Hari Kesehatan Internasional
4 Olahraga Unik ini Akan Membuatmu Sehat Sekaligus Eksis di Media Sosial Poundfit, salah satu olahraga unik yang menyehatkan dan membuatmu semakin eksis (Foto: MP/Samantha Samsuddin)

KEGIATAN olahraga saat ini semakin beragam saja. Sekarang sudah bermunculan berbagai olahraga unik dan keren. Enggak hanya untuk menjaga kesehatan saja, tapi olahraga-olahraga ini jadi ajang pamer di media sosial karena keunikannya. Nah, menyambut Hari Kesehatan Internasional 2019 ini, yuk kita intip beberapa olahraga unik yang menyehatkan sekaligus membuat kamu semakin eksis di media sosial.

1. Poundfit

Tren Olahraga Unik Poundfit
Poudfit, olahraga kardio dengan ripstix (foto: MP/Samantha Samsuddin)

Apakah kamu pernah mendengar olahraga yang satu ini? Menurut Fachradina Fara, seorang Pound Pro (sebutan untuk pelatih Poundfit), Poundfit adalah olahraga yang penuh dengan kardio dan melatih seluruh bagian tubuh. Namun keunikannya ada pada alat yang dipakai yaitu ripstix.

Ripstix ini adalah sebuah stik berwarna hijau yang sekilas bentuknya mirip dengan stik drum. Dalam olahraga Poundfit kamu akan dibawa bergerak seolah sedang menabuh drum sambil mengikuti irama lagu-lagu Top 40 yang sedang booming.

Gerakannya sendiri terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates, seperti squat dan lungees, tapi pastinya disesuaikan dengan tongkat stik yang dipegang. Fara juga menambahkan bahwa dalam Poundfit ada empat posisi dasar set position, kit position, T&A position, dan lungees.

Dalam satu kali latihan yang berdurasi kurang lebih satu jam ini akan membantu membakar 700-800 kalori lo! Jadi berguna banget buat kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan. Tapi enggak usah khawatir karena olahraga yang mulai terkenal sejak 2016 ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan yang membuatmu seolah-olah sedang menjadi seorang drummer.

Selain menurunkan berat badan, Poundfit juga akan membantu membentuk otot-otot tubuhmu, seperti lengan, pundak, perut, pinggul, paha, dan bagian lainnya. Jadi tunggu apalagi? Langsung saja coba olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan ini ya!

2. Freeletics

4 Olahraga Unik ini Akan Membuatmu Sehat Sekaligus Eksis di Media Sosial
Freeletics, olahraga tanpa alat (foto: Instagram @freeleticsbareng)

Apakah kamu tidak punya waktu ke tempat fitness? Jangan khawatir karena kamu bisa melakukan olahraga bernama Freeletics ini di rumah, di taman, atau di tempat manapun. Singkatnya, Freeletics adalah tren olahraga yang tidak menggunakan alat. Jadi enggak usah khawatir kalau kamu tidak punya alat olahraga.

Olahraga yang satu ini awalnya terkenal di Jerman tahun 2013 dan dilansir dari Body Weight Workout, istilah Freeletics diambil dari kata bebas dan atletik. Kemudian gerakan apa yang dilakukan di dalam olahraga ini? Biasanya gerakan-gerakan yang akan dilakukan adalah push-up, burpees, squat, leg lever, jumping jack, dan sebagainya. Namun dengan catatan masing-masing gerakan dilakukan dalam waktu tertentu.

Dari olahraga ini, kamu bisa mendapatkan maanfaat seperti meningkatkan kekuatan otot, kebugaran tubuh, ketahanan, dan pastinya mengurangi lemak dan kalori.

Uniknya lagi biasanya Freeletics dilakukan di taman atau di beberapa tempat umum dan dilakukan bersama-sama. Jadi olahraganya akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Terus tinggal unggah ke media sosial deh dan kamu bisa membagikan lifestyle sehat ke teman-temanmu.

3. Aerial Hoop

4 Olahraga Unik ini Akan Membuatmu Sehat Sekaligus Eksis di Media Sosial
Aerial Hoop, olahraga dengan menaiki hula hoop (foto Instagram @sangkartari)

Apakah kamu pernah menonton film The Greatest Showman dan melihat adegan ketika Zendaya dan Zac Efron menyanyikan lagu Rewrite The Stars? Nah, gerakan yang dilakukan mereka itu adalah sebuah olahraga bernama Aerial Hoop.

Aerial Hoop adalah sebuah olahraga yang melatih kekuatan tubuh terutama bagian atas. Karena orang yang berlatih Aerial Hoop ini akan melakukan berbagai gerakan di atas hoop yang menggantung.

