4 Pulau Kecil Keren di Jawa Timur, Nyesel Enggak Datang! Jawa Timur memiliki pulau menarik untuk liburan. ( Foto: superadventure)

JAWA Timur bisa menjadi pilihan destinasi wisata keren bagi pelancong. Provinsi ini menawarkan bermacam-macam spot wisata menarik, seperti kuliner, gedung-gedung bersejarah, hingga wisata alam. Disarankan untuk mampir ke pulau-pulau kecil di Jawa Timur jika kamu mengincar spot-spot dengan pemandangan alam indah dengan suasana sejuk.

Berikut adalah rekomendasi beberapa pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Laut Jawa, perairan Madura, dan Samudera Hindia yang wajib didatangi.

Baca Juga:

5 Hal Menarik dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba

Pulau Bawean, Gresik

jatim
Berada 120 kilometer dari Gresik. (Foto: blogkulo)


Salah satu daerah di Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam yang cantik adalah Pulau Bawean. Berada sekitar 120 kilometer dari sebelah utara Gresik. Pelancong dapat menjumpai beragam objek wisata seru dan eksotis. Seperti Danau Kastoba, Tanjung Gaang, wisata air panas, penangkaran rusa, pulau Gili, pulau Noko, dan lainnya.

Para pelancong banyak yang tertarik dengan keasrian pemandangan Pulau Bawean. Di pulau ini, kamu berkesempatan bertemu satwa rusa, Axis kuhli, yang masuk dalam kategori spesies endemik Indonesia.


Pulau Nusa Barong, Jember

jatim
Cocok bagi pelancong yang berjiwa petualang. (Foto: travelingyuk)

Memiliki cagar alam yang dihuni aneka flora dan fauna unik. Nusa Barong memiliki ekosistem hutan-hujan tropika yang terdiri atas formasi hutan pantai, hutan dataran rendah, hutan mangrove dan lainnya. Pulau ini sangat cocok bagi pelancong yang punya jiwa petualang.

Nusa Barong berlokasi di sebelah selatan Pulau Jawa. Pelancong bisa menemukannya di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Fauna jenis unggas, mamalia, serangga, dan reptil banyak ditemukan di sini. Seperti rusa jawa, penyu hijau, monyet kera, elang laut dada putih, lutung budeng, dan lainnya.

Baca Juga:

Biar Makin Seru, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Pergi ke Bali


Gili Ketapang, Probolinggo

jatim
Memiliki luas area 68 kilometer persegi. (Foto: ladies)


Dapat ditempuh sekitar 8 kilometer atau 30 menit dari lepas pantai utara Probolinggo. Berlokasi di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pelancong perlu menyewa perahu bermotor di Pelabuhan Tanjung Tembaga terlebih dahulu. Pulau ini menawarkan pengalaman snorkeling dan diving seru.

Gili Ketapang memiliki luas sebesar 68 hektar. Penduduk lokal percaya legenda kuno yang mengatakan pulau ini menyatu dengan daratan Desa Ketapang. Setelah terjadinya peristiwa gempa akibatkan letusan Gunung Semeru, pulau ini dipercaya bergeser menuju ke tengah laut secara mistis.


Gili Iyang

jatim
Memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia. (Foto: zonabikers)

Pulau ini berada di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura. Gili Iyang kabarnya menduduki urutan kedua sebagai daerah penghasil kandungan oksigen tertinggi sedunia setelah Yordania. Karena itu, sebagian masyarakat menjulukinya dengan sebutan ‘Pulau Oksigen’.

Terkenal dengan udaranya yang sangat bersih dan segar. Hal ini didukung dengan adanya pepohonan rimbun sekitar pulau ini yang sudah meningkatkan kadar oksigen pulau ini sebesar 21%. Kualitas udara yang baik ini membuat pelancong sangat menikmati di Gili Iyang.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau ini, seperti snorkeling atau diving. Pemandangan panorama bawah laut Gili Iyang sungguh luar biasa bagi para penyelam. Kamu perlu mempir ke Desa Dungkek untuk menyewa perahu di area pelabuhan. Membutuhkan waktu 45 menit dariDesa Dungkek menuju Gili Iyang. (lgi)


Baca Juga:

Tersembunyi, 4 Pantai Cantik di Indonesia Pantang Dilewatkan

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH