4 Kutipan Najwa sebagai Duta Baca Indonesia Najwa Shihab di Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur saat kampanyekan "Kirim Buku Gratis melalui Kantor Pos" (Foto: Instagram/najwashihab)

TAK lagi aktif di Metro TV, Najwa Shihab kini semakin giat menjalankan perannya sebagai Duta Baca Indonesia. Hal ini dilakoni Najwa sejak 2016 lalu, tahun yang sama di mana buku "Catatan Najwa" karyanya terbit. Ia masih akan melakukan hal ini hingga tiga tahun ke depan.

Keaktifan perempuan 39 tahun ini untuk menggerakkan minat baca masyarakat Indonesia tampak melalui akun Instagram-nya. Kamis (10/8) kemarin, Najwa bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian baru saja meresmikan Pojok Baca di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat. Sementara hari ini dan besok, ia akan ada di NTT, yakni Kupang dan Lembata untuk membawa pesan "Ayo Membaca".

Melalui berbagai media, Najwa memang terus mengampanyekan kegiatan membaca kepada masyarakat. Dalam situsnya, ia mendorong para orang tua, khususnya ibu, untuk menanamkan membaca sejak dini. "Anak bisa didorong dengan target membaca, misalnya sehari berapa lembar atau sebulan berapa buku," ujar Najwa dalam situsnya.

Selain itu, ada pula pesan lainnya seputar membaca dari Najwa yang diunggah di media sosial maupun situsnya. Berikut beberapa kutipan pesan Najwa sebagai Duta Baca Indonesia.

1. Jatuh cintalah pada membaca

duta baca najwa
Instagram/najwashihab

Sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa diharapkan menjadi panutan dan memotivasi minat baca masyarakat yang masih kurang. "Tugas yang menantang, karena tradisi dan minat membaca kita yang masih lemah. Tapi saya percaya cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cuma satu buku. Cari buku itu. Mari jatuh cinta," tulisnya melalui situs najwashihab.com.

2. Membaca membuka wawasan

najwa duta baca
najwashihab.com

Pentingnya membaca, selain menambah pengetahuan, juga dapat merangsang pikiran agar terus terbuka. Membaca tak sekadar melihat kata, tetapi mendapatkan makna dari apa yang dibaca. Semakin banyak literatur yang kita baca, semakin kita memahami beragam hal ("alam semesta") dan tentunya menjadikan kita orang-orang yang tidak berpikiran sempit.

3. Berbagi ilmu kepada yang membutuhkan

najwa duta baca
Instagram/najwashihab

Najwa mengunggah kalimat ini sambil menyebutkan beberapa contoh orang dengan tulus punya semangat mencerdaskan bangsa, khususnya di daerah pedalaman. Mereka, dari atlet angkat besi Papua, pedagang tahu, hingga sekelompok pemuda, menjadi perpustakaan bergerak. "Tanpa dibayar, bahkan mesti keluar uang untuk membeli buku dan ongkos ini itu, mereka dengan keras kepala mengantarkan buku-buku kepada siapa pun yang mau membaca," tulisnya.

4. Tebarkan virus baca

najwa duta baca
Instagram/najwa_shihab

Bagi Najwa, jika budaya membaca di atas rata-rata, maka rakyat Indonesia sanggup bersaing dan tidak minder menghadapi dunia. Karena, negara ini didirikan oleh orang-orang yang gila membaca dan tekun bergelut dengan segala ide maupun kata-kata. Tidak seharusnya generasi bangsa ini tumbuh dalam keyakinan buta, tetapi punya wawasan yang luas, bahkan mencintai argumentasi. (*)

Baca juga artikel lainnya seputar Najwa Shihab di sini: Perjalanan Karier Najwa Shihab Hingga Menjadi Presenter Yang Disegani.


Tags Artikel Ini

Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE