4 Pekerjaan 'Tak Umum' dengan Penghasilan Fantastis, Tertarik? Pekerjaan tak umum dengan gaji fantastis (Foto: Pexels/Freestocks.org)

MENEMPUH pendidikan formal selama bertahun-tahun, diharapkan bisa memperoleh pekerjaan sesuai bidang dan kemampuan. Bahkan, tidak sedikit orang yang merintis pekerjaan dari awal guna memperluas jaringan dan menambah pengalaman.

Namun, perusahaan tertentu menyediakan lowongan untuk pekerjaan yang tidak biasa. Kebanyakan dari kita mungkin menolak untuk melakukannya, padahal dari pekerjaan tersebut kita bisa mengantungi upah hingga miliaran rupiah setiap tahunnya.

Baca juga:

Pekerjaan Unik yang Hadir Hanya di Zaman 'Now'

Tentu, upah yang besar dan melebihi standar membuat banyak orang tergiur. Berikut empat pekerjaan unik yang menawarkan gaji hingga miliaran rupiah, tertarik untuk mencoba?

1. Tester makanan hewan peliharaan

4 Pekerjaan 'Tak Umum' dengan Penghasilan Fantastis, Tertarik?
Mencicipi makanan anjing dan kucing dengan gaji mencapai semiliar (Foto: Pexels/Freestock.org)

Umumnya, perusahaan tertentu membutuhkan tester makanan untuk memastikan kualitas produk. Proses uji coba makanan ini dilakukan sebagai quality control sebelum dikemas dan kemudian dipasarkan.

Uniknya, beberapa perusahaan besar mempekerjakan tester khusus untuk makanan anjing dan kucing. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, para tester makanan hewan peliharaan ini dibayar untuk mencicipi formula baru sebelum produk dilepas ke pasaran.

Pekerjaan para tester makanan anjing dan kucing ini hanya mencicipi rasanya di lidah dan tidak sampai menelan. Selain itu, mereka juga memerhatikan kandungan gizi dan diminta untuk mengembangkan resep baru.

Meski terkesan menjijikan dan tak lazim, laman the guardian mengabarkan upah untuk para tester makanan hewan peliharaan ini mecapai Rp1 miliar pertahunnya.

2. Pembersih tempat kejadian perkara

4 Pekerjaan 'Tak Umum' dengan Penghasilan Fantastis, Tertarik?
Pembersih TKP digaji lebih dari Rp300 ribu per jamnya (Foto: Unsplash/David Von Diemar)

Salah satu pekerjaan yang menantang mental, pembersih tempat kejadian perkara (TKP) memberikan tantangan yang cukup serius. Biasanya, pekerja pembersih TKP harus mengurus beragam bekas dari masalah yang terjadi, termasuk TKP pembunuhan, bunuh diri, atau kecelakaan.

Meski begitu, gaji yang ditawarkan sangat memuaskan bagi pekerja pembersih TKP di Amerika Serikat. Melansir dari laman cheatsheet, pembersih TKP akan diberikan gaji senilai USD 25 atau setara Rp356 ribu per jamnya.

Setidaknya, pembersih TKP bisa mendapatkan USD 37.590 atau setara Rp535 juta setiap tahunnya. Penawaran upah ini sebanding dengan tingkat kesulitan bidang yang dilakukan pekerja pembersih TKP.

Baca juga:

Enggak selalu Chef, Profesi di Bidang Kuliner ini Unik dan Langka, Berani Coba?

3. Penata rias jenazah

4 Pekerjaan 'Tak Umum' dengan Penghasilan Fantastis, Tertarik?
Bayaran penata rias mayat berkisaran Rp300 juta hingga Rp500 juta setahun (Foto: Pexels/Freestocks.org)

Tak hanya menata rias orang yang hidup, ada juga pula jasa penata rias jenazah. Tata rias ini dibutuhkan untuk membuat tampilan orang yang telah meninggal seolah-olah terlihat hanya tertidur.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ketenangan bagi keluarga yang sedang berduka. Bukan sembarangan, penata rias jenazah merupakan ahli kosmetologi yang melayani dalam mempersiapkan sebelum prosesi pemakaman meliputi riasan wajah, merapikan rambut dan menata pakaian.

Riasan wajah yang dilakukan sebagai kamuflase atau teknik rekonstruksi tampilan untuk terlihat lebih menarik. Meski begitu, di negara tertentu penata rias wajah memperoleh gaji tahunan dengan rata-rata USD 39.932 atau sekitar Rp570 juta.

Sedangkan, untuk penata riasan rambut memperoleh sekitar USD 24.300 atau setara Rp346 juta selama setahun seperti yang dilansir dari laman chron.

4. Petugas kebersihan

4 Pekerjaan 'Tak Umum' dengan Penghasilan Fantastis, Tertarik?
Gaji miliar rupiah untuk petugas kebersihan di Britania Raya (Foto: Unsplash/Leo Moko)

Ya, seperti petugas kebersihan pada umumnya. Uniknya, di Inggris ada petugas kebersihan yang memperoleh penghasilan fantastis hingga mencapai EUR 190 ribu atau setara Rp2,5 miliar dengan bekerja 17 jam dan hanya dalam 18 hari kerja.

Ialah Liang Zhao Zhang, salah satu pekerja di jaringan kereta regional Bay Area Rapid Transport (BART), yang menjadi petugas kebersihan dengan bayaran terbaik di dunia seperti yang dilansir dari laman the sun.

Umumnya, upah petugas kebersihan di Inggris sekitar EUR 20.549 atau setara dengan Rp328 juta setiap tahunnya. (dys)

Baca juga:

5 Pekerjaan Berikut Gak Harus Punya Pengalaman, Mau Coba?


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH