4 Negara Ini Memiliki Benda Sejarah Indonesia Museum Quai Branly yang terletak di Paris, Prancis, menyimpan benda sejarah Indonesia seperti baju suku Asmat (Foto: verticalgardenpatrickblanc)

Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Tak hanya dari zaman penjajahan Belanda, melainkan jauh sebelum datangnya bangsa Eropa itu, Indonesia memiliki banyak cerita sejarah. Banyaknya cerita sejarah Indonesia juga meninggalkan benda-benda sejarah. Peniggalan benda-benda sejarah tersebut tidak hanya disimpan oleh masyarakat Indonesia, setidaknya ada 4 negara yang menyimpan, bahkan merawat benda peninggalan sejaran Indonesia itu. Berikut penjelasannya.

1. Prancis

(Foto: verticalgardenblanc)

Negara yang berbatasan dengan Belgia ini menyimpan benda sejarah Indonesia. Meskipun tercatat tidak pernah menjajah Indonesia, negara ini menyimpan beberapa benda sejarah Indonesia di Museum Quai Branly. Terdapat tambur raksasa peninggalan kebudayaan Sumatera, sarung Jawa Timur abad ke 20 dan baju suku Asmat di museum yang berlokasi di kota Paris ini.

2. Inggris

(Foto: britainexplorer)

Negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth ini juga menyimpan benda bersejarah Indonesia. Di the British Museum, dapat ditemukan benda bersejarah Indonesia hasil jajahan Inggris beberapa abad lalu. Terdapat kepala Budha dan Arca Budha, yang merupakan peninggalan dari Candi Borobudur abad 9.

3. Belanda

Museum Tropen (Foto: asemus.museum)

Belanda tentu menjadi negara yang menjajah Indonesia paling lama. Dengan demikian, tak heran jika terdapat benda sejarah Indonesia. Ada 3 museum di Belanda yang menyimpan benda sejarah Indonesia, antara lain, Rotterdam Museum, Leiden National Museum if Ethnology dan Tropen Museum. Benda-benda sejarah seperti arca ganesha, arca kerajaan Singasari dan berbagai prasasti lainnya.

4. Jerman

(Foto: voelkerkundemuseum)

Bagi yang sukan nonton wayang Anda bisa menemukan wayang klitik di Jerman, tepatnya di Museum Fur Volkerkunde yang terletak di kota Hamburg. Keris sunggingan juga bisa ditemukan di museum tersebut.

Indonesia memang memiliki banyak sejarah penting dan berharga. Tidak heran jika membuat banyak negara lain yang menyimpan benda sejarah milik tanah air Indonesia.

Baca juga artikel Menelusuri Sejarah Benda Kuno di Rumah Kayu Goen


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH