Kesehatan

4 Masalah Kesehatan saat Bepergian

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 08 Agustus 2022
4 Masalah Kesehatan saat Bepergian
Beberapa orang kerap mengalami masalah kesehatan saat bepergian. (Foto: Unsplash/Jenny Ueberberg)

KAMU mungkin salah satu orang yang kerap mengalami masalah kesehatan saat bepergian jarak jauh. Entah karena cuaca, suasana di dalam kendaraan, atau produktivitas pekerjaan. Kamu perlu mengetahui apa saja masalah kesehatan saat bepergian yang sering terjadi dan cara mencegahnya.

Rencana perjalanan yang sudah disusun sedemikian rupa bisa saja berantakan, jika kamu mengalami masalah kesehatan. Itulah mengapa, kamu perlu mewaspadai beberapa masalah kesehatan yang kerap terjadi saat di perjalanan.

Mengutip laman Alodokter, masalah kesehatan yang pertama adalah mabuk perjalanan, baik menggunakan mobil, kereta api, bus, kapal laut, maupun pesawat terbang. Orang yang mengalami mabuk perjalanan biasanya akan merasakan sejumlah gejala, seperti pusing nyeri perut, mual, bahkan muntah.

4 Masalah Kesehatan saat Bepergian
Minum air putih yang cukup. (Foto: Unsplash/engin akyurt)

Untuk menghindarinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti fokuskan pandangan pada objek yang tidak bergerak di luar kendaraan, hindari membaca buku, dan minum air putih yang cukup.

Masalah kesehatan yang kerap dialami adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) seperti flu, batuk pilek, atau bahkan COVID-19, juga rentan terjadi saat bepergian, terutama jika kamu menggunakan transportasi umum.

Baca juga:

Aplikasi untuk Konsultasi Masalah Kesehatan Perempuan

Virus atau bakteri penyebab ISPA dapat menular melalui percikan air liur orang yang terinfeksi atau dengan menyentuh benda yang terkontaminasi air liur pasien ISPA. Semua jenis ISPA dapat menimbulkan gejala berupa batuk, bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, demam, dan sesak napas.

Agar terhindar dari ISPA, rajinlah cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, kenakan masker, jaga jarak fisik dengan orang yang sakit, dan hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

Selain itu, ada juga konstipasi atau sembelit yang membuat kamu sulit buang air besar (BAB). Konstipasi rentan terjadi saat bepergian karena beberapa faktor, seperti berubahnya waktu dan pola makan, kurang minum, terlalu lama duduk, dan sering menahan BAB.

Untuk menghindarinya, usahakan untuk tetap mengikuti waktu dan pola makanmu setiap harinya. Jangan lupa juga untuk minum banyak air putih, konsumsi makanan tinggi serat, dan hindari kebiasaan menahan BAB.

Baca juga:

Setelah Lebaran, Istirahat Cukup untuk Cegah Masalah Kesehatan

4 Masalah Kesehatan saat Bepergian
Rajinlah mencuci tangan. (Foto: Unsplash/Clay Banks)

Yang terakhir ada diare, ketika kamu mengalami BAB lebih sering dari biasanya dengan kondisi tinja yang encer atau berair. Penyebab utamanya adalah karena mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit tertentu.

Maka dari itu, sebisa mungkin cegah penyakit tersebut dengan cuci tangan secara rutin, konsumsi makanan yang dimasak hingga matang, minuman air kemasan yang bersegel, dan hindari konsumsi es batu yang tidak terjamin kebersihannya. (and)

Baca juga:

Waspadai Masalah Kesehatan Setelah Lebaran

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan