4 Skema yang Bisa Mengagalkan Timnas Inggris Juara Piala Dunia 2018

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 17 Juni 2018
4 Skema yang Bisa Mengagalkan Timnas Inggris Juara Piala Dunia 2018
Timnas Inggris

MerahPutih.com - Pergelaran Piala Dunia 2018 sudah memasuki hari keempat. Namun, salah satu tim favorit juara, Inggris baru akan bertanding pada 19 Juni mendatang.

Inggris tergabung di Grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia. Di atas kertas, The Three Lions diunggulkan dengan mudah melangkah ke babak 16 besar bersama Belgia.

Inggris hanya bersaing dengan Belgia untuk memperebutkan juara Grup H. Anak-anak asuhan Gareth Southgate diprediksi bisa menang dengan mudah dan skor telak atas Panama serta Tunisia.

Timnas Inggris

Meski begitu, melihat bagan Piala Dunia 2018, Inggris mengalami batu sandungan saat memasuki babak perempat final hingga semifinal. Banyak prediksi yang berpendapat Inggris tak akan juara Piala Dunia 2018.

Jika berhasil lolos ke babak perempat final hingga semifinal, Inggris akan bertemu dengan para tim tradisi juara Piala Dunia satu dekade ke belakang.

Untuk itu, Bolaskor.com mencoba membongkar prediksi tersebut dengan hitung-menghitung peluang Inggris. Berikut ulasannya:

1. Jika Jadi Juara Grup G dan Menang di 16 Besar, Inggris Bisa Bertemu Brasil

Timnas Brasil. Foto: Getty Images

Jika nantinya Inggris menjadi juara Grup. The Three Lions dipastikan bertemu dengan runner-up Grup H di babak 16 besar. Grup H dihuni oleh Kolombia, Polandia, Jepang, dan Senegal.

Melihat kekuatan Grup H, Kolombia dan Polandia berpeluang lolos ke babak 16 besar. Tentu Inggris di atas kerta bisa menang dengan Kolombia ataupun Polandia.

Skuat Inggris dihuni oleh pemain level-level bintang di setiap lininya, seperti kapten Harry Kane, Marcus Rashford, Garry Cahill, hingga Johan Henderson. Sedangkan Kolombia mengandalkan satu nama yakni James Rodriguez (Bayern Munchen), sementara Polandia bertumpu pada kapten sekaligus mesin gol, Robert Lewandowski (Bayern Munchen).

Seandainya Inggris bertemu dengan Kolombia atau Polandia, lalu meraih kemenangan, The Three Lions berjumpa favorit juara Brasil di perempat final. Tim Samba diunggulkan menjadi juara Grup E, serta diprediksi bertemu runner-up Grup F Swedia yang menemani Jerman ke babak 16 besar.

Pertemuan Inggris dengan Brasil selalu menyajikan pertarungan sengit. Tapi, Brasil unggul segalanya dengan kekuatan pada diri Neymar, Philippe Coutinho, serta Gabriel Jesus. Pertemuan terakhir di Piala Dunia 2002, Inggris kalah 1-2 darii Brasil di babak perempat final.

Dalam lima pertemuan terakhir di semua ajang, seperti dilansir soccerway, Inggris hanya meraih satu kemenangan. Brasil meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang.

2. Jika Jadi Runner-up Grup G dan Menang di Babak 16 Besar, Inggris Bisa Bertemu Jerman

Timnas Jerman

Jika Inggris hanya keluar sebagai runner-up Grup G dan meraih kemenangan atas Kolombia atau Polandia, The Three Lions bakal bertemu juara bertahan Jerman pada babak perempat final. Der Panzer diprediksi keluar sebagai juara Grup F untuk berjumpa runner-up Grup E yang diunggulkan, yakni Swiss. Jerman pun diprediksi menang atas Swiss.

Di atas kertas, Inggris selalu memiliki rekor buruk dihadapan Jerman. Salah satunya Inggris pernah disingkirkan Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 dengan skor telak 1-4. Jerman adalah tim spesialis turnamen. Ia menjadi tim kedua bersama Italia di bawah Brasil, yang memegang rekor empat kali juara Piala Dunia.

Jerman selalu memiliki rekor bagus jika bertemu Inggris di Piala Dunia. Dari enam pertemuan, Jerman menang sebanyak tiga kali, Inggris hanya satu kali, sisanya berakhir imbang.

3. Jika Inggris Berhasil Atasi Brasil Bakal Bertemu Prancis

Timnas Prancis. Foto: zimbio

Namun, Inggris bisa saja membuat kejutan dengan mengatasi Brasil di babak perempat final, meski peluang itu sangat tipis. Nantinya, Inggris bakal bertemu Prancis di semifinal.

Prancis dengan deretan pemain muda yang matang pengalaman, menjadi salah satu kandidat juara Piala Dunia 2018. Mengandalkan Paul Pogba, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe, Prancis bisa diprediksi mengatasi Inggris.

Rekor pertemuan juga memperlihatkan Prancis unggul dengan 9 kemenangan dan lima hasil imbang. Sedangkan Inggris hanya meraih dua kemenangan. Semua berdasarkan Soccerway.

4. Jika Inggris Berhasil Atasi Jerman Bakal Bertemu Argentina atau Spanyol

Timnas Spanyol. Foto: zimbio

Jika Inggris berhasil mengatasi Jerman di babak perempat final, The Three Lions ditunggu lawan kuat favorit juara, yakni Argentina atau Spanyol. Keduanya diprediksi bertemu di babak perempat final.

Argentina diprediksi keluar sebagai juara Grup D bertemu dengan runner-up Grup C yang bakal dihuni Denmark. Tim Tango di atas kertas bisa menang atas Denmark. Lionel Messi dkk. bertemu Spanyol.

Spanyol diprediksi bisa melaju ke babak 16 besar dengan sebagai juara Grup B. La Furia Roja bertemu dengan runner-up Grup A yang diprediksi dihuni oleh tuan rumah Rusia. Spanyol pun di atas kertas bisa mengatasi Rusia.

Alhasil, Inggris bisa bertemu dengan Argentina atau Spanyol di babak semifinal. Inggris selalu disulitkan Argentina jika bertemu di Piala Dunia.

Masih ingat Piala Dunia 1986, di mana gol tangan Tuhan Diego Maradona membuat Argentina melangkah mulus menyingkirkan Inggris di babak perempat final. Tim Tango pun akhirnya menjadi juara. Belum lagi Piala Dunia 1998, Argentina berhasil menyingkirkan Inggris melalui drama adu tendangan penalti di babak 16 besar.

Timnas Argentina

Kemudian, jika bertemu Spanyol, Inggris saat ini bisa dibilang kalah kelas dari La Furia Roja. Juara Piala Dunia 2010 itu dihuni skuat merata di setiap lininya dengan komposisi pemain kelas wahid, seperti Andres Iniesta, Sergio Ramos, Isco, David Silva, hingga David De Gea.

Apalagi, sepak bola Spanyol selalu merajai dunia dalam 10 tahun terakhir. Buktinya Real Madrid yang dihuni sejumlah pemain pilar utama Spanyol merengkuh gelar juara Liga Champions tiga kali beruntun.

#Timnas Inggris #Piala Dunia 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan