4 Sajian Ikan Nikmat untuk Makan Sahur Ikan nikmat disajikan untuk santap sahur. (foto: pixabay/ritaE)

IKAN merupakan bahan makanan padat nutrisi. Selain sebagai sumber protein, ikan juga dipercaya kaya akan omega-3. Berbagai jenis ikan dijual di pasar Tanah Air. Mulai dari ikan laut hingga ikan air tawar.

Tidak mengherankan jika banyak olahan ikan yang nikmat disajikan dalam baik dalam olahan tradisional ataupun modern. Berikut 4 sajian ikan yang nikmat. Bisa untuk ide santap sahur nih.

1. Ikan Kembung Goreng Bumbu

ikan kembung goreng
Ikan kembung goreng nikmat disajjikan bersama sambal dan nasi hangat. (foto: Instagram @annefoodstylist)


Kamu bisa dengan mudah menemukan ikan kembung di pasar. Dagingnya cenderung tebal dan tak terlalu berduri. Salah olahan ikan kembung yang banyak digemari ialah ikan kembung goreng bumbu.

Daging ikan makin nikmat dengan ramuan bumbu yang meresap. Bersihkan ikan kembung dan buat guratan di badannya, lumuri dengan perasan jeruk nipis. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan sedikit garam. Lumurkan bumbu halus secara merata ke ikan. Diamkan selama 30 menit agar bumbunya meresap. Siapkan minyak panas lalu goreng ikan sampai matang. Sajikan dengan nasi panas dan sambal.

2. Gulai Ikan Bawal

gulai ikan bawal
Bawal juga nikmat diolah jadi gulai ala Minang. (foto: Instagram @chefsue_arukin)


Ikan bawal bisa disajikan dalam berbagai olahan. Mulai dari dibakar hingga dibuat gulai khas Minang.

Cara membuatnya, pertama lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit bakar, dan kemiri.

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, kunyit, dan daun jeruk. Masak hingga harum. Tuang santan dan masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan ikan bawal. Beri garam dan gula, aduk perlahan. Masak dengan api kecil hingga ikan matang dan santan telah keluar minyak. Angkat dan siap disajikan.

3. Nasi Goreng Ikan Salmon

nasi goreng salmon
Salmon juga bisa diolah jadi nasi goreng. (foto: Instagram @suzan_youngmother)

Siapa bilang nasi goreng cuma bisa berisi irisan daging ayam, sapi, dan telur? Kamu juga bisa menambahkan ikan seperti salmon ke nasi goreng lo. Sudah pasti kaya akan protein dari salmon.

Pertama lumuri salmon dengan air perasan jeruk nipis, lada, dan garam. Diamkan selama 30 menit. Panaskan sedikit minyak dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah. Masak hingga harum.

Masukkan salmon, tambahkan garam, lada, gula, kecap asin dan kecap manis, masukkan nasi. Aduk rata. Koreksi rasanya, angkat dan sajikan bersama telur mata sapi setengah matang.

4. Pecak Gurame

pecak gurame
Ikan gurame favorit banyak orang. (foto: Instagram @len_n_lein)

Ikan gurame termasuk jenis ikan yang difavoritkan. Tak seperti ikan mas yang berduri halus, gurame punya duri yang lebih besar sehingga mudah dipisahkan dari dagingnya.

Selain enak disajikan dengan cara digoreng, pepes, dan kuah, gurame enak juga dimasak dengan bumbu pecak. Olahan pecak khas Betawi berupa sajian ikan dengan siraman racikan sambal yang encer.

Ada 2 jenis bumbu sambal, yaitu yang menggunakan kacang tanah sehingga kuahnya terlihat keruh. Bumbu sambal satunya terlihat lebih bening tanpa kacang tanah. Bumbunya yang gurih dan pedas berpadu dengan lembutny ikan gurame.

Membuatnya cukup mudah. Pertama lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat, sisihkan. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Sangrai bumbu pecak, yakni bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, temu kunci, cabai rawit merah, cabai merah keriting, dan kemiri hingga wangi. Angkat lalu tumbuk kasar bumbu pecak.

Tumis bumbu pecak bersama serai, daun jeruk, dan tomat hingga harum. Tuang air, air asam jawa, gula, dan garak. Masak hingga mendidih hingga kuah mengental. Koreksi rasanya. Angkat. Taruh ikan goreng dalam piring saji. Siram dengan bumbu kuah pecak. Tambahkan perasan air jeruk limau dan siap disajikan.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH