Kecantikan

4 Makeup ini Pantang Dipinjamkan

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 16 Maret 2021
4 Makeup ini Pantang Dipinjamkan
Beberapa jenis makeup pantang dipinjamkan. (foto: Pixabay/free-photos)

SAAT berdadan bersama teman, sesekali kamu pasti tergoda ingin mencoba lipstik terbaru punya teman. Kelihatannya remeh ya, tapi ternyata meminjam alat makeup bisa jadi amat berbahaya.

Seperti dilansir Go-Dok, berbagi makeup dapat menyebarkan infeksi kulit hingga menyebabkan penyakit seperti herpes dan blood-borne seperti HIV. Menakutkan bukan? Berikut jenis makeup yang tidak boleh dipinjamkan.

BACA JUGA:

Mengenal Perawatan Kulit Picosure Laser di Klinik Glafidsya Medika


1. Makeup Mata rentan menyebabkan peradangan pada selaput mata

makeup
Meminjamkan makeup mata bisa berisiko radang selaput mata. (foto: pixabay/skeeze)

Menurut Downie, seorang ahli dermatologis, berbagi kosmetik, terutama maskara, eyeshadow, dan eyeliner dapat mengakibatkan infeksi pada mata. Terlebih bagi kamu pengguna lensa kontak, kebiasaan meminjamkan alat makeup mata dapat dengan mudah menyimpan bakteri dari makeup mata tersebut.


2. Lipstik yang dipinjamkan bisa menularkan herpes

lipstik
Lipstik bisa menularkan herpes.(foto: pixabay/silviarita)

Setiap perempuan pastinya gemar mengganti warna lipstik mereka. Tak mengherankan jika perempuan memiliki koleksi jenis makeup yang satu ini. Agar makin beragam, perempuan bisa berbagi lipstik dengan teman.

Namun, tanpa disadari, kegiatan itu ternyata dapat berakibat buruk pada kesehatan bibir karena dapat tertularnya virus herpes simplex tipe 1. Menurut ahli dermatologis Larry Beatty, kondisi dari infeksi tersebut dapat melekat seumur hidup. Jadi sebaiknya jangan berbagi lipstik ya.


3. Meminjamkan kuas makeup berisiko infeksi kulit

makeup
Kuas makeup bisa jadi penyebab infeksi kulit. (foto: pixabay/kinkate)

Bagi pengguna makeup, kuas merupakan alat yang sering digunakan untuk tampilan lebih flawless dan efisien dalam penggunaan produk. Namun, hati-hati bakteri gemar bersembubyi di sela-sela bulu-bulu kuas, terlebih jika kamu tidak langsung membersihkannya dengan benar.

Jika kamu gemar meminjamkan atau dipinjamkan kuas makeup yang kotor, hal tersebut sama saja dengan berbagi bakteri pada muka. Parahnya lagi, jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau berjerawat.


4. Meminjamkan alat cukur wajah bisa berakibat HIV?

shave
Ada bahaya HIV dalam alat cukur pinjaman. (foto: pixabay/kropek_pl)

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Cara penyaluran penyakit ini bisa terjadi melalui kontak darah/luka yang tercemar HIV. Alat cukur wajah mempunyai risiko yang cukup tinggi 'melukai sang pemakainya' hingga berdarah. Nah, apabila orang yang kita berbagi makeup menderita penyakit HIV, amat mungkin virus itu akan menular pada kita pemilik alat cukur wajah.

Wah, siapa sangka ya kegiatan yang terkesan tanpa risiko ternyata malah membahayakan kesehatan. Mulai saat ini, gunakan selalu alat makeup sendiri ya.(dwi)

#Kecantikan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan