4 Nutrisi Penting yang Harus Dikonsumsi Pasca Operasi Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi Setelah Menjalani Operasi (Foto: Pixabay/Skeeze)

SETELAH melalui proses operasi, terdapat hal-hal berubah yang terjadi di dalam tubuh seperti sistem kerja dan asupan nutrisi. Sistem kerja tubuh seperti organ dalam, enzim, dan hormon membutuhkan nutrisi khusus agar mampu bekerja secara optimal karena tubuh akan bekerja keras untuk menyembuhkan luka pasca operasi.

Baca juga:

Usai Operasi Pita Suara, Meghan Trainor Ubah Gaya Hidup

Memililih asupan nutrisi pasca operasi juga tidak bisa sembarangan. Dilansir dari laman verywellhealth, beberapa jenis makanan memiliki kandungan yang bagus untuk menyembuhkan luka operasi. Itu lah sebabnya mengkonsumsi makanan berikut sangat dianjurkan. Apa saja ya kira-kira?

1. Protein

4 Nutrisi Penting yang Harus Dikonsumsi Pasca Operasi
Makanan tinggi protein (Foto: Pixabay/Stevepb)

Setelah operasi tubuh membutuhkan lebih banyak asupan protein yang mampu meregenerasi jaringan-jaringan yang rusak akibat proses bedah karena terdapat kandungan asam amino yang berperan langsung dalam menyembuhkan luka terbuka.

Baca juga:

Seorang Perempuan Alami Kembung Selama 3 Tahun, ini Penyebabnya

Makanan tinggi protein juga tidak boleh asal pilih karena harus tetap rendah lemak. Putih telur dipercaya mampu mempercepat perekatan luka operasi sehingga tubuhmu lebih cepat putih.

2. Serat

4 Nutrisi Penting yang Harus Dikonsumsi Pasca Operasi
Makanan yang mengandung serat (Foto: Pixabay/Stevepb)

Kamu memerlukan makanan yang tinggi serat untuk memperkuat organ metabolisme tubuh. Pasca operasi beberapa organ tubuh akan bekerja lebih banyak dari biasanya ketika tubuh dalam kondisi normal, itulah sebabnya kamu memerlukan makanan yang bisa menjaga kondisinya untuk tetap optimal.

Baca juga:

Canggih, Dunia Kedokteran Manfaatkan Virtual Reality untuk Pengobatan

Serat akan menghindari kamu dari sembelit sehingga buang air besar menjadi lancar dan tidak mengganggu kegiatanmu apalagi ketika dalam kondisi pasca operasi.

3. Buah

4 Nutrisi Penting yang Harus Dikonsumsi Pasca Operasi
Buah (Foto: Pixabay/Silviarita)

Pasca operasi tubuh pasti kehilangan banyak nutrisi dalam tubuh. Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh guna menunjang perbaikan jaringan yang telah rusak.

Baca juga:

Manajemen Risiko Infeksi Kurangi Risiko Infeksi di Ruang Operasi

Vitamin A dan C mampu mempercepat proses penyembuhan luka operasi, sedangkan vitamin K berfungsi untuk proses pembekuan darah agar tidak terjadi pendarahan. Kamu bisa memenuhi nutrisi vitamin melalui buah-buahan.

4. Air

4 Nutrisi Penting yang Harus Dikonsumsi Pasca Operasi
Air mineral (Foto: Pixabay/Congerdesign)

Dalam kondisi normal, manusia memang tetap memerlukan asupan air yang cukup apalagi setelah menjalani proses operasi. Banyak minum air merupakan salah satu hal yang dianjurkan guna membersihkan sisa-sisa kotoran dan racun dalam tubuh.

Proses detoks akan lebih mudah terjadi jika kamu minum air dengan cukup sehingga bekas luka operasi pun akan semakin cepat sembuh. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH