4 Ribu Lebih Personel Gabungan Siap 'Dorong' Massa 212

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 01 Desember 2021
4 Ribu Lebih Personel Gabungan Siap 'Dorong' Massa 212
Aksi Reuni 212 di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (2/12). Foto: Antara

Merahputih.com - Sejumlah antisipasi sudah disiapkan aparat untuk mencegah aksi damai 2 Desember oleh massa Presidium Alumni (PA) 212. Kawasan Medan Merdeka juga dipastikan bakal ditutup.

Tak hanya itu, ribuan personel juga dikerahkan untuk menghalau massa aksi. Pengamanan dibuat berlapis terdiri dari aparat gabungan TNI, Polri hingga Pemprov DKI.

"4.218 personel TNI, Polri dan Pemda," kata Kasie Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/12).

Baca Juga

Pemprov DKI: Sangat Bijak Reuni 212 Pindah ke Masjid Az-Zikra Sentul

Sementara itu, Karoops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto menuturkan, pengamanan ini merupakan bentuk operasi kemanusiaan. Yakni menyelamatkan warga dari penyebaran COVID-19.

"Karena pandemi belum selesai. Penularan COVID-19 masih ada," kata Marsudianto saat Apel Gelar Pasukan.

Marsudianto menilai, kegiatan reuni 212 bukan merupakan penyampaian pendapat di muka umum layaknya demo biasa lainnya. "Ini adalah kegiatan keramaian," jelas Marsudianto.

Kegiatan ini juga dianggap Marsudianto sebagai bentuk mengadakan keramaian di muka umum. Sehingga, aparat siap menindak tegas dan membubarkan massa.

"Kami akan berikan peringatan dan himbauan. Kalau mereka tak mengindahkan kami melakukan tindakan selanjutnya dan kegiatan pendorongan," jelas Marsudianto.

Baca Juga

Lokasi Reuni 212 Dipindah ke Masjid Az-Zikra Sentul

Ia juga memastikan, tindakan proses hukum bakal dilakukan secara terukur. "Kami menekankan sinergi dan pengamanan secara berlapis," tutup Marsudianto.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan filterisasi terhadap seluruh kendaraan yang mengarah ke kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat (Jakpus).

Kebijakan itu guna mengantisipasi kerumunan massa reuni aksi 212. Aparat berjaga di seluruh pintu masuk ke Jakarta, seperti di Jalan Kalimalang, Pasar Jumat, Lenteng Agung, Jalan Raya Bogor, Batu Ceper, dan Jalan Daan Mogot.

Baca Juga

Reuni 212 Batal Dihelat di Jakarta, Wagub Riza: Alhamdulillah

Selain di sejumlah lokasi tersebut, filterisasi juga dilakukan di sejumlah titik, seperti Jalan Semanggi, Jenderal Sudirman, dan MH Thamrin. Sementara itu, jalur protokol sekitar Patung Kuda dan Monas saat ini ditutup.

Meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran, dan Jalan Museum. Penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 WIB sampai Kamis (2/12) pukul 21.00 WIB. (Knu)

#Demo 212 #Reuni 212 #Massa 212 #Aksi 1212 #Presidium Alumni 212
Bagikan
Bagikan