Seorang pelatih Aerial Hoop di daerah Jakarta Selatan, Miyane, mengatakan bahwa olahraga ini sebenarnya salah satu atraksi dari pertunjukkan sirkus yang sekarang sudah diadaptasi untuk dijadikan program fitness. Alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, yaitu hoop yang terbuat dari stainless steel, spanset untuk mengikat hoop dan kemudian menggantungkannya.

Terus apa sih manfaat dari olahraga yang satu ini? Miyane yang sudah mengajar selama satu tahun ini mengatakan bahwa selain melatih kekuatan tubuh bagian atas, Aerial Hoop juga akan melatih kelenturan tubuh, serta menjadi bentuk pengekspresian diri.

Pastinya buat diperlihatkan kepada orang lain supaya semakin eksis ya? Enggak apa-apa kok, menunjukkannya kepada orang lain juga jadi bentuk pengekspresian dirimu serta membuat dirimu semakin bangga.

4. Aerial Silk

4 Olahraga Unik ini Akan Membuatmu Sehat Sekaligus Eksis di Media Sosial
Aerial Silk, olahraga menaiki kain dan melakukan gerakan seperti akrobat (foto: Instagram @aerialfactorybangkok)

Sebenarnya olahraga yang satu ini mirip seperti Aerial Hoop, namun alat yang digunakan berbeda. Dalam olahraga ini, kamu membutuhkan dua kain sepanjang 12 meter dengan lebar 1,5 meter. Kemudian kamu akan menaikinya!

Jangan salah, menaiki kain ini sebenarnya tidak semudah yang kamu kira lo. Kamu harus punya tangan dan kaki yang kuat agar bisa menahan beban tubuhmu dan naik memakai kain tersebut.

Miyane yang juga pelatih Aerial Silk mengatakan bahwa olahraga ini bahkan lebih berat dibandingkan Aerial Hoop. Tapi pada dasarnya Aerial Hoop juga merupakan olahraga yang diadaptasi dari gerakan-gerakan akrobat.

Manfaatnya? Jelas banyak banget. Otot punggung kamu akan lebih terlatih, tulang belakang juga akan lebih kuat. Kelenturan tubuhmu juga akan semakin baik melalui olahraga ini. Aerial Silk juga bisa memperbaiki postur tubuh kamu lo.

Terus ketika kamu sudah bisa melakukan koreo atau pose yang cantik pasti langsung difoto deh supaya bisa memamerkan kebolehanmu kepada semua orang. Rasanya menyenangkan sekali kalau kamu bisa bergerak dengan cantik di atas kain itu. (sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Seberapa Penting Mengetahui Jenis Kepribadian untuk Pekerjaan
Fun
Seberapa Penting Mengetahui Jenis Kepribadian untuk Pekerjaan

Ternyata, jenis kepribadian yang kita miliki berpengaruh pada banyak aspek kehidupan.

Siap Jadi Wirausaha? Ini 6 Strategi untuk Sukses
Hiburan & Gaya Hidup
Siap Jadi Wirausaha? Ini 6 Strategi untuk Sukses

Penting untuk tetap fokus pada tujuan kamu.

Apa Hebatnya Makan Lobak?
Fun
Apa Hebatnya Makan Lobak?

Lobak baik untuk menurunkan berat badan.

Daniel Richard, Terjemahkan Arsitektur Tradisional Adhi Moersid
Indonesia
Daniel Richard, Terjemahkan Arsitektur Tradisional Adhi Moersid

Merepresentasikan nilai karya Adhi Moersid dalam bahasa arsitektur tradisional kontemporer.

Kesempatan Kedua setelah Selingkuh, Adakah?
Hiburan & Gaya Hidup
Kesempatan Kedua setelah Selingkuh, Adakah?

Ketahui dulu apa alasannya

Wajar Kok Dengar Lagu Favorit Sampai Menggigil, Begini Penjelasan Ilmiahnya
ShowBiz
Kece dan Elegan, 4 Inspirasi Fesyen Buat Perempuan 'Hype'
Fashion
Kece dan Elegan, 4 Inspirasi Fesyen Buat Perempuan 'Hype'

Yuk intip beberapa tren fesyen perempuan yang hype banget!

Fakta Kelam di Balik Kompaknya Member EXO
ShowBiz
Fakta Kelam di Balik Kompaknya Member EXO

Secara blak-blakkan mereka berbicara tentang kesan pertama mereka yang tidak begitu baik satu sama lain.

Melomaniac Hadirkan Episode Terakhir di 2020
Hiburan & Gaya Hidup
Melomaniac Hadirkan Episode Terakhir di 2020

Melomaniac siap hadirkan rangkaian acara konser virtual terakhir di tahun 2020

Agar Masker enggak Ganggu Penampilan
Fun
Agar Masker enggak Ganggu Penampilan

Pemakaian masker bisa memengaruhi penampilan kamu.