4 Pelajaran Soal Cinta dari Saran Geenie di Film Terbaru Aladdin Geenie di film terbaru Aladdin memberi banyak informasi tentang percintaan (Foto: NBC news)

CERITA Aladdin telah menjadi menjadi salah satu kisah yang paling terkenal dan paling sering diceritakan dibanding dongeng-dongeng lainnya. Kisah rakyat asal Timur Tengah ini diperkirakan telah ada sejak sebelum abad ke-18. Sedang tayang di bioskop, live-action film Aladdin berhasil mendapatkan respon positif dari para penonton serta mengejutkan para kritikus film yang meremehkan film dongeng Disney ini.

Baca juga:

Trailer Aladdin Dirilis, Fan Puji Tampilan Will Smith sebagai Jin

Naomi Scott dan Mena Massoud Bagikan Pengalamannya Bermain dalam Film Aladdin

Ketahui Berbagai Fakta Unik dari Film Animasi Aladdin

Selain dikemas dengan packaging yang menghibur, cerita film Aladdin versi Disney ini ternyata menawarkan sesuatu yang lebih daripada hanya memanjakan mata dan telinga. Di dalam film ini juga terkandung beberapa ajaran-ajaran psikologis mengenai percintaan yang bisa menjadi pelajaran bagi kehidupan kamu lho!

1. Status sosial

4 Pelajaran Soal Cinta yang Kamu Petik dari Saran Geenie di Film Terbaru Aladdin
Status sosial merupakan aspek penting dalam berpasangan. (Foto: The Wrap)

Dalam pembukaan film Aladdin mengenai Sultan dan Jasmine, Genie sang jin yang diperankan oleh Will Smith ini menyanyikan lagu berjudul Prince Ali.

Dalam lirik "Denuflect, show some respect, down on one knee!", Jin menekankan status sosial dari Aladdin sebagai Pangeran Ali dengan menyebut-nyebutkan kekayaan luar biasa yang dimilikinya serta kedudukannya yang dimiliki.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan cambridge.org, perempuan yang telah sukses secara finansial menganggap bahwa pasangan dengan kemampuan finansial, berpendidikan, dan cerdas merupakan sosok pasangan yang ideal bagi mereka.

Ini bahkan menjadi hal yang paling penting bagi perempuan yang telah sukses secara finansial dalam mencari pasangan.

Maka dari itu tidak heran jika wanita yang sukses cenderung lebih berambisi untuk mendapatkan pasangan yang tidak kalah sukses ketimbang dirinya.

Ini menjadi alasan mengapa Gennie mencoba menyadarkan posisi kerajaan keluarga Jasmine dengan melebih-lebihkan kedudukan sosial serta kekayaan Aladdin.

2. Kemurahan hati

4 Pelajaran Soal Cinta dari Saran Geenie di Film Terbaru Aladdin
Moral menjadi bekal penting dari orangtua dalam memilih pasangan. (Foto: WBNS-10TV Columbus, Ohio)

Psikolog Geofrrey Miller pernah menuliskan bahwa sifat-sifat moral seperti kebaikan, kedermawanan, serta kepahlawanan menjadi faktor penting dalam pemilihan pasangan. Simpelnya, biasanya orangtua kita membentuk moral kita untuk mencari pasangan yang berhati baik.

Maka dari itu, tidak heran bahwa penelitian yang dilakukan journals.sagepub.com menyimpulkan bahwa laki-laki lebih berdonasi ke badan amal ketika mereka sedang diawasi oleh perempuan.

Pengetahuan Gennie tentang seberapa penting dan berpengaruhnya sifat moral terhadap pemilihan pasangan ini terlihat pada lirik "He’s got ninety-five white Persian monkeys, and to view them he charges no fee (he’s generous, so generous)."

3. Lelaki kuat

4 Pelajaran Soal Cinta dari Saran Geenie di Film Terbaru Aladdin
Maskulinitas menarik bagi perempuan. (Foto: ABS-CBN News)

Masih pada lagu yang sama, terdapat lirik "Strong as 10 regular men, definitely!". Ini menjadi salah satu metode psikologis tentang bagaimana mendapatkan perhatian pasangan. Kemaskulinan merupakan sesuatu hal yang dianggap menarik.

Sciencedirect.com mengatakan bahwa dari berbagai penelitian yang dilakukan, perempuan lebih tertarik pada lelaki yang kuat, jantan, dan maskulin ketimbang para lelaki yang berpenampilan menarik.

4. Berkata jujur

4 Pelajaran Soal Cinta dari Saran Geenie di Film Terbaru Aladdin
Kejujuran adalah kunci kesuksesan hubungan percintaan. (Foto: Cnet)

Kejujuran dapat beresiko besar, namun ini menjadi salah satu kunci terpenting dari hubungan jangka panjang yang bahagia. Dari salah satu adegan dalam film ini, Gennie menyarankan Aladdin untuk berkata jujur terhadap Jasmine bahwa dia sesungguhnya bukanlah seorang pangeran.

Lawrence Josephs, psikolog di Adelphi University mengatakan bahwa kejujuran menandakan hubungan yang sehat dan positif. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa kejujuran lebih bisa menghantarkan perasaan puas terhadap seseorang ketimbang kecerdasan yang dimiliki pasangannya.

Menurut penelitian Josephs, orang yang jujur cenderung untuk berpasangan dengan orang yang jujur lainnya. Serta orang yang fake atau suka berpura-pura cenderung berpasangan dengan orang yang sejenis.

Pada akhirnya Aladdin berkata yang sejujurnya kepada Putri Jasmine. Dan karena cinta, mereka menikah dan hidup bahagia selamanya. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH