4 Penyebab Kamu Sering Buang Air Kecil Di Malam Hari Sering buang air kecil di malam hari menganggu tidurmu (Foto: Pexels/hermaion)

BARU tidur sebentar tiba-tiba kamu terbangun. Karena kamu ingin buang air kecil. Tidak cuma satu kali atau dua kali. Hal tersebut terulang beberapa kali. Sampai kamu merasa tidak nyaman.

Sering terbangun untuk buang air kecil di malam hari tentu mengganggu tidurmu. Bahkan di siang hari kamu bisa kurang bugar. Karena waktu tidur malam kamu berkurang karena harus bolak-balik ke kamar mandi. Sering buang air kecil di malam hari atau nocturia sebenarnya bukan penyakit. Tapi gejala penyakit tertentu atau gangguan pada tubuh.

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas

Pada umumnya, kamu bisa tidur di malam hari tanpa buang air kecil selama kurang lebih 6-8 jam. Jika kamu terbangun untuk buang air kecil lebih dari satu kali di malam hari. kemungkinannya kamu mengalami nocturia.

Nah, menurut laman Alodokter ada empat kemungkinan penyebab sering buang air kecil di malam hari.

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih membuat iritasi dan peradangan pada saluran kemih (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

Infeksi saluran kemih membuat iritasi dan peradangan pada saluran kemih. Sehingga memicu penderitanya untuk sering buang air kecil di malam hari. Selain nocturia, penderita biasanya mengalami demam. Serta mengalami nyeri saat buang biar kecil.

2. Diabetes

Produksi urine penderita diabetes meningkat (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Penderita diabetes juga bisa mengalami nocturia. Soalnya produksi urine penderita diabetes yang cenderung meningkat. Karena tidak terkontrolnya kadar gula atau glukosa dalam darah. Penderita diabetes yang mengalami nocturia biasanya juga merasakan peningkatan rasa haus, lapar, tubuh mudah lelah, hingga buramnya penglihatan.

Baca juga:

Susah Tidur Malam Disebabkan Aktivitas Sejak Pagi

3. Gagal jantung kongestif

Cairan penderita gagal jantung kongestif menumpuk di kaki (Foto: Pexels/Pixabay)

Di siang hari, cairan penderita gagal jantung kongestif akan menumpuk di kaki. Penyebabnya karena jantung tidak bisa memompa secara normal. Namun, pada malam hari, posisi tubuh menyebabkan cairan masuk ke aliran darah. Kemudian cairan akan disaring melalui ginjal dan dikeluarkan melalui urine.

4. Sleep apnea

Sleep apnea (Foto: Pexels/John-Mark Smith)

Tubuh penderita sleep apnea akan berusaha ekstra untuk bernapas ketika terlelap. Akibatnya otot jantung merenggang. Sehingga mengeluarkan hormon atrial natriuretic yang dapat meningkatkan produksi urine.

Semua keluhan nocturia bisa diatasi. Asalkan penyakit penyebab nocturia bisa disembuhkan. Namun, untuk mencegah nocturia. Kamu bisa melakukannya dengan tidak minum lagi 2-4 jam sebelum tidur. (ikh)

Baca juga:

Pria Tidur Terlalu Dini Pertanda Penyakit

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH