sendiri dan anggap bahwa dirimu juga berharga! (shn)

BACA JUGA:

Coastal Basement Menjual Produk Ramah Lingkungan Dengan Misi yang Mulia

#Percaya Diri
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan