4 Peristiwa Pemadaman Listrik Terparah yang Pernah Terjadi Di Dunia Berbagai Peristiwa Pemadaman Listrik di Dunia (Foto: Pexels/Pixabay)

PEMADAMAN listrik yang dirasakan sebagian penduduk Pulau Jawa pada awal Agustus 2019, memang merepotkan banyak pihak dan membuat sebagian besar orang yang terkena dampaknya menjadi tidak produktif. Berbagai layanan juga tidak stabil akibat peristiwa ini, menjadikan apapun yang ingin kamu lakukan terhambat.

Ternyata ini bukan kali pertama Indonesia mengalami pemadaman listrik yang cukup parah. Agustus 2005 silam, provinsi Jawa dan Bali juga pernah mengalami mati listrik total selama satu hari. Melansir berbagai sumber, inilah beberapa peristiwa pemadaman listrik terparah yang pernah dilalui banyak orang di dunia, tak hanya sehari, bahkan sampai berbulan-bulan seperti yang dialami oleh penduduk negara Brazil dan Venezuela.

Baca juga:

Hal Random Yang Terjadi Saat Mati Lampu Selama 12 Jam

1. Pemadaman Listrik di Jawa dan Bali (2005)

4 Peristiwa Pemadaman Listrik Terparah yang Pernah Terjadi Di Dunia
Pemadaman Listrik di Jakarta Pada Beberapa Tahun Lalu (Foto: CDN)

Agustus pada tahun 2005 lalu ternyata pernah terjadi hal yang sama, tetapi peristiwa pemadaman listrik ini juga melibatkan Pulau Dewata.

Peristiwa ini terjadi akibat jalur transmisi dari Cilegon dan Saguling terjadi kegagalan sektor dan pihak yang bertanggung jawab akan hal ini harus sesegera mungkin menutup dua unit pembangkit listrik, satu yang ada di Jawa Timur yaitu Paiton, dan unit pembangkit listrik Suralaya yang berada di Jawa Barat.

Hal ini membuat PLN rugi hingga 2.700 MW, hampir setengah dari pasokan pembangkit listrik di Paiton dan Suralaya. Dari pemadaman listrik ini, 100 juta penduduk provinsi Jawa dan Bali tidak mendapatkan pasokan listrik pada tanggal 18 Agustus 2005.

2. Pemadaman Listrik di Amerika dan Kanada (2003)

4 Peristiwa Pemadaman Listrik Terparah yang Pernah Terjadi Di Dunia
Kerusakan Software yang Mengakibatkan Pemadaman Listrik (Foto: Inverse)

Pemadaman lampu juga terjadi di bagian timur laut Amerika dan juga Kanada bagian pusat. Mati lampu ini terjadi hingga dua minggu berturut-turut dari tanggal 14 Agustus hingga 28 Agustus.

Pemadaman listrik ini terjadi karena kerusakan pada software yang mengakibatkan ruang kontrol dari FirstEnergy menjadi rusak. Sebagai informasi, FirstEnergy adalah salah satu perusahaan yang bertanggung jawab atas tenaga listrik yang berdiri di Akron, Ohio.

Pemadaman ini mengakibatkan 45 juta penduduk Amerika dan 10 juta penduduk Ontario tidak mendapatkan pasokan listrik pada dua minggu ke depan hingga tanggal 28 Agustus.

Baca juga:

Enggak bakal Mati Gaya, Hal-Hal ini Bisa Dilakukan saat Mati Listrik

3. Pemadaman Listrik di Brasil Selatan (1999)

4 Peristiwa Pemadaman Listrik Terparah yang Pernah Terjadi Di Dunia
Pemadaman Listrik yang Menyebabkan Penjarahan dan Perampokan (Foto: ReadWrite)

Pemadaman listrik di Brasil Selatan ini adalah salah satu pemadaman yang paling besar dan paling lama di dunia. Pemadaman listrik ini dialami kota-kota besar seperti Sao Paolo, Rio de Janeiro, dan sekitarnya.

Pemadaman ini disebabkan oleh pusat tenaga yang tersambar petir di Bauru, Sao Paolo. Kejadian itu mengakibatkan 440kV tenaga listrik habis. Dikarenakan krisis yang melanda Brasil pada tahun 1999, membuat penanganan untuk pemadaman listrik menjadi semakin terhambat.

Bahkan di Rio de Janeiro, pemerintah menyiagakan 1.200 personil polisi untuk menghindari masyarakat dari menjarah toko, dan di Sao Paolo juga mereka memblokir semua lorong bawah tanah agar mencegah masyarakat yang berniat mencuri.

Sekitar 97 juta orang yang ada di Brasil selatan ini tidak mendapatkan pasokan listrik untuk waktu yang cukup lama, mulai dari tanggal 11 Maret hingga 22 Juni 1999.

4. Pemadaman Listrik di Venezuela (2019)

Venezuela juga mengalami pemadaman listrik pada tahun 2019 ini, parahnya itu terjadi selama berbulan-bulan. Kurangnya penjernihan pasokan air membuat 43 jiwa meninggal karena faktor rumah sakit, industri, dan transportasi yang tersendat. Pasokan air juga tidak jernih karena tidak adanya tenaga untuk mengolah air bersih.

Pemadaman listrik ini diakibatkan oleh sortirnya pembangkit listrik karena kurangnya perawatan dan tenaga ahli, membuat Venezuela mengalami peristiwa yang dikenal dengan brain drain dan krisis ekonomi juga politik.

Brain drain adalah suatu peristiwa dimana tenaga ahli hengkang dan tidak sudi berkontribusi untuk masyarakat. Dari pemadaman listrik ini, 30 juta jiwa tidak mendapatkan pasokan listrik hingga lima bulan lebih, dari tanggal 7 Maret hingga 1 Agustus 2019. (dnz)

Baca juga:

4 Tips Ampuh Agar Tetap Bahagia Saat Mati Listrik



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH