4 Rekor 'Comeback' Tertinggal 3 Gol Liga Champions, Barcelona Paling Apes Gol Georginio Wijnaldum saat Liverpool menang 4-0 atas Barcelona di Anfield (@ChampionsLeague)

MerahPutih.com - Liverpool sukses menciptakan mukjizat berhasil membalikan keadaan dari ketertinggalan agregat 3 gol saat menjamu Barcelona dalam leg kedua semifinal Liga Champions dinihari tadi. The Reds akhirnya lolos ke final setelah menundukan Barca 4-0.

Dalam sejarah Liga Champions tidak banyak tim yang sanggup mebalikan ketertinggalan tiga gol atau lebih di leg pertama untuk melangkah ke babak berikutnya seperti yang dilakukan Liverpool. Tercatat hanya ada tiga laga sebelumnya laga semalam.

Uniknya lagi, dari 4 laga 'come back' fenomenal di sejarah Liga Champions itu semuanya melibatkan tim asal Spanyol. Bahkan, tiga di antaranya melibatkan Barcelona, aktor utama laga semalam.

Barcelona v AS Roma. Foto: @FCBarcelona

Deportivo La Coruna pertama kali berhasil melakukannya saat laga perempat final Liga Champions musim 2003-2004. Kala itu, raksasa Italia AC Milan menjadi korban, setelah unggul 4-1 di le pertama, mereka harus meratapi nasib kalah 0-4 di kandan Deportivo.

Keajaiban serupa terulang kembali di Liga Champions musim 2016-2017, kali ini melibatkan Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG). Saat leg pertama, Barca kalah telak 4 gol tanpa balas di kandang PSG. Namun, Lionel Messi dan kawan-kawan akhirnya bisa berjalan tegak setelah membantai PSG 6-1 di leg kedua.

BARCA PSG
Aksi pemain Barcelona, Luis Suarez saat dibayangi pemain PSG, Adrien Rabiot pada leg pertama Liga Champions di Parc des Princes. (Foto: Reuters/Benoit Tessier)

Barcelona kembali menjadi aktor di musim berikutnya. Sempat menang 4-1 di kandang, Barca gagal menjaga peluang untuk lolos ke semifinal setelah kalah dari AS Roma 4-1 di leg kedua. Sayang, Roma gagal melaju ke partai puncak musim 2016-2017 setelah kalah dari Liverpool.

BACA JUGA: Prediksi Liverpool Vs Barcelona: Mission Impossible The Reds

Barca pun kembali menjadi pesakitan di musim ini. Tim Katalan itu gagal mempertahankan keunggulan 3-0 atas Liverpool di leg pertama. Gol pembuka dan penutup Divock Origi diselingi dwigol Georginio Wijnaldum serta penyelamatan demi penyelamatan gemilang kiper Alisson Becker memastikan kemenangan 4-0 saat peluit akhir. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH